Oleh : Sarah Valiziane Hidayat (@AA40-Sarah)
Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang digunakan sebagai landasan, kiat dalam bisnis, atau peningkatan kehidupan di zaman sekarang ini. Bagaimana pemasaran digital dapat diterapkan secara efektif? Pemasaran melalui internet Menurut (Kotler, 2008), pemasaran online (e-marketing) adalah media pemasaran online yang dapat diakses melalui komputer dan modem internet. Menurut Urban (2004:2), pemasaran digital adalah jenis pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi informasi untuk melengkapi dan memperluas fungsi pemasaran tradisional. Definisi ini berfokus pada semua bentuk pemasaran tradisional. Kami juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti "pemasaran interaktif", pemasaran satu-ke-satu dan "pemasaran elektronik" terkait erat dengan "pemasaran digital".
Pemasaran digital juga dikenal sebagai pemasaran online, mencakup semua upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk atau layanan melalui Internet atau jaringan online. Produk yang dipasarkan bisa milik sendiri atau milik orang lain (afiliasi), dengan persentase pembagian komisi (sistem persentase). Internet marketer biasa disebut sebagai Internet Marketer.
Untuk memahami pemasaran digital, kita harus terlebih dahulu
memahami karakteristik internet, khususnya:
A. Ini cepat, yang berarti sesuatu terjadi dengan sangat
cepat.
B. Berubah dengan cepat, artinya internet kemarin tidak sama
dengan internet sekarang. Ini dapat diartikan jaringan internet terus
diperbarui.
C. Perkembangannya signifikan. Dalam hal ini, perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras sangat pesat dan dihasilkan dari digitalisasi.
Strategi pemasaran digital adalah jenis promosi yang dilakukan secara digital atau di internet. Untuk melakukannya, pertama-tama kita harus mengidentifikasi dan memahami jenis atau jenis pemasaran internet. Ini adalah jenis-jenisnya:
● Banner
Advertisement (beriklan melalui spanduk). Jenis pemasaran internet ini
terdiri dari file grafik yang dilampirkan ke situs web penyedia iklan atau
situs web lain. Pengunjung diarahkan ke situs web atau halaman blog
perusahaan melalui iklan spanduk. Dalam hal ini, desain grafis harus disajikan
dengan cara yang semenarik mungkin.
● Jenis
kedua adalah sponsorship. Jenis pemasaran internet ini memerlukan
kegiatan ini untuk menarik calon pembeli agar membeli produk dari perusahaan.
Jenis pemasaran internet ini melibatkan pemasaran melalui email.
Dengan mendistribusikan atau mengirimkan email perusahaan secara langsung
kepada calon pelanggan atau calon pembeli dalam bentuk email penawaran reguler
atau buletin. Lebih baik bagi perusahaan untuk memberikan informasi
tentang produknya tanpa kesan paksaan. Hal ini dilakukan agar calon
konsumen dapat mengambil keputusan terbaik dalam menanggapinya.
● Kemitraan
/ Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi). Jenis pemasaran
internet ini memanfaatkan pengiklan.
● Search
Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari). Netter biasanya
mencari informasi menggunakan mesin pencari seperti Google. Sangat
penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa itu dapat ditemukan di pencarian
Google.
● Social Media Networking (metode pemasaran menggunakan situs jejaring sosial). Situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya dapat menjadi alat pemasaran elektronik yang efektif. Menggunakan situs jejaring sosial untuk menunjukkan atau mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi adalah cara yang efektif dan ampuh untuk menarik calon pembeli.
Banyak keuntungan yang akan didapatkan apabila strategi pemasaran
digital dapat berjalan dengan baik. Kita sebagai wirausahawan harus mampu
menyeleksi dan mengidentifikasi target pasar dan juga strategi terbaik untuk
produk dan usaha yang kita jalani. Strategi pemasaran digital menjadi hal yang
menguntungkan ketika kita mengetahui aspek-aspek didalamnya. Tidak hanya itu,
dari keuntungan yang ada tentu ada kekurangan didalamnya. Dengan terus belajar
dan berinovasi, kita tentu bisa melewati segala tantangan yang ada.
Meningkatkan skill dalam strategi pemasaran digital mampu mencapai aspek secara
global. Pemasaran secara online memungkinkan kita untuk menemukan pasar baru
untuk produk yang kita promosikan.
DAFTAR PUSTAKA
Prayitno, A. (2020, July 18). Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli, Strategi, dan Perkembangannya di Indonesia. https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli-strategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/
Dwihani, T.S. (2021, January 20). Apa Sih Keuntungan Digital
Marketing 4.0? https://bbs.binus.ac.id/gbm/2021/01/20/apa-sih-keuntungan-digital-marketing-4-0/#:~:text=Dalam%20bukunya%2C%20Kotler%20menyatakan%20bahwa,offline%20antara%20perusahaan%20dan%20pelanggannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar