September 18, 2014

Usaha Bolu Delivery

A41-Dwi Gusni Rizkiani

1.       Sejarah
Bolu merupakan jenis makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain orang dewasa, remaja dan anak-anak pun menggemari makanan ini sehingga dapat mencapai semua lapisan masyarakat. Usaha ini bermula dari kegemaran pemilik usaha terhadap bolu dan mulai mencoba membuatnya.


Awalnya bolu ini hanya untuk dikonsumsi sendiri, tetapi pada suatu acara arisan atau acara lainnya ternyata bolu ini disukai oleh orang-orang. Kemudian pemilik usaha mendapatkan pesanan dari beberapa rekan dan usaha ini pun dimulai. Pemilik usaha sampai saat ini hanya membuatkan bolu sesuai pesanan saja. Pemesan dapat memilih toping bolu sesuai yang diinginkan misalnya toping coklat, keju atau coklat keju. Selain bolu, pemilik usaha juga menerima pesanan kue kering seperti nastar dan juga nasi bakar ayam.

2.       Tujuan Usaha
Usaha ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk mendapatkan cemilan sehat, sebagai bentuk investasi jangka panjang serta diharapkan dapat membantu pemerintah dalam bidang tenaga kerja.

3.       Profil Usaha
Nama Usaha      : Bolu Delivery
Jenis Usaha        : Makanan (cemilan dan kue kering)
Alamat                  : Jalan bakti Rt 02/04, Tangerang
No. Telepon       : (081) 808-468-765

4.       Strategi Pemasaran
melalui jalur darat dan jalur udara.
a.             Jalur darat dalam pemasarannya fruity brownies akan dilakukan dengan  :
-                 Dari mulut ke mulut, bentuk promosi ini sangat sederhana serta tidak membutuhkan banyak biaya cukup dengan mengkomunikasikannya dengan saudara dan teman-teman. Konsumen yang tertarik secara tidak langsung akan mempromosikan atau mengkomunikasikan keunggulan produk kita
-               Menyebarkan brosur

b.            Jalur udara
-               kami akan memasarkan pula melalui internet dan sosial media seperti facebook, twitter, instagram. Karena media online merupakan media yang sangat efektif karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun, sehingga dapat dengan mudah tersebar kemasyarakat luas.

5.       Rencana usaha :
Rencana jangka pendek
Jika memadai usaha ini akan membuka toko kue sendiri tidak hanya dijual sesuai pesanan saja

Rencana jangka panjang
Setelah penjualan meningkat dan memiliki banyak pelanggan, kami akan membuka beberapa cabang sehingga dapat dijangkau konsumen didaerah manapun

6.       Modal usaha
Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar setiap pembuatannya. Dalam pembuatan satu buah bolu dibutuhklan dana sebesar Rp. 30.000 untuk membeli bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, mentega, susu, dan bahan lainnya dan kami menjual bolu tersebut dengan harga Rp 40.000 untuk setiap bolunya, kami memperoleh keuntungan Rp 10.000 tiap penjualannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar