Nama : Sufyaan Gymnastiar
NIM : 46122010022
Aji Handoko adalah Chief Executive Officer dari sebuah merk
sepatu local buatan Indonesia yaitu ‘Sepatu Compass’. Aji Handoko lahri di Jakarta, 13 Juli 1988 Aji
Handoko Purbo mengawali karirnya dengan memiliki usaha clothing line. Dan pada tahun 2012 dirinya diminta untuk mengembangkan produk
sepatu merek ARL milik Ariel Noah. Pada saat itu, dirinya mencoba menjalin kerja sama
dengan pabrikan sepatu. Karena dianggap masih pemula, banyak pabrikan sepatu
menolak untuk kerja sama. Hingga tahun 2017, dirinya dilanda kebingungan, namun salah satu
temannya mencoba memperkenalkan dirinya dengan Gunawan Kahar yang merupakan
pemilik sepatu compass. Pada saat itu, sepatu compas sudah hampir gulung tikar. Namun,
dari pertemuan Aji Handoko Purbo dan Gunawan Kahar menghasilkan sebuah
ide mengembangkan kembali sepatu compass. Gunawan pun mempercayai Aji untuk mengurusi ranah
kreatif juga bisnis sepatu miliknya itu. Dan Tahun 2018, compass melakukan re
branding yang hasilnya adalah salah satu merek sepatu lokal yang selalu laku di
pasaran, dan memiliki basis penggemar.
Setelah Aji Handoko memperkenalkan sepatu Compass ke
publik, benar saja publik langsung heboh dan sepatu Compass mulai dikenal oleh
banyak orang. Namun tidak berhenti disitu, Aji kemudian mengandeng
influencer sekaligus social media manager S.O.C yaitu Bryant
Notodiharjo. Artikel kolaborasi ini dinamai Bravo 001, artikel sepatu Compass
Bravo dirilis secara offline di Senayan City, Jakarta pada tanggal 7 Februari
2019 dalam event Jakarta Sneakers Day. Sepatu kolaborasi ini hanya di produksi berjumlah 100
pasang dan sold out dalam jangka waktu 1,5 jam. Karena keterbatasan jumlah
stok membuat artikel Bravo 001 menjadi langka dan menembus harga resell 5 juta
rupiah, benar-benar gila bukan. Padahal harga asli artikel kolaborasi ini
adalah 398.000. Setelah melakukan kolaborasi dengan Bryant Notodiharjo sepatu
Compass semakin banyak diburu sneakers head lokal. Kolaborasi-kolaborasi lain
sepatu compass:
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Elderscompany.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Pot Meets Pop.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Oldblue co.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Mata Najwa.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan bank BCA.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan anggota band
Kelompok Penerbang Roket dirilis di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung,
Surabaya, Denpasar, dan Makassar.
- Kolaborasi dengan Bryant Notodiharjo menghasilkan
Bravo 002 dan dilelang di instagram sepatu compass mencapai angka lelang
55.555.000.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan The Genjots,
komunitas pesepeda di Jakarta.
- Kolaborasi dengan brand fashion Jepang yang sudah
go internasional Fxxkingrabbits.
- Kolaborasi sepatu Compass dengan Bbq Mountain Boys
menghasilkan 2 artikel, yang akan dirilis pada hari esok yaitu 1 april 2021.
Karena desain produk yang unik serta kualitas yang
tidak kalah dari produk luar sepatu Compass banyak diminati oleh semua
kalangan. Namun hal itu berbanding terbalik dengan jumlah produksi sepatu compass
yang masih sedikit karena aji berusaha menjaga nilai perusahaan yang sudah
berlaku puluhan tahun. Spirit kekeluargaan tetap dipertahankan baik produksi dan
pemasaran. Spirit dan nilai perusahaan inilah yang membawa aji untuk
menggunakan tagline "Sepatu Rakyat" dan juga "Teman
Compass" bagi pecinta sepatu compass. Banyaknya peminat yang berbanding terbalik dengan
jumlah produksi yang minim membuat harga sepatu Compass bisa diresell dengan
harga yang berlipat ganda dengan harga aslinya hal tersebut juga membuat sepatu
Compass langka dan sangat istimewa apabila memilikinya. Saat ini sepatu
Compass masih banyak dicari oleh berbagai kalangan dengan latar belakang yang
bermacam-macam mereka bahkan rela membeli sepatu Compass dengan harga yang
tinggi untuk mendapatkan sepatu langka dan istimewa ini. Aji Handoko dan sepatu
Compass sudah mulai menaikkan tingkat produksi dan berinovasi dengan
desain-desain menarik lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar