September 21, 2023

Pemahaman Pelanggan Dalam Kewirausahaan

Muhamad Al Fharisiy

@AE07-Alfharisiy


Pengertian Pelanggan

Pelanggan atau customer adalah individu atau organisasi yang membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Dalam konteks bisnis, pelanggan memiliki peran yang sangat penting karena mereka merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan.

Dalam era digital saat ini, pelanggan berperan sebagai komunitas yang dapat memberikan umpan balik dan ulasan produk atau layanan secara publik melalui media sosial dan platform online lainnya. Pengaruh dan reputasi yang dimiliki pelanggan dapat sangat berpengaruh pada citra dan kesuksesan perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus aktif dalam berinteraksi dengan pelanggan, mendengarkan masukan mereka, dan merespons dengan cepat terhadap permintaan atau keluhan. Dengan memahami pentingnya peran pelanggan, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan. Sehingga menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi dan meningkatkan potensi kesuksesan jangka panjang perusahaan.

 

Menjaga dan Mengahadapi Pelanggan

Menjaga pelanggan merupakan aspek yang sangat penting bagi bisnis karena memiliki dampak langsung pada kesuksesan dan kelangsungan perusahaan Anda. Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia yang berulang kali melakukan pembelian, meningkatkan pendapatan perusahaan.

Selain itu, pelanggan yang puas juga cenderung merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, berperan sebagai agen pemasaran tanpa biaya tambahan, meningkatkan citra merek dan menarik calon pelanggan baru. Selain mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru, menjaga pelanggan yang ada juga membantu mengurangi risiko perubahan tren pasar atau persaingan yang ketat.

Menghadapi persaingan yang semakin sengit, memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan pelayanan yang memuaskan menjadi kunci untuk mempertahankan dan menarik pelanggan. Sehingga menjaga pelanggan merupakan pilar penting dalam strategi bisnis jangka panjang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Karakteristik Pelanggan

Pelanggan memiliki karakteristiknya masing-masing. Terdapat enam karakteristik pelanggan, yaitu pelanggan baru, potensial, impulsif, hemat, loyalitas dan pelanggan yang berkembang.

Berikut masing-masing penjelasan karakteristik pelanggan.

1. Pelanggan Baru

Pelanggan baru adalah orang yang baru memulai untuk mencoba gunakan produk/layanan bisnis Anda. Pelanggan baru bisa didapatkan berdasarkan rekomendasi pelanggan bisnis ataupun bisnis Anda mendapatkan pelanggan baru sendiri.

Umumnya, karakter pelanggan baru ini mengajukan berbagai macam pertanyaan mendetail terkait produk. Baik manfaat produk hingga cara penggunaannya. Maka tidak jarang saat berhadapan dengan pelanggan baru, mereka akan mengajukan pertanyaan mendetail. Sehingga di sinilah peran staf Anda untuk menjelaskan produk sehingga mereka mau membeli produk Anda.

2. Pelanggan Potensial

Pelanggan potensial adalah orang yang memiliki kemungkinan besar untuk menggunakan produk atau jasa Anda karena mereka memiliki ketertarikan pada bisnis Anda. Sebaiknya, saat menjelaskan tentang produk dan jasa bisnis, Anda tidak terlihat ragu. Jelaskanlah keunggulan produk Anda agar mereka lebih tertarik menggunakan produk/jasa bisnis. Hal ini karena pelanggan potensial berpotensi menjadi pelanggan loyalitas.

3. Pelanggan Impulsif

Pelanggan impulsif adalah orang yang secara mendadak atau spontan membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda. Dibandingkan karakteristik lainnya, pelanggan impulsif lebih mudah untuk meyakinkan mereka. Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan kalimat persuasif atau ajakan untuk membeli secara berlebihan. Karena mereka cenderung cepat membeli produk yang mereka inginkan.

4. Pelanggan Hemat

Pelanggan hemat adalah pelanggan yang menyukai promosi yang sedang berlangsung. Misalnya, terdapat diskon, cashback, potongan harga, buy 1 get 1, ataupun promo lainnya. Karakteristik pelanggan hemat cenderung hanya menggunakan produk atau jasa saat terdapat promo saja. Jika tidak, mereka baru akan menggunakan saat benar-benar membutuhkannya.

5. Pelanggan Loyalitas

Pelanggan loyalitas adalah orang yang cenderung menggunakan produk atau jasa hanya pada satu brand secara terus-menerus. Artinya, mereka tidak mudah digoyahkan untuk berpaling pada kompetitor lain. Pelanggan jenis ini merupakan salah satu karakteristik yang perlu dijaga dan diperbanyak oleh bisnis. Semakin banyak pelanggan loyalitas, semakin cepat perkembangan bisnis Anda.

 

 

6. Pelanggan Yang Berkembang

Pelanggan yang berkembang hampir sama seperti pelanggan loyalitas. Pelanggan yang berkembang adalah orang yang menggunakan produk atau jasa bisnis Anda secara berkelanjutan dan menawarkannya juga kepada orang lain. Sehingga tanpa diminta, mereka merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekatnya. Dengan begitu, semakin banyak potensi pelanggan Anda.

 

Daftar Pustaka

https://www.barantum.com/blog/pelanggan-adalah/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar