Maret 13, 2023

Peranan Konsumen Dalam Produk (Clothing Baju)

Rafanji Apriansyah (@AA49-Rafanji)





Abstrak


Konsumen adalah pembeli barang dari suatu produk yang kita jual. Adanya konsumen sangat penting dan berarti pada para penjual. Pada artikel ini saya memiliki gagasan bahwa konsumen bukan hanya sekedar menjadi pembeli saja, melainkan dapat berperan dan memiliki andil dalam produk tersebut. Apalagi ketika konsumen tersebut memiliki keinginan atau keahlian dalam keterkaitan antara produk yang kita miliki. 

Tidak sedikit orang yang memiliki keahlian menggambar atau mem foto menjadi sia-sia. Adanya gagasan ini membuat keahlian tersebut menjadi tidak sia-sia dengan turut andilnya keahlian konsumen menjadi suatu produk yang bisa berguna. Dapat dihargai dan menjadi tujuan utama dari gagasan ini. Bukan hanya dari hasil keahlian konsumen saja melainkan adanya produk lain yang menjadi suatu ciri khas dari perusahaan tersebut.

Bukan hanya sekedar adanya jual beli terhadap suatu produk tetapi adanya gagasan ini membuat keahlian menjadi berkembang dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia menjadi lebih meningkat dari sebelumnya. 


Pendahuluan


Banyak sekali orang yang memiliki usaha bisnis diberbagai bidang di Indonesia ini, mulai dari bisnis barang, makan bahkan jasa sekalipun. Walaupun sudah banyak pengusaha dan pembisnis di Indonesia ini, tetapi tidak sedikit dari mereka yang memiliki ide dan konsep yang sama atau monoton. Malah ada saja yang menyalin atau menyontek konsep orang lain dan di pakai oleh dia tanpa memodifikasinya sama sekali. Maka dari itu adanya gagasan ini bukan lahir dari salinan konsep orang lain melainkan datang dari kepala penulis.

Terutama pada bidang clothing, banyak sekali pembisnis ataupun pengusaha yang lebih mengutamakan di bidang ini. Walaupun banyak bukan berarti semakin bervariatif, memang banyak gagasan baru dan lebih kreatif tetapi tidak sedikit juga yang meng salin konsep maupun design yang ada di brand clothing an tertentu. Hal ini menjadikan turunnya nilai esensi dari produk tersebut. Salah satu cara yang di lakukan dengan menjaga keaslian produk tersebut adalah dengan meningkatkan kepopuleran produknya. Solusi ini tidak mudah sekali didapatkan dan pada akhirnya produk itu tetap menjadi suatu produk yang dapat dengan mudah di salin keasliannya.

Ada solusi yang ditawarkan oleh gagasan ini, bukan berarti gagasan ini menjadi satu –satunya solusi melainkan gagasan ini bisa menjadi referensi dari kebanyakan solusi yang ada. Selain itu tidak sedikit orang yang ada di Indonesia ini memiliki keahlian khusus yang tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Bahkan keahliannya ini di tutup-tutupi, tidak di publish yang lebih sedihnya lagi keahlian itu dinikmati olehnya sendiri. Dengan adanya ini setidaknya keahlian yang dimiliki oleh orang tersebut tidak terlalu menjadi sia-sia. Bahkan bisa saja keahlian yang dimiliki semakin berkembang dan dapat bermanfaat bagi diri si pribadi maupun sekitarnya. 


Pembahasan


Berbisnis pada bidang clothing baju bukan hanya mengandalkan kualitas dari poduk yang disajikan saja melainkan dari design yang menarik bagi para konsumen. Apabila kualitas yang di sajikan bagus dan designnya juga menarik maka banyak konsumen yang akan membelinya walaupun tidak menjamin tetapi jika dibandingkan dengan design yang kurang menarik ataupun kualitas yang kurang maka pembeli akan terlihat signifikan sedikitnya. Kedua hal itu sangat penting disamping dengan promosi yang dilakukan, apabila salah satu dari kedua elemen tersebut kurang maka konsumennya juga akan sedikit. 

Salah satu cara yang ditawarkan adalah dengan meningkatkan kualitas dari design suatu produk tersebut. Cara ini sangat monoton dilakukan oleh kebanyakan orang dan apabila kualitas design yang ditawarkan tersebut masih kurang menarik maka tidak banyak sekali cara yang akan dilakukan kecuali dengan meningkatkan promosi. Pembahasan disini akan sedikit mengkesampingkan soal promosi. 

Gagasan utama yang akan dibahas adalah mengenai peranan bagi konsumen tersebut dalam produk yang ingin dimilikinya. Dalam gagasan ini kualitas dari produk baju yang dihasilkan harus sangat berkualitas dan di sesuaikan dengan keadaan. Bisa saja kualitasnya yang hangat berarti tebal ataupun yang dingin berarti sedikit lebih tipis.kualitas ini harus sangat-sangat di perhatikan. Tidak hanya peranan dari konsumen dalam designnya saja, tetapi terdapat opsi dengan baju dan design yang sudah jadi dan ditawarkan dari perusahaan ini. Jadi banyak opsi yang di tawarkan bagi konsumen. Hanya mau membeli saja seperti dikebanyakan perusahaan atau turut berperan dalam produk yang akan dimilikinya.

Pertama, konsumen dapat berperan dalam bidang design dengan menggambar secara langsung dan dikirim untuk dicetak pada produk yang akan dimilikinya. Berbagai gambar dapat di salurkan kedalam produk baju ini tanpa terkecuali. Mulai dari gambar yang di gambar dengan niat maupun gambar yang sengaja dibuat untuk bercandaan. Apabila design gambar yang mau di gambarkan oleh konsumen sangat menarik, maka kita akan meminta izin untuk mencetak lebih serta memasukan kedalam design tetap. Itu menjadi sebuah apresiasi bagi konsumen yang memiliki design gambar yang menarik.

Kedua, konsumen dapat berperan dalam bidang design tetapi melalui foto yang sudah di milikinya. Mulai dari foto pemandangan maupun foto pribadi dari konsumen yang ingin di cetak kedalam produk baju tersebut. Dalam beberapa kali akan ditawarkan lomba foto untuk dimasukan kedalam produk dengan tawaran hadiah tentunya. Hadiah yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari yang awal yaitu dengan mencetak kembali dan menjadikan design tetap pada produk ini.



Kesimpulan


    Turut berperan dari produk yang akan dimilikinnya menjadikan gagasan ini sangat menarik dan bukan hanya menarik melainkan juga mengembangkan keahlian dari konsumen dalam bidang design gambar dan foto. Keahlian ini akan menjadikan konsumen lebih percaya diri dan akan sangat bermanfaat apabila dikembangkan secara terus menerus. Dari sisi perusahaan gagasan ini akan sangat menarik minat dari konsumen karena memberdayakan keahlian yang dimiliki konsumen tersebut. Semakin banyak ketertarikan dan keingintahuan sangat berdampak positif bagi perusahaan itu sendiri.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar