Disusun Oleh :
Nama
: ALDIANSYAH
NIM
: 41420010027
Jurusan
: Teknik Elektro
Universitas
: Mercubuana Jakarta
Barat
Kode pembisnis
: @U32-ALDIANSYAH
BAB 1
Pendahuluan
Latar Belakang
Masyarakat informasi diasoasikan dengan
penggunaan internet. Sejak kemunculan internet hingga saat ini para pengguna
internet selalu bertambah dari waktu ke waktu. Meledaknya jumlah pengguna
internet telah merambah dalam berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi dan
bisnis. Penggunaan internet sebagai sarana bisnis sangat berkembang cepat di
era informasi. Hal ini terlihat dengan maraknya kemunculan berbagai bisnis
online yang menawarkan aneka produk dan jasa yang tak terbatas baik untuk
memenuhi segela kebutuhan seseorang. Peluang memasarkan produk dan jasa melalui
media online untuk kedepannya akan semakin diminati masyarakat. Hasil survei
Payment Solution terhadap negara-negara di seluruh dunia menunjukkan bahwa
Indonesia adalah negara dengan transaksi online paling tinggi se-asia pasifik,
ungkap Iim Fahima Jachja, CEO Virtual Consulting (dalam female.kompas.com,
2012). Disamping itu pada tahun 2010, nilai pembelanjaan online masyarakat
Indonesia saat ini hanya sekitar 0,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB)
atau sekitar Rp 2 triliun (230 juta dollar AS). Sehingga masih banyak peluang
bisnis yang dapat diambil keuntungannya dari bisnis online (dalam
female.kompas.com, 2011)
Rumusan Masalah
Ada 3 rumusan masalah dalam karya tulis ilmiah ini :
1.
Apa pengertian bisnis online?
2.
Bagaimana menjalankan bisnis online?
3.
Apa kelebihan dan kekurangan bisnis online?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian dalam karya tulis ilmiah ini
adalah :
1.
Menjelaskan pengertian bisnis online
2.
Menjelaskan proses pelaksanaan bisnis online
3.
Menjelaskan kelebihan dan kekurangan bisnis
online
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Bisnis Online
Bisnis online adalah bisnis yang
dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet, sedangkan
informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website
atau aplikasi. Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar di masa mendatang,
karena kini hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal
memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Majda, 2015)
Adapun bisnis
online adalah bisnis yang dijalankan secara online biasanya menggunakan
jaringan internet sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual
biasanya menggunakan media transpotasi
online,website, jejaring sosial dan forum jual beli.
Pelaksanaan Bisnis Online
1.Bisnis Transportasi Online di Indonesia
Transportasi online merupakan transportasi
yang berbasis suatu aplikasi tertentu, dimana konsumen memesan suatu sarana
transportasi melalui sistem aplikasi di dalam smartphone. Saat konsumen
melakukan pemesanan dengan menggunakan aplikasi, detail pemesanan seperti jarak
tempuh, harga, identitas pengemudi, lama waktu pengemudi tiba ke lokasi
konsumen, serta data perusahaan pengelolanya sudah langsung tersaji pada layar
smartphone konsumen. Seluruh identitas pengemudi sudah diketahui secara pasti
karena perusahaan pengelola telah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu
sebelum melakukan kerja sama kemitraan dengan pengemudi.
Dengan adanya transportasi online, para
penumpang kini tak perlu lagi menghampiri pangkalan ojek ataupun tak perlu lagi
menunggu di pinggir jalan 8 untuk mendapatkan taksi. Selain itu, para penumpang
juga tidak harus terlibat dalam proses tawar-menawar karena tarif yang sudah
ditentukan berdasarkan jarak tempuh. Ketika terjebak kemacetan di jalan,
penumpang tidak perlu khawatir mengenai tarif yang membengkak seperti pada saat
menaiki transportasi berargometer, karena tarif yang sudah ditentukan di awal
perjalanan dengan berdasarkan jarak tempuh.
Tampilan
Tarif Go-Jek Berdasarkan Jarak Tempuh
Tidak bisa dipungkiri, masyarakat di
kota-kota besar kini sedang menggandrungi transportasi online dengan
menggunakan aplikasi smartphone. Selain bisa menghemat waktu, transportasi
online juga bisa menghemat uang karena banyaknya promo yang ditawarkan. Cukup
dengan mengunduh aplikasi di smartphone, lalu melakukan registrasi pada
aplikasi tersebut, kemudian mencantumkan lokasi penjemputan dan pengantaran,
maka dalam hitungan menit pelaku jasa transportasi siap mengantarkan penumpang
ke tempat tujuan. 9 Perubahan gaya hidup inilah yang dimanfaatkan oleh para
pelaku usaha untuk memulai persaingan usaha dalam bisnis transportasi online.
(Anonim, 2015)
2.Website
Website
merupakan media online yang paling lama di gunakan untuk jual beli. Bagi orang
awam pembuatan website biasanya di serahkan pada perusahaan atau perorangan
yang menjual jasa pembuatan website. Harganya sangat variatif tergantung pada
jenis website yang kita inginkan.
Bisnis online
menggunakan website ini keutungannya terlihat lebih profesional namun karena
pembuatan website membutuhkan biaya hal ini tidak disarankan bagi yang baru mau
membuka bisnis online. Para pemula bisnis online sebaiknya menggunakan
fasilitas gratis terlebih dahulu, seperti yang akan saya terangkan di bawah
ini, sebelum memutuskan membuat website. Jika market sudah terbentuk, brand
sudah dikenal dan mempunyai banyak pelanggan maka kita bisa memulai membuat
website.
3.Blog
Blog hampir
mirip dengan website namun bisa kita buat secara gratis. Tampilan blog akan
sangat tergantung pada kemampuan kita membuat blog. Kebanyakan toko online yang
menggunakan blog tampilannya sangat sederhana, hanya berupa gambar – gambar
yang disusun secara vertikal. Akan tetapi ada juga beberapa toko online yang
walaupun menggunakan blog tetapi tampilannya seperti website.
4.Jejaring sosial :
Saat ini media
yang paling populer untuk berbisnis online adalah jejaring sosial. Berikut ini
adalah 3 jejaring sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis :
Facebook
Facebook adalah
jejaring sosial yang paling banyak di gunakan penggunanya untuk melakukan jual
beli. Jual beli di facebook dapat dilakukan melalui akun pribadi, group, maupun
fasilitas fanspage (halaman) yang disediakan oleh facebook. Dari 3 artenatif
tersebut yang paling cocok digunakan untuk jual beli adalah fanspage. Bisa
dikatakan fanspage ini seperti sebuah toko, group seperti sebuah pasar, dan
akun pribadi seperti sebuah rumah. Melihat hal ini kita dapat mengambil
kesimpulan bahwa untuk terlihat profesional dan mempermudah bisnis kita dapat
membuat fanspage, namun untuk promosi secara gratis kita dapat mengikuti forum
jual beli yang ada di group. Selain itu sebenarnya facebook juga menyedikan
layanan promosi fanspage, namun tentu saja ini tidak bisa di gunakan secara
gratis. Kita harus membayar jika ingin dipromosikan oleh facebook.
Twitter
Twitter juga
jejaring sosial yang marak digunakan untuk jual beli. Namun di twitter tidak
ada fasilitas khusus untuk jual beli seperti di facebook, jadi kita hanya
membuat akun baik pribadi maupun bisnis kemudian menawarkan produk yang kita
punya dengan menguggah fotonya.
Instagram
Instagram adalah
jejaring sosial yang saat ini sangat diminati untuk jual beli. Hal ini
dikarenakan dalam instagram sperti ada dunia tersendiri. Disini ada akun bisnis
yang mereka biasanya melakukan berbagai cara untuk promosi, seperti : SFS
(shout out for shout out) atau istilah indonesianya seperti barter promo, jadi
kita mempromosikan akun instagram atau yang sering disebut IG milik orang lain.
Selain SFS personal (antar 2 akun) ada juga SFS group, ini seperti promo
berjamaah, beberapa akun membuat suatu gambar kemudian diketerangan gambar
tersebut diisi identitas masing – masing akun. SFS ada yang gratis ada juga
yang berbayar tergantung akun yang kita ajak SFS. Selain SFS ada juga endorse,
ini merupakan jenis promosi dengan cara memberikan barang kita secara gratis
kepada selebram (selebritis instagram) kemudian akun selebram akan menggunakan
produk kita sambil mempromosikan.
Karena di
instagram hanya bisa mengunggah foto dan memberi keterangan dibawahnya maka
komunikasi dilakukan menggunakan media lain, namun hampir 90% komunikasi di
instagram menggunakan line.
5.Forum jual beli :
Ada banyak sekali forum jual beli di dunia maya, beberapa
diantaranya yang populer adalah :
kaskus.co.id berniaga.com tokobagus.com tokopedia.com indonetwork.com
Cara beriklan di
forum jaul beli seperti di atas adalah dengan membuat akun dan mengunggah foto.
Berjualan di forum jual beli tergolong efektif karena banyak orang yang
melihat. Semua tergantung pada kata kunci yang kita gunakan diketerangan foto
tersebut. Semakin bagus pilihan kata, semakin banyak orang yang dapat mengakses
foto kita.
Aplikasi Handphone
BBM (Blackberry Messenger)
WhatssApp
Line Kakaotalk weChat
Kebanyakan dalam
aplikasi tersebut ada fasilitas group sehingga kita bisa mengundang orang dan
mempromosikan produk kita didalam group kepada orang – orang yang menjadi
anggota group.
Kelebihan dan kekurangan bisnis online
Kelebihan
1. Mudah
dijalankan
Dengan
berkembangnya dunia internet, saat ini sangat mudah untuk membuka toko online. Cukup dengan membuat akun di
media sosial atau berbagai marketplace,
toko online sudah dapat dibuka. Siapa saja berkesempatan berjualan online, baik remaja, ibu rumah tangga,
bahkan kini banyak anak kecil yang sudah memulai bisnis di dunia maya.
2. Jangkauan
pasar lebih luas
Jangkauan dunia
internet yang sangat luas tentu saja berpengaruh dengan bisnis online. Jarak antara pemilik toko dan
konsumen tidak menjadi penghalang keduanya untuk melakukan transaksi jual beli.
Pemasaran toko online tidak hanya
terbatas di area lokal saja, bisa lebih luas bahkan hingga nasional maupun
internasional..
3. Modal
yang diperlukan tidak terlalu besar
Toko online bisa dibentuk hanya dengan
bermodalkan ponsel dan kuota internet. Kini ada sistem reseller dan dropship
yang akan memudahkan untuk memulai bisnis walaupun tanpa modal. Sistem reseller memudahkan orang yang ingin
menjual sesuatu namun belum mampu memproduksi sendiri.
Pelaku reseller akan menyetok barang seperti
toko-toko pada umumnya. Namun stok barang untuk reseller online lebih sedikit dan hanya dijadikan sebagai contoh.
Jika beruntung
mendapatkan agen yang berada dalam satu daerah, pemilik toko online tidak perlu menyetok sama sekali.
Cukup mengambil produk ketika ada konsumen yang telah memesan saja. Selain reseller, ada sistem dropship yang lebih memudahkan lagi.
Pada sistem dropship bahkan tidak perlu menyetok barang
dan melakukan pengiriman produk. Seorang dropshipper
cukup melakukan kegiatan promosi dan pemasaran saja. Penyediaan dan pengiriman
produk nantinya akan ditangani oleh agen pemilik produk.
Sistem ini lebih
mudah dan membutuhkan modal yang lebih kecil, namun keuntungan yang didapat
juga tidak terlalu besar.
4. Tidak
memerlukan tempat
Sebuah toko online tidak memerlukan tempat secara
fisik untuk menampung segala jenis produk dan sebagai tempat bertransaksi. Akun
media sosial dan toko di berbagai marketplace
yang telah dibuat merupakan wadah untuk melakukan proses jual-beli.
Toko-toko ini dapat dikontrol dari mana saja. Baik ketika dalam perjalanan
maupun sedang berada di rumah.
5. Memerlukan
karyawan yang lebih sedikit
Karena sistem
yang lebih simpel, pemilik toko online tidak
perlu meluangkan banyak waktu dan biaya untuk merekrut karyawan. Penyetokan dan
pengiriman barang biasanya dapat dilakukan oleh satu atau dua orang saja.
Namun, jika
bisnis online berkembang dengan
sangat pesat dan mendapatkan pesanan yang signifikan, Anda bisa
mempertimbangkan untuk mempekerjaan beberapa karyawan untuk mempermudah
pekerjaan.
6. Waktu
fleksibel
Aktivitas di
dunia maya berjalan selama 24 jam dalam sehari, begitu dengan toko online. Karena tidak ada batasan jam, maka
pemilik toko online tetap bisa
melakukan aktivitas jual beli bahkan saat dini hari.
7. Produk
yang dijual bervariasi
Ini yang menjadi
alasan mengapa banyak konsumen berbondong-bondong belanja secara online. Barang yang disediakan
bervariasi. Hal ini juga berlaku pada pemilik toko. Banyak yang lebih memilih
berjualan secara online karena bisa
menyediakan barang apa saja dan dari agen mana saja selama itu diminati oleh
konsumen.
Kekurangan
1.Persaingan ketat
Kemudahan
prosedur pembuatan akun toko serta jangkauan yang sangat luas membuat
persaingan pada bisnis online juga
cukup ketat. Pemilik toko online
tidak hanya bersaing dengan pedagang lokal, tetapi juga internasional.
2. Kredibilitas
diragukan
Salah satu yang
membuat kepercayaan terhadap toko online
rendah adalah karena barang yang dibeli tidak bisa dicoba terlebih dahulu oleh
konsumen. Oleh karena itu, pemilik toko harus memastikan seluruh barang yang
dijual sudah berkualitas baik ketika dikirim.
Apabila ada
produk yang tidak sesuai, pemilik toko harus bertanggung jawab untuk
menggantinya. Kekurangan lainnya adalah pemilik toko tidak melayani konsumen
secara langsung ditambah dengan banyaknya penipuan di bisnis online yang membuat kredibilitas toko online sering diragukan.
3. Konektivitas
internet
Transaksi pada
bisnis online berjalan sangat cepat.
Konektivitas internet yang buruk walau dalam jangka waktu yang pendek pun akan
berdampak besar. Pemilik toko online bisa
rugi hingga jutaan rupiah karena konsumen bisa dengan mudah beralih mencari
penjual lain yang mampu melayani lebih cepat.
KESIMPULAN
Dari pembahasan
dapat kita simpulkan bahwa saat ini bisnis online sedang sangat berkembang.
Kita dapat ikut andil memanfaatkan bisnis online ini dengan menjual berbagai
produk. Cara yang dilakukan dalam menjalankan bisnis online bisa melalui
website, blog, forum jual beli, dan jejaring sosial, seperti facebook, twitter,
dan instagram. Beberapa kelebihan bisnis online antara lain : memberikan
keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari
bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya
operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan
non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan
bisnis online yang dijalankan sedangkan kekurangan bisnis online adalah Bagi
para orang awam, masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan
cukup menyulitkan. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun
barang tidak diterma.
PENUTUP
Demikian karya tulis ini saya
buat, semoga dapat memberikan manfaat ke para pembaca.
DAFTAR PUSAKA
http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-Jurnal-FITRIANA%20RAHAYU.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/11471/4/TS150893.pdf https://www.jurnal.id/id/blog/toko-offline-vs-online-kelebihan-kekurangannya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar