September 26, 2024

Bagaimana Algoritma Media Sosial Mempengaruhi Pemasaran Digital

           Oleh :

 Muhammad Fahrul Prasetio (41123010075)

 Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil.

                                     Universitas Mercu Buana



·       ABSTRAK

Mudahnya eksplorasi konten – konten yang berisi video atau gambar di sosial media yang mana dalam hal ini kita sebagai pengguna tidak mengetahui bagaimana cara kerja algoritma sosial media tersebut dalam menampilkan konten – konten yang kita lihat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh algoritma sosial media terhadap pola konsumsi konten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur dan dilanjutkan dengan menganalisis langsung platform media sosial yaitu TikTok dan Instagram. Dari hasil analisis dapat diketahui algoritma dari sosial media ini baik pada platform TikTok ataupun Instagram mempunyai kesamaan yaitu dipengaruhi oleh interaksi dari pengguna berupa (like, komentar, dan share).

Kata Kunci : Media sosial, Konten, Algoritma pemrograman

 

 

·       PENDAHULUAN

Di era globalisasi saat ini, banyak orang menggunakan media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook dan Youtube untuk berkomunikasi, membagikan kegiatan sehari - hari, mempromosikan suatu jasa atau barang dan masih banyak lagi. Media sosial merupakan wadah yang digunakan masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial secara virtual. Sering kali dari kita melihat video berulang-ulang ataupun memberikan like (tanda suka) pada gambar yang serupa, hal tersebut dapat memicu algoritma media sosial untuk menampilkan berita atau konten baik berupa video ataupun gambar yang serupa untuk disebar luaskan dan dikonsumsi oleh kita sebagai penikmat. Algoritma secara umumnya merupakan cara dan urutan langkah atau tahapan yang diatur secara sistematis untuk menyelesaikan suatu kegiatan.

 

 

·      PERMASALAHAN

 

1.     Personalisasi : Algoritma media sosial menggunakan data pengguna untuk menyesuaikan konten yang ditampilkan kepada mereka.

 

2.     Pengambilan Keputusan : Algoritma media sosial juga digunakan untuk membuat keputusan tentang konten apa yang akan ditampilkan kepada pengguna.

 

 

3.     Kompetisi : jika platform media sosial menemukan bahwa beberapa iklan sangat efektif, mereka mungkin akan menaikkan harga untuk iklan tersebut, yang dapat membuat kampanye pemasaran digital lebih mahal dan lebih kompetitif. 

 

 

·      PEMBAHASAN

 

1.     Tiktok : TikTok adalah salah satu platform media sosial dengan pola kerja update data tercepat di dunia. TikTok memungkinkan pengguna membuat video pendek berdurasi 15 detik dengan musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Aplikasi TikTok juga digemari berbagai kalangan di Indonesia, termasuk publik figur. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui asal mula kehadiran adiktif ini di TikTok.

 

2.     Instagram : Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang menggunakan foto atau video sebagai sumber utama untuk ditampilkan kepada publik atau penggunanya. Instagram memungkinkan pengguna untuk berbagi foto atau video dengan teks/caption di situs jejaring sosial lain.

 

 

·      KESIMPULAN DAN  SARAN

Berdasarkan pembahasan yang dipaparkan bahwasannya Aplikasi TikTok dan Instagram mejadi pilihan Aplikasi yang digunakan sebagai media pemasaran oleh content creator untuk produk atau brandnya. maka dapat disimpulkan bahwasanya Aplikasi TikTok da Instagram memiliki kesamaan sebagai media pemasaran. Yaitu, bahwa konten yang menarik merupakan acuan dalam memasarkan brand kita supaya brand diminati oleh banyak orang, kemudian diikuti dengan acuan lainnya seperti waktu yang relevan dalam memposting konten, hashtag, akun yang diikuti, dan juga brand akan jadi penilain bagi penonton apakah brand yang akan di publikasikan cocok dengan kebanyakan yang dibutuhkan orang atau tidak.

 

·      DAFTAR PUSTAKA

            Ariffudin Islam, M. (2022). Perancangan konten media sosial media tiktok sebagai media promosi dedado batik di surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 112–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Arya, S. M., Wahid, R., & Purnamasari, E. D. (2022). Pemasarasan Melalui Media Sosial di

TikTok: Apakah Waktu dan Tipe Konten Memengaruhi Tingkat Keviralan? Jurnal

Ilmu Manajemen, 12(1), 17–34. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i1.4439

Dr. Sana Saima, Dr. Sachin Parappagoudar, Ananya Hariharan, Vishesh S Setty`, Aditya

Ashok Jain, Aanchal Jain, Aditya P Jain, Aman R Jain, & Darshan Banka. (2023).

The Power of Instagram’s Algorithm in Boosting the Visibility of Startups & Small

Businesses. International Journal of Engineering and Management Research, 13(2),

59–63. https://doi.org/10.31033/ijemr.13.2.9

Arya, S. M., Wahid, R., & Purnamasari, E. D. (2022). Pemasarasan Melalui Media Sosial di

TikTok: Apakah Waktu dan Tipe Konten Memengaruhi Tingkat Keviralan? Jurnal

Ilmu Manajemen, 12(1), 17–34. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i1.4439

Ashok Jain, Aanchal Jain, Aditya P Jain, Aman R Jain, & Darshan Banka. (2023).

The Power of Instagram’s Algorithm in Boosting the Visibility of Startups & Small

Businesses. International Journal of Engineering and Management Research, 13(2),

59–63. https://doi.org/10.31033/ijemr.13.2.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar