NAMA : ANNISA PUTRI
NO
KODE : 1D12-PUTRI
Apa Itu Analisis Pasar / Analisa Pasar?
Analisis pasar adalah proses
pengumpulan dan analisis data untuk memahami kebutuhan dan preferensi
pelanggan, serta tren dan kondisi pasar yang mempengaruhi permintaan dan
penawaran suatu produk atau layanan.
Melakukan analisis peluang pasar
sangat penting karena analisis pasar biasanya dilakukan untuk membantu bisnis
mengambil keputusan strategis, seperti merancang produk yang sesuai dengan
kebutuhan pelanggan, menentukan harga yang tepat, dan menentukan pasar yang
paling menjanjikan untuk ekspansi bisnis.
Dalam melakukan analisis pasar,
ada beberapa faktor yang biasanya dipertimbangkan, seperti ukuran pasar,
persaingan, segmen pasar, perilaku konsumen, dan trend pasar.
Data ini dapat diperoleh dari
berbagai sumber, seperti survei pelanggan, laporan industri, analisis data
pasar, dan data dari pesaing bisnis.
Pentingnya Analisa Pasar untuk Kesuksesan Bisnis
Analisa pasar adalah suatu
kegiatan penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah
tentang keadaan pasar.
Kegiatan ini menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang dan juga menjadi dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya.
Manfaat Analisa Pasar
Secara umum, manfaat dari analisa
pasar adalah untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu
produk yang dijual.
- Mendapatkan konsumen. Dengan
melakukan analisa pasar yang benar, Anda akan lebih mudah dalam
mendapatkan konsumen karena produk yang Anda jual sudah sesuai dengan apa
yang dibutuhkan oleh konsumen.
- Melihat persaingan. Anda
bisa mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan pesaing dari bisnis Anda,
sehingga Anda bisa mengalahkan bisinis yang sudah ada.
- Memanfaatkan peluang. Salah
satu cara memanfaatkan peluang bisnis yang ada adalah dengan membedakan
dengan produk yang sudah ada di pasaran. Anda bisa mengetahui peluang apa
yang masih jarang persaingannya dan prospek kedepannya baik.
- Mengurangi risiko. Risiko
mulai dari kegagalam produk hingga gagal bisnis bisa dihindari.
- Rencana jangka panjang. Anda
akan mengetahui langkah-langkah jangka panjang ke depan untuk menjalankan
bisnis sehingga tidak akan kebingungan dalam menentukan langkah untuk bisa
meraih kesuksesan.
- Menjadi tren bisnis. Analisa
pasar yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi bisnis, terutama
memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnis Anda sebagai trend
setter pebisnis lainnya. Jika Anda sudah menjadi trend
setter, penjualan bisnis Anda akan semakin meningkat pesat.
Menentukan pasar yang relevan
Dalam melakukan analisa pasar, langkah pertama yang harus
Anda lakukan adalah memahami pasarnya terlebih dahulu.
Umumnya terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.
Sebagian besar produk yang ada di pasaran memiliki pilihan alternatif lain.
Contohnya saja dalam bidang transportasi umum, Garuda
Indonesia dan Citilink adalah maskapai penerbangan yang bisa menjadi subtitusi
satu sama lainnya.
Analisa pasar untuk identifikasi target potensial
Jika semuanya sudah Anda lakukan,
langkah terakhir adalah melakukan identifikasi konsumen yang potensial guna
menciptakan konsumen yang puas dan loyal dengan produk yang Anda miliki.
Seberapa baik dan tepat analisa
pasar yang Anda lakukan tanpa diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik,
maka hasilnya tidak akan bisa sukses.
DAFTAR
PUSTAKA
Mohamadi, R. F. (2023, januari). Pentingnya
Analisa Pasar untuk Kesuksesan Bisnis Anda. Retrieved from
https://www.jurnal.id/id:
https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-pasar-yang-tepat-untuk-kesuksesan-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar