Rencana Bisnisku
Aku mencoba peruntungan berbisnis sejak sma awalnya
hobi,suka dengan berbagai model kebaya sehingga memutuskan untuk menyewakan
kabaya-kebaya ,seperti kebaya pesta /wisuda dan mempunyai bisnis online sepatu
dan saya menjadi reseller saya juga mencoba peruntungan lanjutan dari keluarga
bisnis cefe mini yang insya allah akan
di buka saat saya lulus kuliah salah satu menunya yaitu ice cream “ uhu “
Strategi bisnis
Menurut saya ada beberapa strategi bisnis
1.membuat perencanaan yang akan dijual dari apa yang mau
dijual,logo,brand dan apa maksud didirikan bisnis tersebut.
2.sasaran / target kita harus paham produk/layanan jasa
layak untuk usia berapakah ?atau semua umur?
3.lis perencanaan barang-barang yang akan di butuhkan dan
lis harga barang tersebut
4.perkiraan harga yang akan ditawarkan pada konsumen.
5.buatlah anggaran biaya pemasukan ,biaya keluar,dan tutup
buku diakhir periode
6..bila akan dikembangkan buatlah proposal dan
perjanjian-perjanjian lainnya.
7.bertanggung jawab mampu merkata “bisa”,kreatif,dan
inovatif.
8.cari lah tempat yang strategis untuk bisnis yang anda
jalankan,pilihlah tempat-tempat ramai.yang menunjang sdm, contoh strategis :
dekat dengan pasar,bank,rumah sakit,kampus,perkantoran,sekolah dll.
9.bila memang anda mampu dan cukup buatlah sempel dari
prodak anda sebagai penilaian konsumen
10.publikasikan bisnis anda melalu akun social
11. pastikan fasilitas yang nyaman dab bersih
Kisah sukses
Apakah anda salah satu brand minuman teh yaitu “ teh botol sosro”? dan roti bakar edi?
The sosro nama minuman yang tak asing bagi kita,minuman ini
sudah merajalela baik di pasar,pedagang eceran,maupun minimarket dan mall .
perintis ini dikenal sebagai pak sosro yang memulai bisnisnya dari awal, dari
hanya teh dan berinovasi menjadi teh kemasan botol,celup,kotak yang
praktis,yang tidak menggunakan bahan pengawet awal usahanya pak sosro memberi
sempel prosuk tehnya kepada masyarakat agar masyarakat dapat menilai sendiri produk
yang dibuatnya,dan respon nya pun sangat memuaskan hingga peroduknya dikenal
sampai saat ini.begitu pula roti bakar edi saya pernah mewawancarai beberapa
pegawai yang menceritakan awal mula pak edi merilis usahanya dari hanya
bermodal uang yang sangat sedikit dan cabang utamanya yang berada didekat blok
m dari hanya bermodal 1 grobak hingga sekarang mempunyai 8 gerobak dan memiliki
begitu banyak cabang resto yang luas dan nyaman juga memiliki pekerja, omsetnya
pun hingga jutaan.
*inti dari kisah
suskse ini adalah jangan pernah takut atau rugi dalam menjalankan suatu
bisnis,kesungguhan berkata “bisa” dan mampu tanggung jawab adalah point dari sebuah bisnis yang berjalan terus
semangat dan berdoa pada sang pencita …..
sangat menginspirasi, baik dari strategi maupun kisah sukses diakhir artikeil ini. terima kasih
BalasHapus