April 02, 2024

RV CHEESE ROLL

Nama: Vairiza Agustin Purbasari

AG-25

 

 

   RV CHEESE ROLL


   ABSTRAK

 

Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT dengan harapan artikel ini dapatdiselesaikan sesuai harapanDengan memahami jiwa seorang wirausaha kita tau bahwa kitaharus mengenali produk barumenemukan cara membuat produk barumenyusun operasiuntuk pengadaan produksi barumemasarkannyaserta mengatur permodalan operasi. Sejalan dengan perputaran zaman, pengertian wirausaha mengalami perkembangan. Dengankemajuan teknologi sekarang pejualan bukan hanya dapat diakses melalui pasar namun juga berkembang melalui jalur digital seperti memasang iklan melalui radio, televisiataupunhandphone. Maka dari itu saya menggunakan platform di sosial media saya unukmempromosikan cheese roll iniUntuk itu seorang wirausaha harus memiliki pemikiran yang inovatif dan kreatif untuk tetap menjajak pasar.

Kata kunci : Memahamiperkembangan, digital,cheese roll, inovatifkreatif.

 

                                              BAB I PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Banyak orang yang berbondong-bondong ingin menjadi seorang wirausahanamunseorang wirausaha haruslah memiliki Impian dan motivasi yang tinggi untuk berkembang dan berhasil dalam usahanya. Sebagai seorang wirausaha harus mengetahui target pasar dan kebutuhan pasar agar tetap mempertahankan usahanya. Seorang wirausaha juga dapatmemanfaatkan peluang yang adaserta memiliki pikiran yang selalu ini berinovasi dan kreatif. Sebagai seorang wirausaha juga harus tau bagaimana cara untuk memasarkanusahanya, di era digital sekarang banyak orang memanfaatkan sosial media untuk berdagangDengan sosial media orang dari berbagai kalangan dan daerah sangat mudah untukmengakses pasar sehingga jangkauannya lebih luas lagi.

 

                        BAB II “ISI PERMASALAHAN”


A. Rumusan masalah

a. Apa itu seorang wirausaha?

b. Karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha?

cCara mengembangkan bisnis cheese roll ini di era digital?

 

 

    BAB III “PEMBAHASAN” 

Menurut KBBI makna wirausaha yaitu merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki arti, wira dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-lakisedangkan kata usaha merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiranuntuk mencapai suatu maksud tertentu. Kewirausahaan berasal dari bahasa inggris yang artinya enterprende yang berarti petualangpenciptapengelola usaha. 


Beberapa perilaku seorang wirausaha yaitu :

1. Inisiatif

2.Organisasi mekanisme sosial ekonomi untuk mengubah sumber daya menjadi keuangan.

3. Menerima risiko kegagalan


Kewirausahaan merupakan proses dinamis yang melibatkan visiperubahan, dan penciptaanPerilaku yang disepakati sebagai seorang wirausaha

1. inisiatif

2. Organisasi mekanisme sosial ekonomi untuk mengubah sumber daya menjadi keuangan

3. Menerima risiko kegagalan


Karakteristik yang harus saya miliki ketika menjadi seorang wirausaha yaitu:

1. Dream

Saya bermimpi untuk mengembangkan usaha saya agar dapat menjajak pasar.

2. Decisiveness

Saya membuat perencanaan yang matang untuk membuat usaha saya semakin maju

3. Doers

Saya tidak menunda-nunda usaha cheese roll saya.

4. Determination 

Saya berusaha untuk bertanggung jawab agar usaha saya mampu bersaing di lapakpasar.

5. Dedication

Saya berusaha untuk membesarkan nama usaha saya dengan terus menawarkan usahasaya kepada mereka.

6. Devotion

Saya mencintai usaha sayasaya berdagang dengan penuh suka cita.

7. Details

Saya berusaha untuk memperhatikan usaha saya seperti menjaga kebersihan usahamakanan saya.

8.Destiny

Saya bertanggung jawab atas usaha yang saya bangun tanpa bergantung lebih pada orang lain.

9.Dollar’s

Saya berusaha bagaimana caranya agar usaha saya dapat meraup keuntungan dan tidak gulung tikar.

10. Distribute

Seorang wirausaha sangat memperhatikan setiap karakteristik orang-orang di sekitarnya, yang pada akhirnya dapat menyalurkan kepemilikkan bisnis kepada orang yang dipercaya.


Pengertian strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusanmengenai bauran pemasaranbiaya marketing, dan alokasi pemasarandalam kaitannyadengan kondisi persaingan dan keadaan lingkungan yang diharapkan.

Saya melakukan pemasaran melalui media online seperti dariInstagram,tiktok,da whatsapp. Karena dengan melalui media online lebih dapat menjangkaupelanggan yang lebih luas. Dengan menggunakan media online menurut saya dapat lebihmenghemat biaya pemasaran yang dikelurakanhanya memutuhkan poster dan kuota untukmemasarkan produkSebagai contohnya saya menggunakan sistem PO dan untukpemesanannya dapat menghubungi nomor yang sudah disediakan.


Kesimpulan 

Sebagai seorang yang baru berwirausaha saya harus bisa kreatif dan berinovasi agar tetap dapat mempertahankan usaha cheese roll ini tetap berdiri (tidak gulungtikar). Dengan mempromosikan cheese roll di sosial media dapat mempermudah saya untukmenjangkau pembeli

  

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Gramedia,”pengertian kewirausahaan’’https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/

Mandra.Denta, Creativity and Design Thinking, 2023

Mandra.Denta, Digital Promotion Champaign Tools,Teori PESO,2023

UNAIR, https://repository.unair.ac.id/69646/1/abstrak.pdf

Ahmad,Sarnianty.” MEMBANGUN SUATU USAHA (BUSINESS) DAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP KEWIRAUSAHAAN”,2017 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar