ABSTRAK
“YourCup” merupakan brand FnB yang memproduksi makanan dan minuman ringan namun, tetap memberikan kepuasan dengan beragam kreativitas setiap produknya. Produk “YourCup” menggunakan bahan makanan yang aman dan komitmen untuk menjaga kebersihan, sehingga menghasilkan makanan dan minuman yang higienis. “YourCup” merupakan manifestasi dari pendekatan Design Thinking. dengan menggunakan konsep Design Thinking, “YourCup” fokus untuk terus berinovasi dengan melibatkan pelanggan dalam proses berkembang. Strategi pemasaran “YourCup” menggunakan strategi bentuk makanan dan minuman yang unik sehingga menggugah selera. Dengan terus mengembangkan strategi pemasaran dan kualits produk membuat “YourCup” meningkat secara kreativitas. Kata kunci: YourCup, makanan dan minuman, Design Thinking, unik, kreativitas.
PENDAHULUAN
Food and
Beverages adalah bisnis yang bergerak di bidang penyajian makanan dan minuman.
Dengan memasuki dunia FnB tentu akan melibatkan proses kreativitas untuk dapat
menjalankan tugas-tugas tersebut. Salah satunya adalah bisnis ini dengan nama
brand “YourCup” mengutamakan kreativitas dan inovasi produk setiap langkahnya.
Dengan menggunakan pendekatan Design Thinking membantu “YourCup” dalam
memecahkan masalah serta menghubungkan produk yang diberikan dengan
penggunannya. Tak hanya itu, keunikan bentuk dari produk “YourCup” juga akan
menggugah selera, namun tidak menghilangkan rasa kepuasan setelah
mengonsumsinya. “YourCup” merupakan bukti bahwa makanan atau minuman unik pun
mampu memberikan rasa terenaknya serta kepuasan setelah mengonsumsinya.
PERMASALAHAN
Bagaimana
“YourCup” mengatasi persaingan bisnis dan menyesuaikan produk dengan peminatan
pasar di tengah maraknya perubahan tren?
PEMBAHASAN
“YourCup”
merupakan brand yang bergerak di bidang Food and Beverages yang dibuat untuk
memberikan solusi kepada orang-orang yang bermasalah terhadap makanan berat dan
ingin mengonsumsi makanan ringan dengan masih memberikan sensasi kenyang. Untuk
memahami lebih dalam tentang bagaimana brand ini berkembang dengan pendekatan
Design Thinking, maka perlu dipahami 5 tahapan:
Empati dengan orang-orang untuk memahami pengalaman dan motivasi sehingga
memperoleh pemahaman pribadi tentang masalah yang terlibat. Sederhananya,
Empathise memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Begitupun “YourCup”
memahami keinginan orang-orang dengan
melakukan riset mendalam demi mengeluarkan produk terbaik sehingga memuaskan
orang-orang.
· Define.
Di tahap ini pebisnis harus menganalisis pengamatan untuk menentukan
masalah inti yang telah diidentifisikasi. “YourCup” menganalisis hasil dari
riset untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana “YourCup” dapat memberikan
nilai tambah.
· Ideate.
Di tahap ini para pebisnis siap untuk melahirkan ide. Dengan latar belakang
yang kuat, pebisnis dapat mulai berpikir di luar kotak untuk mengidentifikasi
solusi baru dari pernyataan masalah yang dibuat, dengan begitu akan lebih mudah
menemukan cara alternatif untuk melihat masalah.
· Prototype.
Pebisnis menguji prototipe produk atau layanan dengan pelanggan untuk
mendapatkan umpan balik. “YourCup” memulainya dengan meluncurkan produk makanan
ringan berbentuk cup yang diisi dengan beragam isian namun akan tetap
memberikan kesan kenyang untuk melihat bagaimana proses selanjutnya.
· Test.
Setelah mendapat umpan balik yang cukup, maka pebisnis membuat produk dan
layanan final. “YourCup” sendiri melanjutkan untuk memasarkan produk dengan
rasa dan bentuk yang sama, namun mengganti kemasan menjadi lebih baik dan ramah
lingkungan. “YourCup” terus berevolusi untuk memastikan bahwa produk yang
dihasilkan sesuai dengan apa yang konsumen inginkan. Menerima umpan balik
secara teratur dari pelanggan akan membantu “YourCup” dalam berevolusi
berinovasi menjadi jauh lebih baik lagi.
KESIMPULAN
“YourCup” tidak hanya sekadar brand Food
and Beverages, melainkan sebuah cerminan dari kreativitas serta hubungan yang
serat antara pebisnis dengan pelanggan. Pendekatan Design Thinking mampu
memberikan “YourCup” beragam ide produk yang tidak hanya sekedar makanan
ringan, tetapi juga memberikan sensasi kenyang setelah mengonsumsinya dengan
tidak berlebihan. Melalui strategi bentuk makanan dan minuman yang unik,
“YourCup” dapat dengan mudah menggugah selera pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
https://dailysocial.id/post/hsbc-asean-growth-fund
https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/
Rangkuti, F. (2003). Business Plan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Pollack, S. (2012, March 21). What, Exactly, Is Business Development? Retrieved September 22, 2014, from http://www.forbes.com/sites/scottpollack/2012/03/21/what-exactly-is-business-development/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar