Motivasi adalah proses yang
menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai
tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas,
arah, dan ketekunan. Jadi penting sekali
mempunyai motivasi dalam menjadi pengusaha muda karena untuk mencapai tujuan
supaya juga mencapai sukses yang kita inginkan dalam menjadi pengusaha muda.
Proses termotivasinya seseorang dengan orang lain untuk
menjadi pengusaha berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama
untuk menjadi pengusaha. Sebenarnya bangsa Indonesia memiliki dasar spirit dan
keterampilan yang unik di masing-masing daerah. Sebagai bangsa Indonesia jangan
biarkan bangsa lain mengelolah sumber daya dan kita hanya berdiam diri tanpa
melakukan apa pun.
Proses
termotivasinya seseorang dengan orang lain untuk menjadi pengusaha
berbeda-beda.
·
Factor
kebetulan.
·
Ajakan
teman.
·
Memanfaatkan
bakat.
·
Ketrampilan
atau pendidikan yang telah diperoleh.
·
Memahami
apa yang dibutuhkan orang lain.
Disini ada kisah sukses dari pengusaha muda husni hasan
·
Kelahiran
Surabaya, 21 Desember 1969
·
Pemilik
PT SenayanAbadibergerakdibidangpenerbitandanpemasaranbuku
·
Mengawalibisnisdenganpelayananjasapengurusansurat-suratperusahaan
(ex. NPWP)
·
Prinsiphidup
“selalumensyukuriapa yang diberikan Allah sertatidakmauserakah”
·
Rahasiasuksesbisnisnya:
keseriusandalammengelolausaha, pemilihanjudulbuku yang pas dengankonsumen,
desain cover sertakualitascetakanbuku yang qualified denganhargabersaing.
Yang dapat diambil
dari kisah sukses di atas:
1.
Semua
usaha tidak mungkin diperoleh dengan mudah.
2.
Mulailah
untuk memotivasi diri untuk sukses saat ini juga, dan milikilah mimpi yang kuat
untuk mewujudkannya.
Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses
Ø
Langkah
awal yakni mengubah cara pandang dan membangun pola pikir kewirausahaan
(enterpreneurial-mindset).
“Merubah
sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah dan memerlukan keberanian,
kerja keras,kerelaan dan pengorbanan.”
“Perubahan
bukanlah hal yang menakutkan dan membahayakan. Pengusaha yang bertahan harus
melakukan perubahan atau akan tertinggal dari pesaingnya (Do Or Die!)”
Ø
Mengidentifikasi
kondisi yang tidak pasti dan tidak dapat diprediksi dari peluang bisnis
potensial yang ada dan segera mengambil kesempatan tersebut dengan percaya
diri.”Pengusaha lebih memilih memperhitungkan ketidakpastian daripada
menghindarinya”
Ø
Mencari
solusi yang cepat dan tepat untuk menganalisis jawaban yang benar
”Ketika
peluang dibiarkan berlalu, terkadang akan lebih besar biayanya dibanding jika
melakukan kesalahan”
Karakteristik
pengusaha sukses ( Mc Grath and Mac Millan,2000)
- Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
- Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
- Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari peluang yang belum jelas
- Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
- Pengusaha mengikutsertakan energi setiap orang yang ada dalam jangkauan mereka
Mengubah Pola Pikir
Merubah sesuatu yang telah menjadi
kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan
membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
Menurut McGrath dan MacMillan (2000)
ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
· Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari
peluang-peluang baru
· Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
· Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan
menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
· Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
· Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda
dalam jangkauan mereka
Motivasi Berprestasi
- kekuatan dan kelemahan mendorong pencapaian cita-cita
dan tujuan
- Meyakini makna prestasi
- Mengembangkan pribadi wirausaha
Sumber :
http://fennymeifiska045.blogspot.co.id/2013/04/motivasi-menjadi-pengusaha-sukses.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar