INOVASI
DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM PENGEMBANGAN BERWIRAUSAHA
Oleh : Doni Hermawan (@U22-DONI)
PENDAHULUAN
Dalam perkembangan zaman yang begitu cepat, dunia
bergerak begitu sangat cepat dan dinamis, dunia menuntut kita untuk terus
bergerak memberikan perubahan perubahan kecil dan berdampak besar bagi kita
maupun di lingkungan kita sendiri. Sekarang manusia dengan mudah dapat
mengakses berbagai kebutuhan yang diinginkan tanpa harus melewati prosedur yang
panjang dan berbelitbelit. Di era milenial ini kegiatan manusia dipenuhi oleh
akses yang cepat dan saling terhubung dimulai dari akses komunikasi yang tak
terbatas yang saling terhubung dan sekarang juga manusia dengan sangat
dimudahkan oleh beberapa kemudahan yang dihadirkan oleh perkembangan zaman yang
begitu cepat ini, manusia sekarang dengan mudah dapat mengakses hampir semua
kebutuhannya, sekarang hadir pasar pasar online yang dulu kita kenal dengan
pasar tradisional atau pasar swalayan maupun pasar yang langsung bertatap muka
antara penjual dan pembeli tetapi pada era ini kita mengetahui dengan seksama
bahwa manusia dimudahkan dengan hadirnya toko online seperti Shopee, Lazada,
Tokopedia dan lain sebagainya ditambah lagi kehadiran alat transportasi modern
yang milenial dan serba terhubung dan terkoneksi seperti Go-jek, Grab dan lain
sebagainya dan juga manusia juga semakin mudah dalam mengakses makanan siap
saji seperti Go-food dan beberapa jenis yang lainnya. Pada zaman sekarang,
betapa beruntungnya manusia memiliki teknologi yang begitu cerdas yang
memudahkan seluruh aktivitas manusia itu sendiri. Hadirnya beberapa
perusahaan-perusahaan tersebut diatas merupakan hasil kerja keras inovasi dan
kreativitas dari orang-orang yang selalu menggali potensi dalam dirinya.
Perusahaan-perusahaan di atas merupakan perusahaan yang sudah lama ada di
tengah-tengah masyarakat tetapi dengan ilmu pengetahuan dan pembaharuan,
perusahaan perusahaan tersebut atau usaha-usaha tersebut diubah fungsinya dan
diubah mekanismenya untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen sehingga
konsumen dengan nyaman dan dengan mudah dapat mengakses kebutuhannya setiap
hari.
Semua sektor diharapkan dapat bersaing sehat dan dapat
bergerak dengan cepat dengan memberikan terobosan-terobosan dan percepatan di
dalam suatu perusahaan atau usaha. tanpa terkecuali di bidang kewirausahaan, di
bidang ini telah banyak mengalami perubahan bukan hanya dalam segi struktural
manajemennya melainkan persaingan produk barang dan jasa yang dipasarkan,
banyak barang dan jasa yang sama di pasar tetapi memiliki perbedaan perbedaan
tertentu dan unik serta memiliki ciri khas tertentu yang bisa melambangkan
kepunyaan suatu merek. Wirausaha harus mempelajari kebutuhan yang diinginkan
oleh para konsumen dan dapat menggolongkannya ke dalam prioritas utama, dan
bukan itu saja, inovasi dan kreativitas juga perlu dibutuhkan untuk menjawab
kebutuhan para konsumen, dalam dunia berwirausaha tanpa adanya Inovasi dan
Kreatifitas sama halnya “Taman tak berbunga” yang artinya tak memiliki warna,
pembaharuan, ketertarikan, dan lain sebagainya. jadi, inovasi dan kreativitas
sangat penting dalam berwirausaha, dengan persaingan di pasar yang semakin
kompleks diharapkan setiap para wirausahawan menghadirkan produk yang bahan
bakunya sama tapi penyajian dan bentuk produknya memiliki perbedaan dan
terlihat berbeda dari yang lain.
PEMBAHASAN
Peran Inovasi dan Kreativitas sebagai Kunci Penting dalam Pengembangan Berwirausaha. Tanpa adanya inovasi, suatu usaha bisnis tidak akan bisa berjalan ketika menghadapi tantangan. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai salah satu upaya atau kegiatan mengembangkan atau memaksimalkan sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut bisa berupa modal, pemikiran bahkan hubungan kerja sama dengan orang lain. Dengan adanya inovasi, seorang usahawan dapat memaksimalkan usahanya. Selain inovasi, dalam berwirausaha juga diperlukan adanya sifat kreatif. Sifat kreatif ini memiliki pengertian yang hampir sama dengan inovasi. Namun pada sifat kreatif, pengusaha menggunakan sumber daya yang belum ada atau menemukan cara baru. Sedangkan pada inovasi sudah ada sumber daya, tinggal memaksimalkan atau menggunakan sumber daya tersebut secara maksimal.
Kunci utama seseorang setelah memutuskan untuk menjadi
entrepreneur ialah berpikir kreatif. Tanpa kreatifitas mimpi anda hanyalah
angan-angan saja. Anda akan menemui banyak kendala ketika memulai menjadi
entrepreneur, bahkan ketika anda belum mulai memutuskan untuk menjadi
entrepreneur. Berpikir kreatif harus memiliki dasar pola pikir kreatif. Hal ini
dapat membantu memecahkan permasalahan guna menemukan solusinya. Berpikir
kreatif memiliki banyak manfaatbagi kita atau dalam berwirausaha.
Dalam perkembangan usaha yang begitu pesat, para
entrepreneur dituntut untuk terus berinovasi dan kreatif dalam memunculkan
ide-ide baru dalam suatu produk yang ingin dihasilkan, permintaan konsumen yang
banyak serta unik membuat entrepreneur harus mampu menjawab kebutuhan tersebut.
Jadi dalam hal tersebut para entrepreneur harus memiliki inovasi dan
kreativitas dalam dirinya sehingga sesuatu yang dihasilkan dapat menjawab
kebutuhan konsumen.
Peran inovasi dan kreativitas telah banyak meramba dunia
usaha saat ini, seperti halnya usaha transportasi, dahulu kita mengenal jasa
transportasi dengan sebutan “Ojek Pangkalan”, dengan kesusahan dan keresahan
yang dialami oleh Nadiem Makarim (Mantan CEO Go-Jek) dalam mengakses jasa ojek
pangkalan, maka Nadiem mulai berpikir sesuatu yang baru yang belum pernah ada
sebelumnya, yakni menciptakan aplikasi berbasis online untuk mengakses jasa
ojek, lalu dengan kemampuan dan tekad yang besar mantan CEO gojek tersebut
berhasil menciptakan suatu hal baru dalam dunia usaha jasa transportasi yakni
“GO-JEK”. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menjawab permintaan konsumen yang
dapat mengakses jasa ojek dengan mudah dan cepat.
Dari hal tersebut Inovasi timbul dari permasalahan
mengakses ojek pangkalan yang begitu sulit dikarenakan kita harus ke pangkalan
ojek untuk mendapatkan jasa transportasi. Dari permasalahan tersebut dibuatlah
suatu aplikasi On-line yakni Go-jek untuk kebutuhan konsumen sehingga mudah dan
cepat untuk mengakses jasa ojek tanpa tidak harus ke pangkalan ojek lagi,
tinggal pesan melalui aplikasi dan menunggu di tempat beberapa saat, hingga
tukang ojek datang dan diantar sesuai aplikasi tujuan. Kreativitas yang timbul
yaitu penggunaan alat teknologi yakni memanfaatkan Hp (smart phone) untuk
mengakses jasa transportasi online. Kreativitas lainnya yang timbul yakni
membuka lapangan pekerjaan, banyak masyarakat yang dulunya tak mempunyai
pekerjaan merasa terbantu dengan hadirnya Go-jek, karena memiliki pendapatan
yang tetap tiap bulannya dan ditambah lagi bonus yang diberikan selama bekerja.
Jadi peran inovasi dan kreativitas sangatlah penting dan
menjadi kunci dalam pengembangan berwirausaha karena mampu menjawab
permasalahan yang ada, mengubah suatu masalah menjadi pemikiran yang cemerlang,
hadirnya terobosan-terobosan baru, serta mampu mengubah keterbatasan yang ada,
sesuatu yang tak mungkin menjadi sesuatu kekuatan dan keunggulan.
KESIMPULAN
Di dalam persaingan dunia usaha yang sangat ketat para
entrepreneur dituntut untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik, terus untuk
menggali potensi dan terus untuk memunculkan ide-ide dan gagasan yang baru dan
unik. Aktivitas usaha sangat memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan
cepat tanggap terhadap setiap perubahan.
Inovasi dan kreativitas sangat berperan penting dan telah
banyak merubah wajah perindustrian dan usaha di tanah air maupun di manca
negara. Inovasi hadir untuk menjawab setiap permasalahan yang ada sehingga
mampu memberikan terobosan-terobosan baru di dalam perusahaan, dan
perindustrian, dan kreativitas hadir dengan menjawab permasalahan yang ada
dengan memberikan pikiran-pikiran baru, terampil, berorintasi berbeda dari
orang lain.
Inovasi dan kreativitas hendak dan harus dimiliki oleh
setiap entrepreneur agar mampu bersaing dengan pesaing yang lain, dan juga
mampu menjawab setiap permintaan konsumen yang unik dan beragam. Jika ingin
bertahan di pasar, seorang entrepreneur harus mampu memunculkan produk yang
baru disertai sentuhan yang unik di dalam produknya tersebut dan itu tidak
terlepas dari kemampuan inovasi dan kreativitas yang dimiliki oleh setiap
entrepreneur dalam memunculkan ide, pemikiran, gagasan, terobosan serta orientasi
yang berbeda dibanding orang lain. Oleh karena itu Inovasi dan Kreativitas
dalam pengembangan berwirausaha sangatlah penting.
DAFTAR PUSTAKA
Hadiyati, Ernani. 2012.
Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha
Kecil, Vol. 1, No. 3, September, 135-151. Malang : Universitas Gajayana.
Ir. Hendro M.M. 2011.
Dasar-dasasr Kewirausahaan. Jakarta, Erlangga.
Ramdhan, Hendry E. 2012.
Bisnis Kreatif di Rumah. Jakarta : Penebar Plus* (Penebar Swadaya Grup)
Sa’ud, Udin Saefudin.
2008. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suryana, 2003.
Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Salemba empat.
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar