Latar Belakang
Didalam suatu bisnis sangatlah mustahil jika tidak ada
produk untuk dipasarkan. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. Perlu
diketahui dalam membuat rencana bisnis
ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu 1-2 jam, kita harus banyak melakukan
penelitian dari bisnis yang akan dijalankan. Inti dari rencana bisnis adalah
meyakinkan calon pembeli bahwa bisnis yang kita buat sangat berpotensi untuk
menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas.
Untuk mulai berbisnis, kita perlu memiliki rencana
bisnis, bukan proposal bisnis. Rencana
bisnis adalah gambaran mengenai bisnis kita sekarang dan rencana dalam kurun
waktu tertentu, rencana bisnis ini digunakan oleh kita sendiri sebagai panduan
dalam menjalankan usaha. Dan bisa juga digunakan oleh orang lain untuk menilai
usaha tersebut. Rencana bisnis umumnya
berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis yang kita jalankan
dan strategi bisnis yang kita gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu usaha
dalam penjualan sepatu online demgan model-model ter up to date. Saya berinama
produk ini dengan nama “EM SPORT”. Dimana saya mendapatkan sepatu-sepatu ini
dari importir langsung bertempat di daerah dan harganya lebih murah karena
tangan pertama. Kemudian aspek pasarnya dan pemasarannya, aspek keuangannya,
aspek SDM, aspek legal, dan lainnya berkaitan dengan bisnis kita. Ditambah lagi
dengan rencana bisnis selama beberapa tahun kedepan seperti apa.
Proposal bukan Cuma berisi rencana bisnis, tapi juga
untuk kepentingan apa yang kita
sampaikan di proposal tersebut kepada orang lain.
Lokasi
Dalam melakukan penjualan saya memanfaatkan kecanggihan,
kemudahan dan modern jaman sekarang
dalam melakukan penjualan produk yaitu dengan melakukan usaha online. Dengan
memanfaatkan social media dengan maksimal. Karna social media merupakan wadah
yang dapat meningkatkan kepercayaan dan menambah jumlah pelanggan. Media social
yang di pilih adalah BBM. Kenapa lebih memilih BBM karna sangat mudah
memberikan gambar-gambar dari produk kita kepada calon pembeli, dan membuat
group yang isinya para pelanggan , dan reseller. Juga melayani Offline di
alamat perumahan pondok sukatani permai blok a2 no 16 RT 02 RW 01 kab Tangerang
Prov Banten. Pengambilan barang di pusat Importir Vietnam dan cina didaerah kuningan
Jakarta pusat.
Visi dan Misi Usaha
Visi
Visi dari progam ini
adalah
Toko online yang
menjual berbagai jenis sepatu dan berkeinginan agar toko ini menjadi toko
online terpercaya senusantara.
Misi
Misi dari program ini
adalah
Dengan memfokuskan diri
pada penyediaan berbagai jenis sepatu yang disesuaikan dengan kebutuhan
konsumen dalam model sepatu terbaru.
A.
Konsep Bisnis
~ ANALIS SWOT
1.
Strenght ( Kekuatan )
a.
bisnis online bisa dijalankan dari mana saja,
yang penting ada handphone
komputer atau laptop yang
terhubung ke internet,dan tidak terfokus pada waktu.Kerja bisa santai,tidak
seperti kerja di perkantoran yang melelahkan
b.
Modal yang
dibutuhkan relatif lebih sedikit
c.
Bisnis
bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertent
d.
Tidak
butuh jumlah karyawan yang banyak
e.
Tersedia
banyak pilihan bisnis yang ada
2
Weaknes ( Kelemahan )
a.
Koneksi Internet yang Mahal.
b. Kurva pembelajaran lama, lebih banyak
mengandalkan pengalaman pribadi untuk
meraih kesuksesan bisnis online.c.
c. . Awal-awal tahun akan makan
banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama
keluarga.
d. Kuper is not cool. Jangan lupa terapkan ilmu
anti kuper dan anti mati gaya.
e. Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita
bingung mau milih ikutan yang man
f. Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer
Pemasaran
Dan untuk pemasaran dari barang-barang kami , kami hanya menggunakan person
to person , jadi jika suatu saat ada orang yang membeli barang kami , dan
merasakan kepuasan dari pelayanan kami dan barang yang ia beli , kami meminta
untuk menginformasikan ke teman-temannya
-
Tempat
( place ) = kami memakai media sosial sebagai tempat berjualannya seperti
facebook , twitter , dan broadcast BBM .
-
Produk
( product ) = seperti yang diatas , barang yang kami jual ialah sepatu chats ,
sepatu caterpillar , sepatu futsal dan lain-lain, Dan pasar yang kami targetkan
adalah remaja yang banyak minat dengan sepatu.
-
Promotion
( promosi )= kami mempromosikan usaha kami ini dengan caran broadcast , ataupun
dari orang ke orang
Strategi Usaha
Dalam dunia bisnis, kita tidak dapat memungkiri bahwa pasti akan
ada persaingan usaha. Baik usaha kecil maupun usaha besar
yang sudah menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Apalagi jika berbicara
mengenai bisnis sepatu, sudah pasti persaingan yang ada semakin banyak dan
ketat. Konsumen disuguhkan berbagai jenis barang dengan
bermacam-macam keunikan dan keistimewaannya. Maka dari itu, agar bisnis yang
kita bangun atau usaha yang sudah berjalan tidak tenggelam di tengah
persaingan, maka ada beberapa strategi bisnis sepatu dalam menghadapi
persaingan.
Menurut saya, strategi yang selama ini diterapkan dalam usaha EM Sport ini antara lain :
Menciptakan inovasi baru dalam pelayanan
SDM ( Sumber
Daya Manusia )
Karena berbisnis dengan media sosial dan online , jadi saya tidak banyak menggunakan orang untuk menjalankan usaha
yang sedang saya
geluti , saat ini yang membantu pekerjaan saya ada satu
orang. tapi saya juga tidak lupa untuk sangat berterima kasih dengan
orang-orang yang sudah membeli barang yang saya jual , dan membantu menyebarluaskan usaha
saya dengan menginformasikan ke
teman-temannya.
Dengan kata lain saya hanya mempekerjakan sedikit orang untuk mengelola usaha
yang di lakukan sekarang ini . dengan senyum dan sopan melayani anda untuk memenuhi kepuasan anda.
Langkah pertama yang perlu lakukan ketika membangun
bisnis online adalah dengan memanfaatkan sosial media merupakan wadah yang
dapat meningkatkan kepercayaan dan jumlah pelnggan. Untuk memperoleh follower
yang banyak di twitter kita harus tahu apa yang costomer suka misalnya
men-share informasi yang dibutuhkan pelanggan.
Financial
Saya berbisnis online ini sama sekali tidak memakai modal
awal karena awalnya hanya kepercayaan dari teman yang berjualan dan diajak ,
dengan berawal hanya mengambil barang dari teman sampai sekarang yang menstock barang sendiri
, ada yang diambil dari teman dan langsung dari pabrik.
Dan kami pun menjual dari barang member-member kami dan
keutungan di bagi berdua.
Modal awal = - ( minus ) / tidak memakai
Hasil penjualan bulan Desember 2013
Keuntungan penjualan
1.
Sepatu = ± 30 sepatu , mengambil keutungan dari
hasil penjualan Rp 25.000,- satu sepatu
Rp
25.000 x 30 = Rp 750.000,-
2.
Jersey
= ± 15 baju , mengambil keuntungan dari hasil penjualannya Rp 5.000,- satu
jersey
Rp
5.000 x 15 = Rp 75.000,-
3.
Tas
= ± 4 buah , kami mengambil keuntungan dari hasil penjualan tersebut Rp
25.000,- satu tas
Rp
25.000 x 4 = Rp 100.000,-
Rp
750.000 + Rp 75.000 + Rp 100.000 = Rp 925.000 ,-
Jadi dalam sebulan kami mendapat keuntungan ± Rp
925.000,-
|
|
|
Vans era waffle
260rb
|
Vans red gum 160rb
|
DC champorra 210rb
|
Macbeth pidelton 160 rb
|
Vans madiero 270rb
|
Country boots zapato 150rb
|
Country boots style 150rb
|
Country boots brown 150rb
|
Badpack NB grey 120rb
|
Zara shoes 170rb
|
Nike btw 170rb
|
-
Tempat
( place ) = kami memakai media sosial sebagai tempat berjualannya seperti
facebook , twitter , dan broadcast BBM .
-
Produk
( product ) = seperti yang diatas , barang yang kami jual ialah sepatu chats ,
sepatu caterpillar , sepatu futsal dan lain-lain, Dan pasar yang kami targetkan
adalah remaja yang banyak minat dengan sepatu.
-
Promotion
( promosi )= kami mempromosikan usaha kami ini dengan caran broadcast , ataupun
dari orang ke orang
Strategi Usaha
Dalam dunia bisnis, kita tidak dapat memungkiri bahwa pasti akan
ada persaingan usaha. Baik usaha kecil maupun usaha besar
yang sudah menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Apalagi jika berbicara
mengenai bisnis sepatu, sudah pasti persaingan yang ada semakin banyak dan
ketat. Konsumen disuguhkan berbagai jenis barang dengan
bermacam-macam keunikan dan keistimewaannya. Maka dari itu, agar bisnis yang
kita bangun atau usaha yang sudah berjalan tidak tenggelam di tengah
persaingan, maka ada beberapa strategi bisnis sepatu dalam menghadapi
persaingan.
Menurut saya, strategi yang selama ini diterapkan dalam usaha EM Sport ini antara lain :
- Mempertahankan
dan menjaga kualitas barang untuk di order
- pelayanan kepada pelanggan
- Tetap melakukan promosi walaupun bisnis telah
berjalan
- Memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai
kelebihan bisnis kita
- Belajar dari pengalaman dalam dunia bisnis
kuliner
Menciptakan inovasi baru dalam pelayanan
SDM ( Sumber
Daya Manusia )
Karena berbisnis dengan media sosial dan online , jadi saya tidak banyak menggunakan orang untuk menjalankan usaha
yang sedang saya
geluti , saat ini yang membantu pekerjaan saya ada satu
orang. tapi saya juga tidak lupa untuk sangat berterima kasih dengan
orang-orang yang sudah membeli barang yang saya jual , dan membantu menyebarluaskan usaha
saya dengan menginformasikan ke
teman-temannya.
Dengan kata lain saya hanya mempekerjakan sedikit orang untuk mengelola usaha
yang di lakukan sekarang ini . dengan senyum dan sopan melayani anda untuk memenuhi kepuasan anda.
Langkah pertama yang perlu lakukan ketika membangun
bisnis online adalah dengan memanfaatkan sosial media merupakan wadah yang
dapat meningkatkan kepercayaan dan jumlah pelnggan. Untuk memperoleh follower
yang banyak di twitter kita harus tahu apa yang costomer suka misalnya
men-share informasi yang dibutuhkan pelanggan.
Financial
Saya berbisnis online ini sama sekali tidak memakai modal
awal karena awalnya hanya kepercayaan dari teman yang berjualan dan diajak ,
dengan berawal hanya mengambil barang dari teman sampai sekarang yang menstock barang sendiri
, ada yang diambil dari teman dan langsung dari pabrik.
Dan kami pun menjual dari barang member-member kami dan
keutungan di bagi berdua.
Modal awal = - ( minus ) / tidak memakai
Hasil penjualan bulan Desember 2013
Keuntungan penjualan
1.
Sepatu = ± 30 sepatu , mengambil keutungan dari
hasil penjualan Rp 25.000,- satu sepatu
Rp
25.000 x 30 = Rp 750.000,-
2.
Jersey
= ± 15 baju , mengambil keuntungan dari hasil penjualannya Rp 5.000,- satu
jersey
Rp
5.000 x 15 = Rp 75.000,-
3.
Tas
= ± 4 buah , kami mengambil keuntungan dari hasil penjualan tersebut Rp
25.000,- satu tas
Rp
25.000 x 4 = Rp 100.000,-
Rp
750.000 + Rp 75.000 + Rp 100.000 = Rp 925.000 ,-
Jadi dalam sebulan kami mendapat keuntungan ± Rp
925.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar