Nama : Neisya Amelia Putri
NIM : 44222010060
Kode Bisnis : @AE-10
Memahami kunci keberhasilan bisnis : model bisnis dan model bisnis canvas
Memulai suatu bisnis tentu tak hanya sekadar memiliki produk atau layanan yang akan ditawarkan ke pasar. Anda juga perlu tahu siapa pesaing Anda di bidang yang sama, seperti apa produk atau layanan yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat, dan berapa biaya operasional serta modal produk yang perlu Anda keluarkan.
Tujuannya tentu agar bisnis yang Anda bangun tidak salah jalan, target pasar, dan strategi dalam memasarkannya. Jika tidak dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik, maka perkembangan bisnis dapat berisiko berhenti di tengah jalan. Akhirnya, Anda merugi dan modal serta usaha yang dilakukan menjadi sia-sia.
Oleh karena itu, menjabarkan beberapa hal di atas dapat membantu Anda dalam menyusun business model. Tidak perlu terlalu terburu-buru dalam membuatnya, pastikan Anda menyusunnya dengan hati-hati dan terperinci.
Pengertian Business Model
Business model atau model bisnis adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam menentukan perencanaan bisnis. Dengan memiliki business model yang tersusun dan sesuai dengan target perusahaan, maka perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan riset pasar dan melihat peluang lebih baik.
Dalam menyusun business model, perusahaan akan mengidentifikasi target pasar dan layanan atau produk yang dijual, serta biaya yang perlu dikeluarkan dalam menjalankan bisnis tersebut. Perencanaan ini sangat penting bagi suatu bisnis, bahkan untuk bisnis yang sudah mapan sekalipun.
Komponen dalam Business Model
Setiap business model umumnya memiliki komponen yang berbeda. Meski begitu, model bisnis memiliki komponen utama yang pasti dimiliki. Berikut beberapa komponen yang perlu Anda ketahui:
Channels: Komponen ini penting dalam business model karena digunakan untuk menyampaikan produk Anda ke pelanggan melalui komunikasi, distribusi, atau saluran penjualan
Revenue streams: Komponen business model ini menjelaskan apa saja yang bisa menjadi sumber penghasilan perusahaan
Customer segments: Pada bagian ini, Anda akan menjabarkan siapa saja atau kelompok konsumen seperti apa yang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan
Value proposition: Keunggulan yang dimiliki oleh produk perusahaan dibandingkan dengan produk lainnya. Ini adalah komponen yang sangat penting untuk suatu perusahaan
Customer relation: Menjaga hubungan baik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis Anda
Key resources: Pada bagian ini, jabarkan dengan jelas apa saja aset yang dimiliki oleh bisnis. Baik aset keuangan, intelektual, hingga fisik
Key activities: Komponen ini dilakukan untuk mempertahankan dan menyampaikan value proposition yang dikategorikan menjadi tiga, yaitu produksi, pemecahan masalah, dan jaringan
Key partners: Komponen ini merupakan elemen sumber daya dari luar perusahaan agar mencapai key activities yang sudah ditentukan
Cost structure: Komponen biaya menjadi salah satu hal penting yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk dapat menjalankan aktivitas bisnis, sehingga mampu menghasilkan value proposition
Manfaat Business Model
Selain dapat membantu dalam hal menentukan target pasar, keunikan produk, dan apa saja rencana yang perlu dilakukan untuk mencapai target keuntungan perusahaan, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari membuat business model.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar