Oleh Mellati Febriyanti @AA32-Mellati
Di Era digital saat ini, berbisnis sangatlah mudah dilakukan oleh siapapun. Bermodalkan data internet dan handphone, setiap orang bisa menyampaikan ide bisnisnya. Media sosial adalah salah satu contoh wadah mempromosikan produk yang minim biaya. Ada 5 tipe dasar bisnis menurut Allen (2019) yang menjadi dasar pemula untuk memulai ide bisnis :
1.
Content-Based Business
Tujuan dari bisnis berbasis konten adalah menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dengan menawarkan konten spesifik dalam bentuk digital. Konten ini dapat mencakup resep, artikel, video, webinar, panduan, dan lainnya. Tantangan terbesar dalam jenis bisnis ini adalah menemukan topik yang tepat dan butuh upaya untuk terus memperbarui konten.
2.
Community-Based Busines
Komunitas bisnis menambah nilai dengan
menyediakan forum diskusi dan konten khusus, yang sebagian besar dibuat oleh
pengguna.
3.
Online Store
Toko online, seperti yang kita ketahui saat ini, adalah platform untuk menjual barang atau jasa. Memulai bisnis ini bisa dengan bekerjasama dengan pengusaha lain yang memiliki produk bagus tapi tidak tahu cara memulai toko online. Online store dapat mengumpulkan data secara bertahap untuk mendapatkan wawasan tentang preferensi konsumen dan menemukan peluang untuk meningkatkan atau meningkatkan penjualan atau bahkan berlangganan.
4. Matchmaking Business
Tujuan dari Matchmaking Business adalah
untuk menyatukan kelompok orang yang sebelumnya tidak dikenal. Tentu saja,
bisnis ini tidak hanya terbatas pada platform perjodohan, tetapi juga dapat
menjadi platform yang menghubungkan siswa dan tutor, babysitter dan orang tua
dari konsumen yang membutuhkan babysitter, atau bahkan antara penata
rambut/makeup artis dan konsumen yang membutuhkan jasa. Biasanya, perusahaan
ini menghasilkan pendapatan dari langganan atau biaya transaksi ketika berhasil
mempertemukan dua pihak yang saling membutuhkan.
5. Promotion Business
Bisnis Promosi bertujuan
untuk menarik pelanggan baru ke bisnis yang sudah ada. Sebagian besar bisnis
yang sudah ada tertarik untuk mendapatkan pelanggan baru, namun cara
mendapatkan pelanggan baru di dunia digital ini bisa sangat membingungkan bagi
pengusaha kecil menengah atau pemula. Bisnis Promosi dapat menarik pelanggan
baru dan membuat mereka menghubungi perusahaan, mengunduh informasi, menawarkan
kupon atau penawaran khusus.
Menarik bukan ? Apakah
kawan - kawan Teknokreatif tertarik untuk mecoba ?
Daftar Pustaka :
Allen, J.A . (2019). Digital Entrepreneurship. New York: Routledge
Etsa, A.S. Kewirausahaan Digital
(Digital Enterpreneurship). Binus University : Entrepreneurship-Business
Creation.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar