Abstrak
Artikel ini akan membahas
mengenai pemanfaatan fitur aplikasi Tiktok sebagai media marketing. TikTok
adalah sebuah media sosial dengan tujuan utamanya untuk video seluler berdurasi
pendek. Tiktok Kantor pusat global TikTok berada di Los Angeles dan Singapura,
dan kantornya meliputi New York, London, Dublin, Paris, Berlin, Dubai, Jakarta,
Seoul, dan Tokyo.
Kata Kunci: Marketing,
Video Pendek, Tiktok.
Pendahuluan
Marketing merupakan salah
satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang di lakukan oleh para pengusaha dalam
usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan untuk berkembang,
dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung
pada keahlian mereka di bidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun bidang
lain.Salah satu media untuk melakukan marketing adalah dengan memanfaatkan
fitur yang disediakan Tiktok.Tiktok adalah salah satu platform yang
menyediakan dan memiliki popularitas tinggi untuk live streming, aplikasi
tiktok menyediakan banyak manfaat untuk melakukan marketing, Tiktok menawarkan
peluang besar bagi merek untuk berinteraksi langsung dengan audiens mereka.Oleh
karena itu penulis akan membahas tips pemasaran melalui TikTok dan bagaimana
merek dapat mengoptimalkan potensi platform ini untuk mencapai kesuksesan
pemasaran yang lebih besar.
Permasalahan
Banyak pengusaha tidak memiliki pemahaman yang
jelas tentang pemanfaatan layanan live streming yang disediakan media sosial
Tiktok, mereka cenderung mengetahui pemasaran melalui Instagram atau media
market place seperti Tokopedia, Shopee atau bukalapak. Aplikasi-aplikasi
tersebut mungkin sudah membantu dalam pemasaran. Namun, Aplikasi Tiktok
memiliki fitur live streaming yang power full dan sangat popular di
generasi gen Z. Dari persoalan yang telah disebutkan,
penting untuk membahas tips pemanfaatan layanan yang disediakan Tiktok sebagai
media marketing agar meningkatkan penjualan di suatu perusahaan.
Pembahasan
TikTok telah mencapai
popularitas yang mencengangkan dalam waktu singkat, terutama di kalangan
generasi muda. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh
dunia, platform ini menawarkan potensi besar bagi merek untuk mencapai audiens
yang luas. TikTok menggunakan algoritma yang cerdas untuk mempromosikan konten
secara efektif berdasarkan preferensi pengguna. Ini berarti merek memiliki
peluang besar untuk mencapai audiens yang relevan dan tertarik pada produk atau
layanan mereka. Oleh karena itu, berikut tips memanfaatkan Tiktok untuk media
marketing menurut redcomm.co.id:
1. Lakukan
Analisis Terhadap Tren TikTok Marketing Terbaru
Untuk bisa memaksimalkan
pemanfaatan TikTok sebagai media promosi, Marketer atau pengusaha perlu
melakukan analisis terkait jenis dan tema konten yang sedang tren dan digemari
pengguna TikTok. Catat pula video dengan tema apa yang lebih mudah viral dan mendapatkan
atensi besar dari masyarakat pengguna TikTok. Dari analisis ini, Marketer bisa
menemukan strategi marketing lewat TikTok yang paling relevan dengan bisnis
perusahaan. Contoh, jika sebelumnya banyak video joget yang beredar dan menjadi
viral, maka Marketer bisa memikirkan cara baru promosi produk dengan joget
sambil pegang produk, misalnya. Cara lain, bikin challenge terkait penggunaan
produk dan jika perlu siapkan hadiah bagi peserta yang bisa menghasilkan konten
unik. Selain itu, marketer juga bisa membuat video interaktif mengenai tips
perawatan produk atau melakukan live streaming untuk berinteraksi secara
langsung dengan audiens.
2. Gunakan
Background Musik Populer
Laura Savu, selaku Global
Community Manager TikTok, sudah memberi kisi-kisi terkait tren TikTok Marketing
2021. Dalam bahasannya, Laura menyebutkan kalau butuh cara baru untuk
memanfaatkan TikTok. Misalnya membuat video tutorial yang bermanfaat bagi audiens,
video how to, dan lainnya. Jadi, jangan hanya mengikuti tren joget-joget
semata. Apalagi sejak 2017, TikTok telah mengakuisisi layanan Musical.ly
sehingga tersedia banyak pilihan musik background yang bisa digunakan dalam
video marketing.
3. Maksimalkan
Penggunaan Fitur Kategori untuk Memperkuat Konten
TikTok terus melakukan
pengembangan kategori konten, seperti fashion, teknologi, kecantikan, olahraga,
dan masih banyak lagi. Nah, pastikan sebagai marketer menyesuaikan konten yang
akan dibuat dengan kategori yang tersedia. Dengan cara ini, konten perusahaan
menjadi lebih mudah ditemukan oleh audiens karena relevansi yang kuat antara
niche kategori dengan produk atau layanan bisnis.
4. Optimalkan
Kualitas Video dengan Fitur Editing
TikTok menawarkan
kemudahan dalam mengedit video. Tanpa perlu langkah yang panjang, maupun
menghabiskan waktu lama, Marketer bisa melakukan editing video dalam satu
aplikasi. Cara ini termasuk sangat praktis dalam upaya menghasilkan video
promosi yang unik dan menarik.Di saat yang sama, TikTok juga memungkinkan
penggunanya merekam video dengan kamera bawaan aplikasi. Lalu, Marketer tinggal
mengeditnya menggunakan berbagai tools yang ada di dalam aplikasi. Ini sudah
lengkap dengan penambahan musik dan berbagai efek lainnya.
5. Tersedia
Berbagai Alat Pengiklanan yang Efektif
Marketer juga bisa
memanfaatkan berbagai alat untuk beriklan yang sudah TikTok sediakan di dalam
aplikasinya. Dengan memanfaatkan iklan TikTok ads, Marketer bisa menargetkan
konten untuk audiens yang tepat sehingga aktivitas promosi menjadi lebih
efektif.
6. Perhatikan
Durasi Video dan Rutin Membagikan Konten
Durasi video yang
diizinkan memang terbilang singkat. Namun, ini ternyata menjadi nilai lebih
bagi layanan TikTok. Pengguna bisa mendapatkan informasi penting hanya dengan
menonton satu video singkat.Menariknya lagi, pengguna tidak perlu menjadi
pengikut suatu akun terlebih dahulu untuk bisa melihat video tersebut. Hal ini,
menjadi peluang yang sangat bagus bagi bisnis. Sebab, siapa pun bisa menyimak
video promosi dan mendapatkan pesannya.Dengan terus membagikan
konten yang menarik dan berkualitas secara rutin, perusahaan dapat menjangkau
lebih banyak orang, sekaligus bisa meningkatkan penjualan dengan menyisipkan
promosi produk atau jasa lewat video yang dibagikan.
Kesimpulan
TikTok adalah platform
populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
Untuk memanfaatkan TikTok sebagai alat pemasaran, Marketer dapat menggunakan
tips: 1) Analisis tren TikTok terbaru dan buat strategi yang relevan dengan bisnis
Anda, 2)Gunakan musik populer sebagai latar belakang dalam video, 3) Manfaatkan
fitur kategori TikTok untuk memperkuat konten, 4) Optimalkan kualitas video
dengan fitur editing TikTok, 5) Gunakan alat pengiklanan TikTok untuk
menargetkan audiens yang tepat, 6) Bagikan konten secara rutin dan perhatikan
durasi video.
Daftar Pustaka
Our Mission diakses pada 7 Februari 2024 dari tiktok.com https://www.tiktok.com/about?lang=en
Suprapto dan Soeryowati.
2023.Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3 Business Strategy: Finance Management.
Universitas Mercu Buana
Tren Tiktok Marketing
2021 dan Tips Memanfaatkannya Untuk Promosi Bisnis diakses
pada 7 Februari 2024 dari redcomm.co.id website https://redcomm.co.id/knowledges/tren-tiktok-marketing-2021-dan-tips-memanfaatkannya-untuk-promosi-bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar