Muhammad Fikri Aditya 41619010033 (@V03-FIKRI)
Dalam arti kata orientasi pasar mencerminkan filosofi suatu organisasi untuk mengindentifikasi dan memenuhi keinginan konsumen dengan menjadi lebih adaptif dalam menanggapi kondisi pasar.
Orientasi pasar adalah pendekatan bisnis di mana proses pengembangan dan
penciptaan produk difokuskan pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Ini adalah
jenis teknik orientasi pemasaran yang merancang produk dengan kualitas yang
diinginkan pelanggan, yang
sama sekali berbeda dari pendekatan pemasaran konvensional.
Cara Kerja Orientasi Pasar
Orientasi pasar lebih merupakan pendekatan terhadap desain produk
daripada promosi. Ini berarti bahwa prioritasnya adalah menganalisis target audiens
dan menentukan kebutuhan mereka alih-alih melakukan aktivitas promosi atau
penjualan apa pun. Kebutuhan tersebut tetap diingat saat mengembangkan dan
meningkatkan penawaran produk.
Organisasi yang berorientasi pasar menggunakan pendekatan yang berpusat
pada pelanggan, yang berarti bahwa kekhawatiran yang paling mendesak, kebutuhan
mendesak, dan preferensi pribadi dari basis konsumen harus diteliti.
Strategi harus difokuskan pada nilai-nilai, budaya, dan sifat-sifat
perilaku lainnya dari basis konsumen. Dengan demikian, upaya pengembangan
organisasi difokuskan pada karakteristik yang paling banyak dituntut. Hal ini
memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan pasar yang berbeda dan
meningkatkan daya saing.
Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap
Kinerja Usaha
Orientasi pasar membantu
perusahaan menentukan strategi dan pendekatan untuk memahami pasar. Perusahaan
yang berorientasi pasar akan memiliki kinerja yang lebih baik dalam memahami
pelanggan dan pesaingnya (Lings dan Greenley, 2009). Orientasi pasar yang
diterapkan akan membentuk hubungan dengan pelanggan yang lebih baik yang dapat
meningkatkan hasil kinerja penjualan, pertumbuhan, pangsa pasar dan profit. Orientasi
pasar memberikan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan, dan bisnis yang
mengadopsi orientasi pasar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang
lebih baik (Grainer dan Padanyi, 2005). Orientasi pasar memiliki efek langsung
terhadap kinerja perusahaan bukan hanya pada hasil pemasaran, tetapi orientasi
pasar telah menjadi unsur penting yang telah menjembatani penelitian antara
pemasaran dan manajemen.
perusahaan yang mampu
meningkatkan orientasi pasar akan meningkatkan kinerjanya di pasar. Ciri
perusahaan yang menerapkan orientasi pasar dapat dilihat dari seberapa besar
pemahaman mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini dan masa depan
serta menggunakan kemampuan mereka untuk menawarkan solusi kebutuhan yang lebih
unggul daripada pesaing. Kirca, Jayachandran, dan Bearden (2005) menyatakan
bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap kinerja organisasi secara
keseluruhan. Jain dan Bhatia (2007) melakukan penelitian terhadap 600 Chief
Executive Officers, Chief Marketing Officer, dan Senior Officers pada
perusahaan manufaktur di New Delhi, India dan memperoleh temuan bahwa orientasi
pasar memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan penjualan, market share
dan kepuasan konsumen. Dengan demikian, budaya orientasi pasar yang diterapkan
pada suatu perusahaan berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan, pertumbuhan,
dan profit perusahaan.
Keuntungan Orientasi Pasar
- Sebagian besar konsumen juga berhubungan dengan tren pasar, dan dengan jelas memahami kebutuhan dan aspirasi mereka. Melakukan analisis data dapat mengungkapkan tren dan keinginan yang tidak eksplisit. Ini dapat berperan penting dalam mengantisipasi kebutuhan konsumen dan mengadaptasi organisasi yang berorientasi pasar sebagai organisasi yang membentuk perilaku konsumen daripada yang bereaksi terhadapnya.
- Tuntutan konsumen seringkali tampak tidak praktis, tetapi pengetahuan mereka dapat menjadi sangat penting dalam proses pengambilan keputusan jangka panjang. Ide-ide yang tidak hemat biaya dalam status quo dapat digunakan di tengah perubahan kondisi pasar di masa depan. Mereka dapat digunakan untuk strategi pengembangan jangka panjang.
- Data yang dikumpulkan untuk pengembangan produk juga dapat digunakan pasca-peluncuran untuk meningkatkan layanan pelanggan. Dukungan produk yang efisien yang mengatasi kekhawatiran yang diajukan oleh konsumen sangat penting dalam mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Ini meningkatkan loyalitas merek dan iklan dari mulut ke mulut oleh konsumen yang ada.
References:
Silviasih., Slamet, Franky.,
Iskandar, Denny. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan
Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UMKM Sektor Manufaktur Garmen Di Tanah
Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1. Jakarta:
Universitas Tarumanagara, Universitas Kristes Krida Wacana.
Shapiro, Benson P. What the Hell
is “Market Oriented”. Harvard Business School.
CFI Team. 2022. Market Orientation.
CFI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar