Oleh :
Muhammad Fahrul Prasetio (41123010075)
Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil.
·
ABSTRAK
Mudahnya
eksplorasi konten – konten yang berisi video atau gambar di sosial media yang
mana dalam hal ini kita sebagai pengguna tidak mengetahui bagaimana cara kerja
algoritma sosial media tersebut dalam menampilkan konten – konten yang kita
lihat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh algoritma sosial
media terhadap pola konsumsi konten. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur dan dilanjutkan
dengan menganalisis langsung platform media sosial yaitu TikTok dan Instagram.
Dari hasil analisis dapat diketahui algoritma dari sosial media ini baik pada
platform TikTok ataupun Instagram mempunyai kesamaan yaitu dipengaruhi oleh
interaksi dari pengguna berupa (like, komentar, dan share).
Kata
Kunci : Media sosial, Konten, Algoritma pemrograman
· PENDAHULUAN
Di
era globalisasi saat ini, banyak orang menggunakan media sosial seperti TikTok,
Instagram, Twitter, Facebook dan Youtube untuk berkomunikasi, membagikan
kegiatan sehari - hari, mempromosikan suatu jasa atau barang dan masih banyak
lagi. Media sosial merupakan wadah yang digunakan masyarakat untuk melakukan
kegiatan sosial secara virtual. Sering kali dari kita melihat video
berulang-ulang ataupun memberikan like (tanda suka) pada gambar yang serupa,
hal tersebut dapat memicu algoritma media sosial untuk menampilkan berita atau
konten baik berupa video ataupun gambar yang serupa untuk disebar luaskan dan
dikonsumsi oleh kita sebagai penikmat. Algoritma secara umumnya merupakan cara
dan urutan langkah atau tahapan yang diatur secara sistematis untuk menyelesaikan
suatu kegiatan.
· PERMASALAHAN
1. Personalisasi
:
Algoritma media sosial menggunakan data pengguna untuk menyesuaikan konten yang
ditampilkan kepada mereka.
2. Pengambilan
Keputusan : Algoritma media sosial juga digunakan
untuk membuat keputusan tentang konten apa yang akan ditampilkan kepada
pengguna.
3. Kompetisi
:
jika platform media sosial menemukan bahwa beberapa iklan sangat efektif,
mereka mungkin akan menaikkan harga untuk iklan tersebut, yang dapat membuat
kampanye pemasaran digital lebih mahal dan lebih kompetitif.
· PEMBAHASAN
1. Tiktok
:
TikTok adalah salah satu platform media sosial dengan pola kerja update data
tercepat di dunia. TikTok memungkinkan pengguna membuat video pendek berdurasi
15 detik dengan musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Aplikasi
TikTok juga digemari berbagai kalangan di Indonesia, termasuk publik figur.
Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui asal mula kehadiran adiktif ini di
TikTok.
2. Instagram
:
Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang menggunakan foto atau
video sebagai sumber utama untuk ditampilkan kepada publik atau penggunanya.
Instagram memungkinkan pengguna untuk berbagi foto atau video dengan
teks/caption di situs jejaring sosial lain.
· KESIMPULAN
DAN SARAN
Berdasarkan
pembahasan yang dipaparkan bahwasannya Aplikasi TikTok dan Instagram mejadi
pilihan Aplikasi yang digunakan sebagai media pemasaran oleh content creator
untuk produk atau brandnya. maka dapat disimpulkan bahwasanya Aplikasi TikTok
da Instagram memiliki kesamaan sebagai media pemasaran. Yaitu, bahwa konten
yang menarik merupakan acuan dalam memasarkan brand kita supaya brand diminati
oleh banyak orang, kemudian diikuti dengan acuan lainnya seperti waktu yang
relevan dalam memposting konten, hashtag, akun yang diikuti, dan juga brand
akan jadi penilain bagi penonton apakah brand yang akan di publikasikan cocok
dengan kebanyakan yang dibutuhkan orang atau tidak.
· DAFTAR
PUSTAKA
Ariffudin
Islam, M. (2022). Perancangan konten media sosial media tiktok sebagai media
promosi dedado batik di surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 112–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Arya, S. M., Wahid, R., & Purnamasari, E. D.
(2022). Pemasarasan Melalui Media Sosial di
TikTok: Apakah Waktu dan Tipe Konten Memengaruhi
Tingkat Keviralan? Jurnal
Ilmu Manajemen, 12(1), 17–34. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i1.4439
Dr. Sana Saima, Dr. Sachin Parappagoudar, Ananya
Hariharan, Vishesh S Setty`, Aditya
Ashok Jain, Aanchal Jain, Aditya P Jain, Aman R Jain,
& Darshan Banka. (2023).
The Power of Instagram’s Algorithm in Boosting the
Visibility of Startups & Small
Businesses. International Journal of Engineering and
Management Research, 13(2),
59–63. https://doi.org/10.31033/ijemr.13.2.9
Arya, S. M., Wahid, R., & Purnamasari, E. D.
(2022). Pemasarasan Melalui Media Sosial di
TikTok: Apakah Waktu dan Tipe Konten Memengaruhi
Tingkat Keviralan? Jurnal
Ilmu Manajemen, 12(1), 17–34. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i1.4439
Ashok Jain, Aanchal Jain, Aditya P Jain, Aman R Jain,
& Darshan Banka. (2023).
The Power of Instagram’s Algorithm in Boosting the
Visibility of Startups & Small
Businesses. International Journal of Engineering and
Management Research, 13(2),
Tidak ada komentar:
Posting Komentar