ABSTRAK
Dunia usaha selalu berubah dan tidak pernah berhenti
mengalami perubahan. Ada berbagai cara yang dilakukan orang-orang dalam
mengembangkan usahanya, antara lain dengan melakukan inovasi bisnis,
melaksanakan langkah kreativitas usaha, dan upaya-upaya lainnya. Kreativitas
terletak pada pelaku usahanya, maka langkah agar bisa kreatif dalam
mengembangkan usaha adalah mengembangkan ide yang ada dan mengasah kreativitas
diri. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menemukan ide dan
meningkatkan kreativitas yaitu melakukan riset, belajar dari kesuksesan orang
lain, belajar dari kelemahan pesaing, hingga brainstorming. Semua hal tersebut
dapat membantu pelaku usaha yang ingin memulai bisnis baru maupun untuk mempertahankan
bisnisnya agar mampu memenangkan pasar.
Kata Kunci : Bisnis, ide, kreativitas, peluang
PENDAHULUAN
Indonesia merupakan negara
berkembang yang di dalamnya masih terdapat berbagai masalah kependudukan,
diantaranya yaitu penganguran. Hal ini dapat terjadi karena terbatasnya
lapangan pekerjaan, kurangnya keterampilan, dan ketidaksesuaian kemampuan
sumber daya manusia dengan pekerjaan yang disediakan. Oleh karena itu, jiwa
kewirausahaan penduduk Indonesia harus ditingkatkan untuk membantu mengurangi
jumlah pengangguran sekaligus mengembangkan perekonomian Negara Indonesia. Kewirausahaan
dikatakan sebagai salah satu faktor yang dapat mendorong peningkatan
perekonomian Indonesia karena memiliki beberapa alasan, diantaranya dapat
meningkatkan kreatifitas dan kemampuan masyarakat dalam menyalurkan ide dan
kreasinya, masyarakat tidak bergantung kepada pemerintah.
Kewirausahaan merupakan kemampuan
kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap
masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh
serta memiliki nilai. Salah satu pendorong terciptanya inovasi selain perubahan
dan keharusan untuk beradaptasi adalah kesadaran akan adanya celah antara apa
yang ada dan apa yang seharunya ada, dan antara apa yang diinginkan oleh
masyarakat.
PEMBAHASAN
Pengertian Kewirausahaan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian
wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat
mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk
pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Menurut
Schumpeter (dalam Bygrave, 1996), wirausaha adalah seorang yang memperoleh
peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.
Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang
dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda
dengan yang lain , memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan
kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.
Strategi Mengembangkan Ide dan Kreativitas Bisnis
Pemikiran kreatif didukung oleh dua hal, yaitu pengerahan daya imajinasi dan proses berpikir ilmiah. Dengan pemikiran yang kreatif, berbagai macam permasalahan dapat diatasi dengan baik. Zimmerer, dkk. (2009) mendefinisikan kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Seorang wirausaha yang kreatif dapat menciptakan hal-hal yang baru untuk mengembangkan usahanya. Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang bisnis.
Beberapa cara untuk mengembangkan ide dan kreativitas untuk memanfaatkan peluang bisnis, yaitu :
- Melakukan Riset Bisnis & Produk
Riset bisnis dapat dilakukan secara langsung maupun dengan bantuan teknologi digital. Riset ini dilakukan untuk mengetahui tren bisnis dan memastikan jenis bisnis yang dapat diterima oleh pasar.
- Menganalisa Masalah yang Ada
Suatu masalah yang terjadi pasti membutuhkan solusi. Dengan menganalisa permasalah yang terjadi di lingkungan sekitar dapat membantu menemukan sebuah ide dan dikembangkan untuk menjadi sebuah peluang bisnis.
- Belajar dari Kesuksesan Bisnis Orang lain
Usaha yang sukses dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama pasti memiliki keunggulan yang patut dipelajari. Cara yang baik belajar dari kesuksesan bisnis orang lain yaitu mengamati, meniru, dan memodifikasi bisnis tersebut sehingga dapat memiliki nilai atau daya tarik yang lebih dari yang sudah ada.
- Belajar dari Kelemahan Pesaing
Dengan mengetahui kelemahan pesaing, kita dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar dengan menciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing ataupun memberikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing.
- Mengikuti Perkembangan Tren
Tren adalah sesuatu yang banyak diminati oleh sekolompok orang pada satu waktu. Oleh karena itu, sebuah ide bisnis yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menarik konsumen dalam waktu cepat. Namun, hal ini harus diimbangi dengan stretegi yang tepat apabila tren bisnis tersebut mulai memudar.
- Brainstorming
Brainstorming adalah suatu teknik pemecahan masalah yang kreatif selain untuk menghasilkan ide. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide.
- Memanfaatkan Teknologi
Peluang usaha bisa dimanfaatkan secara maksimal melalui keberadaan teknologi yang semakin canggih. Keberadaan berbagai media dan aplikasi internet membuat bisnis berkembang dengan pesat. Seperti halnya penggunaan media sosial dalam pemasaran. Menjangkau pelanggan di wilayah yang berbeda tidak lagi menjadi masalah.
KESIMPULAN
Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan
sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk
yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih
dibandingkan dengan produk lainnya. Sebuah bisnis tidak akan bertahan lama
apabila pelaku usahanya tidak memiliki kreativitas dalam menjalankan bisnisnya.
Oleh karena itu, seorang entrepreneur dituntut untuk selalu kreatif di setiap
situasi dan berani menjawab semua tantangan.
DAFTAR PUSTAKA
Firmansyah,
M. A., & Roosmawarni, A. (2019). KEWIRAUSAHAAN (Dasar dan Konsep).
Surabaya: Qiara Media.
Hidayat, A. A. (2022). Modul Perkuliahan
Kewirausahaan III : Creativity, Idea, Opportunity, Matching, Future of Tech.
Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Rusdiana, A. (2018). KEWIRAUSAHAAN (TEORI DAN
PRAKTIK). Bandung: Pustaka Setia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar