Nama: Vairiza Agustin Purbasari
AG-25
RV CHEESE ROLL
ABSTRAK
Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT dengan harapan artikel ini dapatdiselesaikan sesuai harapan. Dengan memahami jiwa seorang wirausaha kita tau bahwa kitaharus mengenali produk baru, menemukan cara membuat produk baru, menyusun operasiuntuk pengadaan produksi baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasi. Sejalan dengan perputaran zaman, pengertian wirausaha mengalami perkembangan. Dengankemajuan teknologi sekarang pejualan bukan hanya dapat diakses melalui pasar namun juga berkembang melalui jalur digital seperti memasang iklan melalui radio, televisi, ataupunhandphone. Maka dari itu saya menggunakan platform di sosial media saya unukmempromosikan cheese roll ini. Untuk itu seorang wirausaha harus memiliki pemikiran yang inovatif dan kreatif untuk tetap menjajak pasar.
Kata kunci : Memahami, perkembangan, digital,cheese roll, inovatif, kreatif.
BAB I “PENDAHULUAN”
A. Latar Belakang Masalah
Banyak orang yang berbondong-bondong ingin menjadi seorang wirausaha, namunseorang wirausaha haruslah memiliki Impian dan motivasi yang tinggi untuk berkembang dan berhasil dalam usahanya. Sebagai seorang wirausaha harus mengetahui target pasar dan kebutuhan pasar agar tetap mempertahankan usahanya. Seorang wirausaha juga dapatmemanfaatkan peluang yang ada, serta memiliki pikiran yang selalu ini berinovasi dan kreatif. Sebagai seorang wirausaha juga harus tau bagaimana cara untuk memasarkanusahanya, di era digital sekarang banyak orang memanfaatkan sosial media untuk berdagang. Dengan sosial media orang dari berbagai kalangan dan daerah sangat mudah untukmengakses pasar sehingga jangkauannya lebih luas lagi.
BAB II “ISI PERMASALAHAN”
A. Rumusan masalah
a. Apa itu seorang wirausaha?
b. Karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha?
c. Cara mengembangkan bisnis cheese roll ini di era digital?
BAB III “PEMBAHASAN”
Menurut KBBI makna wirausaha yaitu merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki arti, wira dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki, sedangkan kata usaha merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiranuntuk mencapai suatu maksud tertentu. Kewirausahaan berasal dari bahasa inggris yang artinya enterprende yang berarti petualang, pencipta, pengelola usaha.
Beberapa perilaku seorang wirausaha yaitu :
1. Inisiatif
2.Organisasi mekanisme sosial ekonomi untuk mengubah sumber daya menjadi keuangan.
3. Menerima risiko kegagalan
Kewirausahaan merupakan proses dinamis yang melibatkan visi, perubahan, dan penciptaan. Perilaku yang disepakati sebagai seorang wirausaha
1. inisiatif
2. Organisasi mekanisme sosial ekonomi untuk mengubah sumber daya menjadi keuangan
3. Menerima risiko kegagalan
Karakteristik yang harus saya miliki ketika menjadi seorang wirausaha yaitu:
1. Dream
Saya bermimpi untuk mengembangkan usaha saya agar dapat menjajak pasar.
2. Decisiveness
Saya membuat perencanaan yang matang untuk membuat usaha saya semakin maju
3. Doers
Saya tidak menunda-nunda usaha cheese roll saya.
4. Determination
Saya berusaha untuk bertanggung jawab agar usaha saya mampu bersaing di lapakpasar.
5. Dedication
Saya berusaha untuk membesarkan nama usaha saya dengan terus menawarkan usahasaya kepada mereka.
6. Devotion
Saya mencintai usaha saya, saya berdagang dengan penuh suka cita.
7. Details
Saya berusaha untuk memperhatikan usaha saya seperti menjaga kebersihan usahamakanan saya.
8.Destiny
Saya bertanggung jawab atas usaha yang saya bangun tanpa bergantung lebih pada orang lain.
9.Dollar’s
Saya berusaha bagaimana caranya agar usaha saya dapat meraup keuntungan dan tidak gulung tikar.
10. Distribute
Seorang wirausaha sangat memperhatikan setiap karakteristik orang-orang di sekitarnya, yang pada akhirnya dapat menyalurkan kepemilikkan bisnis kepada orang yang dipercaya.
Pengertian strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusanmengenai bauran pemasaran, biaya marketing, dan alokasi pemasaran, dalam kaitannyadengan kondisi persaingan dan keadaan lingkungan yang diharapkan.
Saya melakukan pemasaran melalui media online seperti dariInstagram,tiktok,da whatsapp. Karena dengan melalui media online lebih dapat menjangkaupelanggan yang lebih luas. Dengan menggunakan media online menurut saya dapat lebihmenghemat biaya pemasaran yang dikelurakan, hanya memutuhkan poster dan kuota untukmemasarkan produk. Sebagai contohnya saya menggunakan sistem PO dan untukpemesanannya dapat menghubungi nomor yang sudah disediakan.
Kesimpulan
Sebagai seorang yang baru berwirausaha saya harus bisa kreatif dan berinovasi agar tetap dapat mempertahankan usaha cheese roll ini tetap berdiri (tidak gulungtikar). Dengan mempromosikan cheese roll di sosial media dapat mempermudah saya untukmenjangkau pembeli.
DAFTAR PUSTAKA
Gramedia,”pengertian kewirausahaan’’https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/
Mandra.Denta, Creativity and Design Thinking, 2023
Mandra.Denta, Digital Promotion Champaign Tools,Teori PESO,2023
UNAIR, https://repository.unair.ac.id/69646/1/abstrak.pdf
Ahmad,Sarnianty.” MEMBANGUN SUATU USAHA (BUSINESS) DAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP KEWIRAUSAHAAN”,2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar