Ryan Setya Rama
(@V17-RYAN)
ABSTRAK
Promosi adalah semua
kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu
produk kepada pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan,
kegunaan dan yang paling penting adalah tentang keberadaannya, untuk mengubah
sikap ataupun untuk mendorong orang untuk bertindak dalam membeli suatu produk.
Dalam artikel ini membahas, promosi berpengaruh positif dan signifikan sangat
kuat terhadap peningkatan penjualan. Hal ini menujukan bahwa dengan
dilakukannya promosi yang tepat maka peningkatan penjualan. Korelasi hubungan
variabel promosi dengan peningkatan penjualan dapat diasumsikan secara
kualitatif bahwa korelasi antara promosi dengan peningkatan penjualan berada
pada kategori positif sangat kuat.
Kata kunci: Keuntungan, Peningkatan,
Promosi.
PENDAHULUAN
Semakin
banyaknya pesaing dalam dunia usaha yang sama membuat konsumen mempunyai banyak
pilihan yang diberikan oleh perusahaan, sehingga konsumen akan lebih selektif
dalam menentukan pilihan produk yang diinginkannya. Hal ini menyebabkan semakin
pentingnya bagian pemasaran bagi perusahaan. Biasanya, bagian pemasaran
mengkoordinir tugas-tugas pada bagian lain dalam perusahaan secara informal.
Promosi
merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan perusahaan dalam memasarkan
produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Sedangkan promosi sendiri
dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk
mengendalikan seseorang/organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran
dalam pemasaran (Swastha, 2010). Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan
meliputi: periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas.
Keseluruhan kegiatan promosi harus dibuat sedemikian rupa agar mempunyai dampak
komunikasi yang maksimum bagi perusahaan.
Tujuan
utama dari promosi yang dilakukan oleh perusahaan secara mendasar adalah
memberikan informasi untuk menarik perhatian dan selanjutnya memberi pengaruh
pada meningkatnya penjualan (Alma, 2013). Kegiatan promosi juga harus sejalan
dengan rencana pemasaran yang diarahkan dan dikendalikan untuk mengembangkan
laju perusahaan (Mukodim, 2015). Pada umumnya tujuan perusahaan adalah untuk
memperoleh laba, besar kecilnya laba yang dapat dicapai merupakan ukuran
kesuksesan manajemen dalam mengelola perusahaannya.
PERMASALAHAN
Berdasarkan
uraian di atas, perusahaan harus melakukan strategi yang tepat untuk
meningkatkan keuntungan karena tujuan perusahaan pada dasarnya adalah untuk
memperoleh laba, berapa pun laba yang didapat merupakan sebuah pencapaian yang
baik bagi manajemen dalam mengelolanya. Salah satu hal yang bisa dilakukan
untuk meningkatkan laba adalah melakukan promosi. Saat ini, straregi promosi
yang menarik sangat diperlukan karena sudah banyak perusahaan yang memiliki
bisnis yang sama. Oleh karena itu, bagaimanakah pengaruh promosi dalam
meningkatkan laba penjualanan perusahaan?
PEMBAHASAN
- Promosi
- Peningkatan Penjualan
· Hubungan
Promosi dan Peningkatan Penjualan
Pada umumnya
perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan volume penjualan akan
melakukan kegiatan promosi melalui iklan, personal selling, pemasaran langsung
ataupun yang lainya. Apabila penjualan dirasakan cukup besar sesuai dengan yang
diinginkan serta cukup mantap, biasanya perusahaan menurunkan kegiatan promosi
atau sekedar mempertahankannya. Akan tetapi seringkali terjadi penurunan
penjualan sewaktu perusahaan menghentikan atau mengurangi kegiatan promosi. Hal
ini disebabkan karena beberapa kemungkinan, misalnya konsumen kehilangan daya
tarik, produk mulai terlupakan dan tergeser oleh produk pesaing yang masih
gencar melakukan promosi dan lain-lainya.
Promosi memang
sangat erat hubunganya dengan penjualan, semakin baik promosi yang dilakukan
maka peningkatan penjualan juga semakin besar. Salah satu tujuan dari
diadakannya promosi adalah untuk meningkatkan penjualan sehingga sudah tentu
keduanya ada hubungan.
KESIMPULAN
Promosi
merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam perusahaan karena promosi
apabila dilaksanakan dengan tepat, maka akan dapat menigkatkan peningkatan
penjualan. Promosi menimbulkan keuntungan terhadap merek. Promosi bukan saja
meningkatkan penjualan tapi juga dapat menstabilkan produksi. Oleh karena itu
produk tersebut haruslah diperkenalkan kepada konsumen. Upaya untuk
memperkenalkan produk itu kepada konsumen merupakan awal dari kegiatan promosi.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep
Afia. (2022). Modul 9 Kewirausahaan 3: Marketing Development, Advertisement, Digitalization and Modernization (Utilizing relevant software and tool
inline with productivity).
Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Paputungan, D. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap
Peningkatan Penjualan Pada Pt. Columbia Kotamobagu. Jurnal Administrasi
Bisnis UNSRAT.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/17519
Tidak ada komentar:
Posting Komentar