Nama: Rinaldi Hidayat
Kode Bisnis: @R34-RINALDI
Nim: 44216110200
Sebelum
kita lebih jauh membahas apa itu Empathy dalam bisnis, di awal paragraf ini
akan membahas tentang apa itu empathy. Empathy adalah Kemampuan untuk melihat
dunia dari sisi orang lain, yang dapat kita dapatkan dari cara melihat :
ü Apa yang orang lain dari sudut pandang
individu tersebut
ü Merasakan perasaan orang lain (kesulitan,
permasalahan dan kebutuhan)
ü Pengalaman yang sama dari orang lain Cara
yang digunakan adalah mendekatkan diri dengan subyek .
Empati berarti "ketertarikan fisik’’ didefinisikan sebagai respons afektif dan
kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain. Empati
termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa
simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain. Kata
empati dalam bahasa inggris (Empathy) ditemukan pada tahun 1909 oleh E.B. Titchener sebagai usaha
dari menerjemahkan kata bahasa Jerman "Einfühlungsvermögen", fenomena
baru yang dieksplorasi pada akhir abad 19. Setelah itu, diterjemahkan
kembali ke dalam Bahasa Jerman sebagai "Empathie" dan digunakan di
sana.
Empathy adalah sebuah kebaikan yang harus
di tanamkan dalam tiap individu karena ini akan menentukan pada bagaimana kita
memandang sesuatu, bersikap dan menentukan keputusan dalam kehidupan.
akan tetapi empathy bukan hanya baik untuk kehidupan, empathy juga sangat baik
untuk bisnis, karena empathy adalah salah satu faktor penentu bagaimana kita
bisa mengungguli kompetitor dan produk bisa di terima di pasar.
Keuntungan
jika kita mempunya empathy yang baik dalam bisnis:
1.
Meningkatkan penjualan
Setiap tenaga
penjualan terampil tahu bahwa kunci untuk menutup penjualan adalah
mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda dan menunjukkan bagaimana produk atau
jasa Anda akan paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Benar-benar memahami kebutuhan pelanggan Anda berarti
merefleksikan ketakutan, keinginan, rasa sakit, dan apa pun yang membuat mereka
terjaga di malam hari. Jika tim penjualan Anda tidak memahami kehidupan
pelanggan Anda dengan baik, bagaimana Anda mengharapkan mereka menjelaskan
bagaimana produk atau jasa Anda sesuai dengan kehidupan mereka? Ini adalah
kekuatan empati dalam bisnis.
2. Produk dan perusahaan diterima di hati
masyarakat
Mungkin
memang terlihat agak sedikit melankolis, tapi hal ini memang benar karena
ketika kita bisa merasakan kesulitan serta permasalahan user dan kita bisa
menghadirkan sebuah solusi dengan tepat dan cepat tentu hal ini akan membangun
reputasi baik perusahaan di mata publik atau khalayak.
3. Mengungguli kompetitor
Jika
kompetitor memiliki produk yang sama bagusnya dengan produk kita, maka kita
bisa tumbuhkan lebih besar lagi rasa empathy kita kepada publik.
4. Memberikan pelayanan terbaik
Dengan empathy
yang tertanam dengan baik tentu akan berpengaruh pada pelayanan, jika pelayanan
sudah maksimal tentu saja hal ini berdampak kepada perusahaan, reputasi, citra
sebuah produk.
5. Mudah diterima ketika menghadirkan produk
baru
Ternyata empathy
dampaknya begitu besar terhadap sebuah perusahaan, perusahaan yang sudah
mendapatkan hati di masyarakat, citra serta kepercayaan akan mudah diterima
kembali jika menghadirkan sebuah perusahaan
Jadi
kesimpulan nya adalah, empathy adalah sebuah keharusan yang dimiliki oleh
seorang pemimpin perusahaan, pengusaha, karyawan dan individu umum lain nya,
karena banyak dampak positif yang di hadirkan jika menanamkan dengan baik
sebuah empathy dalam tiap individu.
Pemimpin
negeri yang memiliki empathy akan di cintai rakyat, Pengusaha yang memiliki
empathy akan terus melakukan inovasi dan kreasi, Manajer yang memiliki empathy
akan lebih di hargai bawahan nya dan begitu seterusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar