Maret 12, 2023

 

Nama: Chintya Putri Maharani

Nim: 46122010012


KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN MAHASISWA



Kewirausahaan menurut KBBI berasal dari dua kata, yaitu wira dan usaha. Wira merupakan pahlawan laki-laki dan usaha adalah kegiatan yang mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud. Jadi, kewirausahaan adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan ide pikiran dengan cara terbaiknya agar memiliki nilai yang sama dalam kehidupan. Kewirausahaan melibatkan banyak sumber daya sehingga dapat menciptakan suatu ide sehingga bisa menjadi lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan.

Berikut jenis-jenis kewirausahaan:

1.      1. Kewirausahaan usaha kecil

2.      2.  Kewirausahaan perusahaan besar

3.      3. Kewirausahaan startup yang skalabel

4.     4.  Kewirausahaan sosial

5.      5.  Kewirausahaan yang inovatif

6.     6.  Kewirausahaan hustler

7.      7. Kewirausahaan peniru

8.      8.  Kewirausahaan peneliti

9.       9. Kewirausahaan pembeli

Dari beberapa jenis yang disebutkan, kita bisa menyesuaikan ingin ke jenis manakah usaha yang akan kita lakukan. Dan dengan niat kita ingin terjun ke dunia wirausaha pastinya kita harus tau bagaimana syarat menjadi wirausahawan, seperti:

1.      -Memiliki sikap dan mental yang positif

Dengan memiliki sifat tersebut, kita bisa ,menjalankan usaha kita dengan lancar tanpa ada distraksi negative yang akan menghancurkan usaha yang sedang kita jalani.

2.     - Memiliki keahlian dibidangnya

Memilih usaha yang sesuai dengan apa yang kita minati pastinya kita akan menjalani usaha tersebut dengan senang hati tanpa ada paksaan, dan juga akan lebih mudah dalam mengelola bisnis tersebut karna kita mempunyai keahlian dan paham di bidang tersebut.

3.   -  Mempunyai daya pikir yang kreatif dan rajin mencoba inovasi yang baru

Memiliki sifat kreatif dan inovatif merupakan salah satu hal yang penting. Dengan memiliki sifat tersebut, kita akan mempunyai ide bisnis yang bervariatif dan itu akan menarik daya tarik konsumen untuk membeli produk kita.

4.      -Memiliki semangat juang

Sifat yang harus dimiliki wirausahawan berikutnya adalah semangat juang, itu membuat kita termotivasi kedepannya dalam menjalankan usaha. Jadi, jika kita mengalami kegagalan dalam berbisnis kita masih mempunyai alasan dan motivasi juang untuk tetap mencoba usaha usaha yang kita jalani

5.      -Mampu mengantisipasi berbagai resiko dan persaingan

Berkorelasi dengan poin ke-4, bisa mengantisipasi persaingan juga hal yang dibutuhkan. Memiliki banyak pesaing merupakan hal yang biasa di dunia bisnis, kita hanya perlu bertahan dan fokus untuk mengembangkan produk yang kita jual agar tidak kalah saing dengan pembisnis yang lain.

     Dengan dipaparkannya dasar kewirausahaan, selanjutnya saya akan membahas judul yang bawakan sebagai contoh.

Memasuki jenjang pendidikan di universitas tentulah tidak mudah, banyak langkah dan pertimbangan yang dilalui para mahasiswa pastinya. Terutama soal biaya, tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk memasuki univeritas negeri ataupun swasta.

 Dengan hal tersebut, beberapa mahasiswa pasti mempunyai banyak pengeluaran yang melebihi dari batas bulanan yang diberi orangtua dari mahasiswa tersebut. Mereka merasa enggan jika meminta uang yang lebih karna beberapa faktor seperti sudah menyewa kost terutama yang berkuliah di luar kota dan uang kuliah yang cukup besar.

Oleh karena itu beberapa mahasiswa mencoba untuk membuat bisnis kecil seperti menjual aplikasi premium, affiliate, jastip(jasa titip), jasa isi questioner atau responden, dan lain lainnya yang tidak mengeluarkan modal terlalu besar. Yang dihasilkan dari bisnis tersebut pun tidak begitu besar, dikarenakan juga modal yang dikeluarkan juga tidak banyak. Cara melalukan bisnis tersebut juga terbilang mudah, hanya menggunakan smartphone kamu sudah bisa mempunyai bisnis. Dengan mencoba bisnis kecil tersebut, pastinya mereka akan memiliki pengalaman dasar dalam menjalankan bisnis, yang dimana itu bisa menjadi pondasi awal untuk ke langkah yang lebih besar dan serius.

 

 

                                                     DAFTAR PUSTAKA

https://www.kompasiana.com/tarie.wizie/5528767ff17e61ae528b45c2/artikel-tentang-kewirausahaan

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/#Pengertian_Kewirausahaan

https://accurate.id/bisnis-ukm/jenis-kewirausahaan/

http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196407071989012-ISAH_CAHYANI/2._PRESENTASI_MATA_KULIAH_KEWIRAUSAHAAN_1.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar