Muhamad Al Fharisiy
@AE07-Alfharisiy
Pengertian
Pelanggan
Pelanggan atau customer adalah individu atau
organisasi yang membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh
sebuah perusahaan. Dalam konteks bisnis, pelanggan memiliki peran yang sangat
penting karena mereka merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan.
Dalam era digital saat ini, pelanggan berperan sebagai
komunitas yang dapat memberikan umpan balik dan ulasan produk atau layanan
secara publik melalui media sosial dan platform online lainnya. Pengaruh dan
reputasi yang dimiliki pelanggan dapat sangat berpengaruh pada citra dan
kesuksesan perusahaan.
Oleh karena itu, perusahaan harus aktif dalam
berinteraksi dengan pelanggan, mendengarkan masukan mereka, dan merespons
dengan cepat terhadap permintaan atau keluhan. Dengan memahami pentingnya peran
pelanggan, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan
pelanggan. Sehingga menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi dan meningkatkan
potensi kesuksesan jangka panjang perusahaan.
Menjaga
dan Mengahadapi Pelanggan
Menjaga pelanggan merupakan aspek yang sangat penting
bagi bisnis karena memiliki dampak langsung pada kesuksesan dan kelangsungan
perusahaan Anda. Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia yang
berulang kali melakukan pembelian, meningkatkan pendapatan perusahaan.
Selain itu, pelanggan yang puas juga cenderung
merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, berperan sebagai agen
pemasaran tanpa biaya tambahan, meningkatkan citra merek dan menarik calon
pelanggan baru. Selain mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru, menjaga
pelanggan yang ada juga membantu mengurangi risiko perubahan tren pasar atau
persaingan yang ketat.
Menghadapi persaingan yang semakin sengit, memberikan
pengalaman pelanggan yang unggul dan pelayanan yang memuaskan menjadi kunci
untuk mempertahankan dan menarik pelanggan. Sehingga menjaga pelanggan
merupakan pilar penting dalam strategi bisnis jangka panjang.
Karakteristik
Pelanggan
Pelanggan memiliki karakteristiknya masing-masing.
Terdapat enam karakteristik pelanggan, yaitu pelanggan baru, potensial,
impulsif, hemat, loyalitas dan pelanggan yang berkembang.
Berikut masing-masing penjelasan karakteristik
pelanggan.
1. Pelanggan Baru
Pelanggan baru adalah orang yang baru memulai untuk
mencoba gunakan produk/layanan bisnis Anda. Pelanggan baru bisa didapatkan
berdasarkan rekomendasi pelanggan bisnis ataupun bisnis Anda mendapatkan
pelanggan baru sendiri.
Umumnya, karakter pelanggan baru ini mengajukan
berbagai macam pertanyaan mendetail terkait produk. Baik manfaat produk hingga
cara penggunaannya. Maka tidak jarang saat berhadapan dengan pelanggan baru,
mereka akan mengajukan pertanyaan mendetail. Sehingga di sinilah peran staf
Anda untuk menjelaskan produk sehingga mereka mau membeli produk Anda.
2. Pelanggan Potensial
Pelanggan potensial adalah orang yang memiliki
kemungkinan besar untuk menggunakan produk atau jasa Anda karena mereka
memiliki ketertarikan pada bisnis Anda. Sebaiknya, saat menjelaskan tentang
produk dan jasa bisnis, Anda tidak terlihat ragu. Jelaskanlah keunggulan produk
Anda agar mereka lebih tertarik menggunakan produk/jasa bisnis. Hal ini karena
pelanggan potensial berpotensi menjadi pelanggan loyalitas.
3. Pelanggan Impulsif
Pelanggan impulsif adalah orang yang secara mendadak
atau spontan membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda. Dibandingkan
karakteristik lainnya, pelanggan impulsif lebih mudah untuk meyakinkan mereka.
Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan kalimat persuasif atau ajakan untuk
membeli secara berlebihan. Karena mereka cenderung cepat membeli produk yang
mereka inginkan.
4. Pelanggan Hemat
Pelanggan hemat adalah pelanggan yang menyukai promosi
yang sedang berlangsung. Misalnya, terdapat diskon, cashback, potongan harga,
buy 1 get 1, ataupun promo lainnya. Karakteristik pelanggan hemat cenderung
hanya menggunakan produk atau jasa saat terdapat promo saja. Jika tidak, mereka
baru akan menggunakan saat benar-benar membutuhkannya.
5. Pelanggan Loyalitas
Pelanggan loyalitas adalah orang yang cenderung
menggunakan produk atau jasa hanya pada satu brand secara terus-menerus.
Artinya, mereka tidak mudah digoyahkan untuk berpaling pada kompetitor lain.
Pelanggan jenis ini merupakan salah satu karakteristik yang perlu dijaga dan
diperbanyak oleh bisnis. Semakin banyak pelanggan loyalitas, semakin cepat
perkembangan bisnis Anda.
6. Pelanggan Yang Berkembang
Pelanggan yang berkembang hampir sama seperti
pelanggan loyalitas. Pelanggan yang berkembang adalah orang yang menggunakan
produk atau jasa bisnis Anda secara berkelanjutan dan menawarkannya juga kepada
orang lain. Sehingga tanpa diminta, mereka merekomendasikan bisnis Anda kepada
orang-orang terdekatnya. Dengan begitu, semakin banyak potensi pelanggan Anda.
Daftar
Pustaka
https://www.barantum.com/blog/pelanggan-adalah/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar