DISUSUN
OLEH :
MIA LESTARI (@S01-Mia)
ABSTRAK
Karya ilmiah ini berjudul ”Bisnis Online” dimana penjualan banyak dilakukan melalui jaringan internet yang dengan mudahnya dapat dilakukan. Tujuan karya ilmiah ini memberikan gambaran tentang bagaimana berbisnis melalui internet yang kini marak digunakan khususnya para pemula yang memiliki jaringan terhubung dengan internet. Berawal dari jaringan yang sudah meluas, alangkah mudahnya kita memperkenalkan usaha melalui internet yang dapat menguntungkan kita sebagai pemula usaha. Usaha yang dilakukan bisa diiklankan melalui internet dengan sangat mudah.
Ada
beberapa cara menjalankan bisnis online. Yang pertama melalui website, kedua
melalui blog, ketiga melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan
instagram, keempat melalui aplikasi handphone seperti BBM (Blackberry
Messenger), WhatssApp, Line, Kakaotalk, weChat.
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi yang semakin canggih memicu munculnya banyak jejaring sosial
seperti : facebook, twitter, dan instagram. Lampat laun jejaring sesial ini
tidak hany
di gunakan untuk menjalin pertemanan namun juga untuk berbisnis.
Banyak orang
memanfaatkan jejaring sosial untuk menjual produk – produk
meraka. Bak banyak
orang yang tertarik berbelanja secara online karena tidak perlu
pergi keluar rumah,
terkena macet, dan kelelahan. Hanya perlu bertanya
spesifikasi produk, memesan, membayar, kemudian barang akan diantar
ke
rumah.
Fenomena
ini merupakan sebuah peluang tersendiri untuk membuka bisnis secara online.
Saat ini banyak toko grosir yang menjual pakaian harga grosir dengan hanya membeli
secara ecer atau satuan. Kita dapat mencarinya dengan mudah di internet. Sehingga
kita hanya perlu mempromosikan produknya dan memesan ketika ada orang yang
membeli produk tersebut kepada kita. Sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa
saja.
Rumusan Masalah
·
Ada 3 rumusan masalah dalam artikel ilmiah ini :
1)
Apa pengertian bisnis online?
2)
Bagaimana menjalankan bisnis
online?
3)
Apa kelebihan dan kekurangan
bisnis online?
·
Adapun tujuan penelitian dalam artikel ilmiah ini adalah :
1)
Menjelaskan pengertian bisnis
online
2)
Menjelaskan proses pelaksanaan
bisnis online
3)
Menjelaskan kelebihan dan
kekurangan bisnis online
BAB II
PEMBAHASAN
1)
Pengertian Bisnis Online
Bisnis
berarti suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Adapun
bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online biasanya menggunakan
jaringan internet sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual
biasanya menggunakan media website, jejaring sosial dan forum jual beli.
2)
Pelaksanaan Bisnis Online
Bisnis
online bisa dilaksanakan dengan berbagai macam cara :
a.
Website
Website merupakan media
online yang paling lama di gunakan untuk jual beli. Bagi orang awam pembuatan
website biasanya di serahkan pada perusahaan atau perorangan yang menjual jasa
pembuatan website. Harganya sangat variatif tergantung pada jenis website yang
kita inginkan.
b.
Blog
Blog hampir mirip dengan
website namun bisa kita buat secara gratis. Tampilan blog akan sangat
tergantung pada kemampuan kita membuat blog. Kebanyakan toko online yang
menggunakan blog tampilannya sangat sederhana, hanya berupa gambar – gambar
yang disusun secara vertikal. Akan tetapi ada juga beberapa toko online yang
walaupun menggunakan blog tetapi tampilannya seperti website.
c.
Jejaring social
Saat ini media yang paling
populer untuk berbisnis online adalah jejaring sosial. Berikut ini adalah 3
jejaring sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis :
·
Facebook
Facebook
adalah jejaring sosial yang paling banyak di gunakan penggunanya untuk
melakukan jual beli. Jual beli di facebook dapat dilakukan melalui akun
pribadi, group, maupun fasilitas fanspage (halaman) yang disediakan oleh
facebook. Dari 3 artenatif tersebut yang paling cocok digunakan untuk jual beli
adalah fanspage. Bisa dikatakan fanspage ini seperti sebuah toko, group seperti
sebuah pasar, dan akun pribadi seperti sebuah rumah. Melihat hal ini kita dapat
mengambil kesimpulan bahwa untuk terlihat profesional dan mempermudah bisnis
kita dapat membuat fanspage, namun untuk promosi secara gratis kita dapat
mengikuti forum jual beli yang ada di group. Selain itu sebenarnya facebook
juga menyedikan layanan promosi fanspage, namun tentu saja ini tidak bisa di
gunakan secara gratis. Kita harus membayar jika ingin dipromosikan oleh
facebook.
·
Twitter
Twitter juga jejaring sosial
yang marak digunakan untuk jual beli. Namun di twitter tidak ada fasilitas
khusus untuk jual beli seperti di facebook, jadi kita hanya membuat akun baik
pribadi maupun bisnis kemudian menawarkan produk yang kita punya dengan
menguggah fotonya.
·
Instagram
Instagram adalah jejaring
sosial yang saat ini sangat diminati untuk jual beli. Hal ini dikarenakan dalam
instagram sperti ada dunia tersendiri. Disini ada akun bisnis yang mereka
biasanya melakukan berbagai cara untuk promosi, seperti : SFS (shout out for
shout out) atau istilah indonesianya seperti barter promo, jadi kita
mempromosikan akun instagram atau yang sering disebut IG milik orang lain.
Selain SFS personal (antar 2 akun) ada juga SFS group, ini seperti promo
berjamaah, beberapa akun membuat suatu gambar kemudian diketerangan gambar
tersebut diisi identitas masing – masing akun. SFS ada yang gratis ada juga
yang berbayar tergantung akun yang kita ajak SFS. Selain SFS ada juga endorse,
ini merupakan jenis promosi dengan cara memberikan barang kita secara gratis
kepada selebram (selebritis instagram) kemudian akun selebram akan menggunakan
produk kita sambil mempromosikan. Karena di instagram hanya bisa mengunggah
foto dan memberi keterangan dibawahnya maka komunikasi dilakukan menggunakan
media lain, namun hampir 90% komunikasi di instagram menggunakan line.
·
Akun Mengunggah Foto
Berjualan di forum jual beli
tergolong efektif karena banyak orang yang melihat. Semua tergantung pada kata
kunci yang kita gunakan diketerangan foto tersebut. Semakin bagus pilihan kata,
semakin banyak orang yang dapat mengakses foto kita. Diantaranya ialah :
Aplikasi Handphone, BBM, WhatssApp, Line dan Kakaotalk.
3) Kelebihan dan kekurangan bisnis online
Berikut
ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dalam bisnis online yang menjadi daya
tarik para pencari usaha :
a.
Kelebihan
·
Tidak membutuhkan modal usaha
yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama
bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal
kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki
adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet
·
Menjangkau pasar yang lebih
luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online
adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat
membantu pemasaran bisnis yang dijalankan hingga mencakup semua daerah bahkan
sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar
bisnis mudah ditemukan konsumen
·
Biaya operasional yang
cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat
dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang
terlalu tinggi layaknya bisnis offline
b.
Kelemahan
·
Pembayaran
Bagi para orang awam,
masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan.
Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak
diterma. Karena bisnis online kebanyakan tidak memperketemukan kedua belah
pihak dalam proses transaksi jual – beli barang. Dituntut kejujuran yang tinggi
dalam proses bisnis online.
·
Barang tidak sesui keinginan
kita
Karena barangyang kita lihat
hanya melalui layar, kebanyakan pada saat menerima barang tidak sesuai dengan
yang aslinya. Contoh dalam hal pakaian, pada bisnis online kita tidak bisa
merasakan bahan pakaian dan juga kadang ukuran pakaian tidak sesuai dengan
tubuh kita. Hal – hal diatas merupakan sebagian dari kelebihan & kelemahan
bisnis online. Sekarang kita tinggal memilih, apakah ingin menjalankan usaha
secara online maupun offline.
BAB
III
KESIMPULAN
Dari pembahasan dapat kita simpulkan
bahwa saat ini bisnis online sedang sangat berkembang. Kita dapat ikut andil
memanfaatkan bisnis online ini dengan menjual berbagai produk. Cara yang
dilakukan dalam menjalankan bisnis online bisa melalui website, blog, forum
jual beli, dan jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dan instagram.
Beberapa kelebihan bisnis online antara lain : memberikan keuntungan baik
materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online
tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis
online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan
bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online
yang dijalankan sedangkan kekurangan bisnis online adalah Bagi para orang awam,
masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan.
Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak
diterma.
DAFTAR
PUSTAKA
https://www.academia.edu/3832324/MENJADI_PEBISNIS_ONLINE_DI_KALANGAN_MAHASISWA
http://lppm.unpam.ac.id/2020/04/15/bisnis-online-di-tengah-polemik-pandemi-covid-19/
http://www.litaamalias.com/2015/03/karya-ilmiah-lingkungan-bisnis-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar