Nama : Puti Amalia Ma’ruf (AG06)
NIM: 43223010078
Mata kuliah: Kewirausahaan II
ARTIKEL BISNIS PENGEMBANGAN
PRODUK MAKANAN CRACKER BLISS
Abstrak:
Artikel ini membahas tentang Usaha makanan yang menjualcrackers bliss, yaitu crackers yang dilapisi cream cheese, merupakan salah satu contoh bisnis kreatif yang memanfaatkan Jiwa Wirausaha dan implementasinya dalamberbisnis. Artikel ini membahas strategi pemasaran digital menggunakan teori PESO serta penerapan Creativity & Design Thinking dalam pengembangan produk. Melaluipendekatan ini, bisnis dapat meningkatkan visibilitasnya dan menarik pelanggan potensial.
Crackers Bliss adalah produk makanan yang dilapisi cream cheese yang menjadi favorit banyak orang. Usaha makananini memiliki potensial untuk menjadi bisnis yang berhasil, terutama dengan implementasi Jiwa Wirausaha dalamberbisnis atau bekerja. Dalam artikel ini, kami akan mengkajibeberapa aspek penting dalam membangun dan menjalankanusaha makanan Crackers Bliss, termasuk pengantarkewirausahaan, teori PESO, dan kreativitas & design thinking.
Kata Kunci:
Crackers Bliss, Cream Cheese, Pengantar Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha, Implementasi Jiwa Wirausaha, Digital Promotion Campaign Tools, Teori PESO, Creativity & Design Thinking.
Pendahuluan:
Dalam era digital saat ini, pelaku bisnis harus mengadopsistrategi pemasaran yang efektif untuk memperluas jangkauandan menarik minat konsumen. Salah satu contoh bisnis kreatifyang dapat dijadikan studi kasus adalah usaha makanan yang menjual crackers bliss, yang merupakan crackers yang ditumpuk dengan lapisan cream cheese. Artikel ini akanmengulas bagaimana penerapan Pengantar Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha, dan Digital Promotion Campaign Tools dapatmembantu meningkatkan kinerja bisnis tersebut.
Permasalahan:
Pembahasan:
Melalui integrasi konsep kewirausahaan, jiwa wirausaha, dan strategi promosi digital, Cracker Bliss telah mampu mencapaikesuksesan yang signifikan dalam pasar makanan. Denganberfokus pada inovasi, ketekunan, dan kreativitas, bisnis inimampu menarik perhatian konsumen dan membangun merekyang kuat.
Pendekatan strategis (PESO):
Dalam konteks penerapan Teori PESO (Paid, Earned, Shared, Owned) untuk usaha Cracker Bliss, berikut adalah gambaranbagaimana setiap elemen PESO dapat diterapkan:
Dengan mengintergrasikan strategi PESO secara holistic, usaha cracker bliss dapat memaksimalkan eksposur dan interaksi merk, meningkatkan kesadaran konsumen dan memperluas jangkauan konsumen dengan efektif.
Penerapan creativity & design thinking dalam usaha crakerbliss dapat mencakup beberapa Langkah dan prinsip sebagaiberikut:
Dengan menerapkan prinsip creativity & design thinking dalam pengembangan dan pemasaran cracker bliss, kami dapat menciptakan produk yang menarik dan diminati oleh konsumen serta membedakan merek kami di pasar makananyang kompetitif.
Kesimpulan:
Dalam bisnis makanan seperti crackers bliss, penggunaanstrategi pemasaran digital yang terencana dengan baik dan penerapan prinsip-prinsip kewirausahaan dan jiwa wirausahasangat penting untuk mencapai kesuksesan. Denganmenggabungkan Pengantar Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha, Digital Promotion Campaign Tools, Teori PESO, dan Creativity & Design Thinking, bisnis ini dapat memperluaspangsa pasar dan membangun merek yang kuat.
Daftar Pustaka:
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesiHumas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1.
Pondaag, V. I., Octavia, J. R., & Theresia, C. (2023). Penerapan Design Thinking dalam Menghasilkan UsulanRancangan Kemasan Ramah Lingkungan untuk UMKM Makanan dan Minuman. Journal of Integrated System, 6(1), 103–124.
Rahmawati Madanih, Meidhita Susandi, & Alya Zhafira. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Usaha Pengembangan Budi Daya Ikan lele di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Jurnal of Business and Entrepreneurship, 2(1), 55-64. doi:10.24853/baskara.2.1.55-64
Septiningrum, L. D. (2021). MANAJEMEN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN FOOD AND BEVERAGE DI ERA PANDEMI COVID 19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan InovasiUniversitas Sam Ratulangi)., 8(1).
W. Zimmer. Thomas, M. Scarborough, Wilson Daugh. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat. (48-49)
Link journal:
https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Tidak ada komentar:
Posting Komentar