Strategi pemasaran di era digital atau biasa dikenal dengan digital marketing adalah strategi pemasaran yang dirancang untuk mengoptimalkan promosi produk dan layanan menggunakan teknologi online seperti komputer desktop dan perangkat seluler.
Itu memanfaatkan saluran digital untuk menjangkau khalayak luas calon pelanggan, untuk terhubung dengan pelanggan yang sudah ada dengan cara baru dan membuat produk dan layanan dapat diakses melalui platform online. Berikut adalah kategori pemasaran online:
Content marketing
Content marketing berfokus pada produksi, distribusi, dan promosi konten yang relevan untuk menarik dan melibatkan pelanggan potensial. Contoh pemasaran konten termasuk posting blog, infografis, podcast, video, e-book, studi kasus, dan webinar.
Iklan bayar per klik
Iklan bayar per klik atau pay per click PPC adalah cara lain untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Dengan strategi ini, pengiklan membayar penerbit ketika pengguna mengklik iklan mereka.
Optimisasi mesin pencari (SEO)
Optimisasi mesin pencari mengacu pada merancang konten online Anda untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas lalu lintas yang dihasilkannya dari pengguna mesin pencari.
Memprioritaskan kata kunci dan frasa tertentu dapat meningkatkan peringkat mesin pencari konten online Anda, yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke halaman web atau situs Anda.
Social media marketing
Bisnis dapat menarik pelanggan melalui iklan di platform media sosial. Terlebih saat ini banyak orang menggunakan media sosial bukan hanya untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya, namun untuk keperluan yang lebih luas.
Email marketing
Email marketing mengacu pada pengiriman email langsung ke pelanggan saat ini atau calon pelanggan. Ini adalah salah satu proses pemasaran di era digital yang memerlukan biaya rendah namun dengan hasil yang memuaskan.
Manfaat Memiliki Strategi Pemasaran yang Baik di Era Digital
Ada banyak manfaat memiliki strategi pemasaran di era digital. Memiliki strategi pemasaran digital tidak hanya dapat membantu Anda menjangkau pasar calon pelanggan yang lebih luas, tetapi juga dapat membantu Anda terlibat dan membangun koneksi dengan klien yang sudah ada.
Efektivitas biaya
Iklan yang dirancang untuk distribusi digital mungkin lebih terjangkau untuk diproduksi dan dapat menjangkau segmentasi audiens yang lebih luas daripada jenis iklan lainnya.
Peningkatan loyalitas pelanggan
Akses online ke informasi tentang produk atau layanan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Ketika pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk dan layanan Anda melalui saluran digital yang nyaman, mereka dapat memilih merek Anda daripada yang lain.
Lebih mudah diukur
Banyak situs web yang menggunakan iklan dan memiliki sistem bawaan untuk melacak keterlibatan pengguna. Program analitik ini memudahkan Anda melacak cara orang melihat dan berinteraksi dengan iklan Anda.
Lebih mudah melakukan penargetan pelanggan
Iklan digital memudahkan untuk mengidentifikasi dan menargetkan populasi kunci dalam pasar Anda.
Tingkat konversi yang mudah ditingkatkan
Memiliki strategi pemasaran digital yang ditentukan dapat meningkatkan jumlah konversi pengunjung situs menjadi pelanggan bisnis.
Peningkatan kepercayaan merek
Pelanggan dapat mengembangkan kepercayaan yang meningkat pada merek Anda ketika mereka melihatnya memiliki identitas online yang kuat.
Cara Memebuat Strategi Pemasaran di Era Digital dalam 5 Langkah
Bisnis yang ingin memulai atau memanfaatkan strategi pemasaran dan sukses di era digital harus mendefinisikan dan mengintegrasikan pemasaran digital ke dalam jangkauan pemasaran mereka yang ada.
Berikut adalah lima langkah yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan strategi pemasaran digital:
1. Identifikasi tujuan pemasaran Anda
Membuat strategi pemasaran di era digital dimulai dengan mengidentifikasi tujuan pemasaran Anda. Menentukan tujuan kampanye Anda sangat penting untuk memastikan efektivitasnya.
Mengetahui apa tujuan Anda untuk kampanye Anda dan memiliki strategi untuk mengukur kemajuan Anda membantu Anda memantau keberhasilan kampanye Anda.
Menjadi spesifik tentang menetapkan tujuan terukur memungkinkan Anda untuk mengukur pekerjaan Anda menuju tujuan itu, dan saat Anda memantau kemajuan Anda, Anda dapat membuat penyesuaian untuk meningkatkan strategi Anda.
Tetapkan tujuan dengan mengidentifikasi target tertentu. Misalnya, Anda dapat menetapkan sasaran untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan Anda di semua platform media sosial sebesar 20% sebelum akhir kuartal bisnis.
Tujuan ini menetapkan tujuan spesifik yang terukur dan kerangka waktu untuk mencapai tujuan. Kemajuan menuju tujuan ini dapat dilacak, yang berarti memungkinkan untuk memodifikasi strategi pemasaran untuk meningkatkan efektivitasnya.
2. Kembangkan persona pelanggan
Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, langkah selanjutnya adalah mengetahui audiens target Anda.
Mengembangkan persona pelanggan membantu Anda mengidentifikasi pelanggan ideal Anda dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda untuk menargetkan pelanggan tersebut.
Untuk membuat persona pembeli yang terperinci, Anda perlu meneliti, mensurvei, dan mewawancarai audiens target bisnis Anda. Targetkan penelitian Anda ke sekelompok besar peserta yang mencakup pelanggan, prospek, dan orang-orang di luar kontak Anda yang sudah ada yang selaras dengan audiens target Anda.
Kembangkan persona berdasarkan data Anda yang mewakili individu unik yang cocok dengan kualitas demografis dan psikografis audiens target Anda. Kekhususan sangat penting untuk mengembangkan persona yang efektif.
Meskipun tingkat penelitian persona Anda bergantung pada kebutuhan bisnis yang spesifik, cobalah untuk mengumpulkan informasi kualitatif, demografis, kuantitatif, dan psikografis dalam penelitian Anda.
Contoh informasi kuantitatif dan demografis termasuk rentang usia pelanggan, lokasi, dan pendapatan rata-rata. Informasi kualitatif dan psikografis mencakup tujuan, minat, prioritas, dan tantangan pelanggan ideal Anda.
3. Evaluasi saluran dan aset digital yang ada
Pertimbangkan aset digital atau platform online apa pun yang sudah Anda gunakan. Beberapa platform online yang mungkin sudah digunakan perusahaan Anda termasuk situs web perusahaan, blog, atau akun media sosial.
Mengidentifikasi aset pemasaran digital Anda saat ini dan keefektifannya dapat memberi Anda titik awal untuk menentukan strategi pemasaran digital Anda.
Periksa aset online Anda saat ini dan pertimbangkan keefektifannya untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.
4. Tentukan strategi pemasaran digital Anda
Setelah Anda mengidentifikasi tujuan kampanye, gunakan sasaran pemasaran, riset audiens, dan sumber daya yang ada untuk menentukan strategi pemasaran digital Anda.
Berdasarkan riset audiens Anda, tentukan platform online dan strategi konten apa yang paling efektif untuk melibatkan target pasar Anda.
Misalnya, mengetahui platform digital apa yang paling sering berinteraksi dengan audiens target Anda dapat membantu Anda menentukan platform apa yang akan disertakan dalam kampanye pemasaran Anda.
Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan ketika mengembangkan strategi pemasaran digital Anda:
- Otomatiskan pemasaran Anda: Otomatisasi mengacu pada penggunaan teknologi yang membuat distribusi konten Anda lebih efisien dengan membatasi kebutuhan akan keterlibatan manusia. Dengan strategi ini, Anda dapat dengan cepat dan efisien mendistribusikan konten yang dipersonalisasi ke pelanggan target Anda.
- Personalisasi konten Anda: Libatkan pelanggan saat ini dan calon pelanggan dengan menargetkan kebutuhan dan minat unik mereka. Gunakan konten Anda untuk mengomunikasikan bagaimana produk atau layanan perusahaan Anda memenuhi kebutuhan langsung mereka.
- Optimalkan konten Anda untuk audiens seluler: Banyak pelanggan menggunakan perangkat seluler mereka untuk mengakses platform online. Saat Anda mendesain konten dengan mempertimbangkan pengguna seluler, Anda memastikan bahwa pelanggan yang mengakses konten perusahaan Anda melalui perangkat seluler memiliki pengalaman berkualitas tinggi.
- Buat komunikasi menjadi mudah: Pemasaran online akan membantu Anda membangun koneksi dengan pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan. Permudah pelanggan Anda untuk menghubungi Anda dengan pertanyaan, komentar, dan permintaan.
5. Lacak dan ukur hasil yang Anda dapatkan
Pantau kemajuan kampanye Anda. Pada akhir setiap bulan, tinjau kemajuan Anda dalam mencapai sasaran pemasaran Anda.
Evaluasi strategi mana yang paling efektif dalam memenuhi tujuan kampanye Anda dan tentukan apakah pendekatan kampanye Anda memerlukan penyesuaian.
Untuk melacak kemajuan Anda, pertahankan spreadsheet atau sistem laporan sehingga Anda dapat membandingkan hasil strategi Anda dari waktu ke waktu.
Gunakan alat metrik yang ada di dalam platform online tempat Anda bekerja untuk menilai keterlibatan pengunjung. Terakhir, sering-seringlah menghubungi basis pelanggan Anda.
Distribusikan survei kepuasan pelanggan, tanggapi komentar, jawab pertanyaan, dan biasakan untuk terlibat secara teratur dengan audiens Anda.
Tips Membangun Strategi Pemasaran Digital yang Efektif
1. Mulailah dengan tampilan situs web yang berkualitas
Dalam lingkungan yang kompetitif saat ini, memiliki website yang berkualitas tinggi sangat penting. Dan ketika kami mengatakan kualitas, kami berbicara tentang hal-hal seperti kecepatan, desain, antarmuka pengguna, dan keamanan.
Tidak cukup hanya memiliki situs web yang hanya menyediakan informasi atau menjual produk atau layanan. Situs web harus dioptimalkan untuk PC dan perangkat seluler, mengingat perangkat seluler menyumbang 51% dari semua penelusuran internet.
Desain web seluler harus sederhana dan responsif, dengan tautan yang lebih besar untuk menjelaskan fakta bahwa pelanggan menggunakan jari mereka untuk mengeklik.
2. Kelola media sosial bisnis Anda dengan baik
Meskipun sebagian besar pemilik perusahaan kecil mengakui pentingnya media sosial, namun masih banyak pemilik bisins yang mengabaikannya selama situasi sibuk.
Bersikap realistis tentang waktu yang Anda miliki untuk mengelola media sosial adalah salah satu kunci untuk mempertahankan kehadiran bisis Anda di media sosial.
Profil media sosial yang tidak up-to date tidak akan berguna bagi pelanggan. Jika Anda hanya punya waktu untuk mengelola satu akun, pilih platform yang sesuai untuk perusahaan Anda dan pastikan Anda rutin melakukan postingan.
Anda dapat memposting meme dengan teks jenaka untuk meningkatkan tingkat keterlibatan Anda dengan audiens Anda.
Memposting meme menunjukkan bahwa Anda mengetahui informasi terkini tentang peristiwa terkini dan bahwa Anda mengetahui pasar dan pelanggan Anda. Bagaimanapun, meme benar-benar sangat populer.
Penting untuk memposting konten yang teratur, fokus, dan menarik bagi pelanggan Anda sehingga mereka mulai menganggap bisnis Anda sebagai sumber informasi yang aktif dan bermanfaat.
3. Pasikan reputasi bisnis Anda di dunia maya baik-baik saja
Anda harus selalu berusaha memastikan bahwa reputasi Anda di internet baik untuk memberikan gambaran positif kepada klien.
Anda harus membuat dan mengelola cantuman perusahaan Anda di situs ulasan seperti Google Maps dan Yelp selain mengelola profil media sosial Anda.
Ini adalah aspek penting dari strategi manajemen reputasi online Anda. Referensi hari ini adalah ulasan pelanggan. Jika Anda menemukan konsumen telah menulis ulasan yang buruk, balas segera dan sopan di situs dengan tujuan untuk mengatasi masalah klien.
Ini akan menunjukkan kepada pelanggan yang ada, serta pelanggan potensial lainnya, bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda dan berupaya memperbaiki masalah apa pun yang mungkin muncul.
Calon konsumen lebih cenderung memilih bisnis Anda untuk kebutuhan mereka jika mereka melihat bahwa Anda memiliki peringkat tinggi, ulasan yang baik, dan menanggapi masalah apa pun secara profesional.
Seperti yang dikatakan sebelumnya, mengelola reputasi merek Anda sangat penting. Pertimbangkan kursus manajemen reputasi online yang akan menunjukkan cara kerjanya.
4. Manfaatkan remarketing
Setelah Anda menyiapkan situs web dan akun media sosial Anda, Anda dapat menggunakan iklan online bertarget untuk meningkatkan pengunjung ke situs Anda.
Setelah Anda mengidentifikasi calon pelanggan dari pengunjung ini, siapkan kampanye remarketing menggunakan Google Ads dan Facebook Ads.
5. Pastikan Buyer journey berjalan dengan baik
Pahami buyer journey dan apa yang perlu Anda sampaikan kepada konsumen di semua tahapan transaksi. Ketika Anda melakukan analisis pembeli, begitu banyak pilihan komprehensif yang tersedia.
Anda dapat melihat setiap langkah yang dilakukan pengunjung di seluruh situs web Anda, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di setiap halaman, dan bahkan halaman apa yang menyebabkan mereka pergi.
Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk melacak aktivitas situs web Anda. Itu dapat mencakup bounce rate, durasi sesi, halaman per sesi, dan banyak lagi.
Alat ini menyediakan semua data yang Anda butuhkan untuk membuat perubahan pada situs web Anda secara efisien.
Kesimpulan
Itulah pembahasan lengkap mengenai proses pemasaran di era digital yang bisa Anda coba dalam bisnis Anda. Semakin berkembangnya teknologi menjadikan Anda sebagai pemilik bisnis harus memliki strategi yang relevan terhadap perubahan dan kebutuhan konsumen, dan menggunakan strategi pemasaran digital adalah hal yang harus Anda lakukan.
Disisi lain, banyak proses bisins yang bisa tingkatkan efisiensinya menggunakan teknologi, salah satunya adalah proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar