Oleh: Ghina Nadira Said (@M24-GHINA; @STARTUP-M09)
ABSTRAK
Digital
Marketing sangat dibutuhkan untuk pengembangan wirausaha dengan adanya
pemberdayaan yang sesuai dapat memberikan peluang bagi wirausaha. Wirausaha
memerlukan dorongan usaha untuk memulai usahanya dengan adanya digital
marketing dapat membantu mereka mengembangkan dan mensukseskan usahanya.
PENDAHULUAN
Saat ini dunia semakin berkembang
dengan adanya internet hal tersebut memudahkan setiap orang untuk melakukan
aktivitas dalam berbagai bidang. Salah satu diantaranya adalah aktivitas
berwirausaha. Wirausaha telah lama menjadi bagian penting dalam perputaran
ekonomi hal itu disebabkan karena adanya kebutuhan yang ingin dipenuhi dengan
permintaan pasar yang ada.
Wirausaha saat ini telah
mengembangkan diri dengan mengikuti kebutuhan pasar terlebih dengan adanya
internet yang memudahkan pemasaran dalam hal digital marketing. Dalam
berwirausaha setiap pengusaha membutuhkan pemasaran untuk mencapai target yang
mereka inginkan.
Target tersebut dapat dimanfaatkan
dengan adanya penggunaan internet. Saat ini banyak pengusaha menggunakan
internet untuk memperluas jaringan usaha mereka. Hal itu disebabkan karena
minat atau motivasi pasaran yang tinggi terhadap kemajuan teknologi yang membantu para
konsumen.
Oleh sebab itu, penggunaan internet
sangat dibutuhkan untuk para usaha dalam hal digital marketing untuk memasarkan
produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan menggunakan digital marketing
akan membantu untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam hal digital
marketing.
ISI
Dalam
hal pengembangan digital marketing saat ini sudah banyak berkembang perusahaan
yang menjadikan digital marketing sebagai ladang mereka untuk mensukseskan pengembangan
usaha menjadi lebih luas.
Salah satu contohnya adalah
perusahaan start up yang membuka jalan untuk para wirausaha memasarkan produk
atau jasa mereka kepada konsumen. Dalam kasus ini salah satu diantaranya adalah
Tokopedia, Shopee dan BukaLapak. Ketiga perusahaan tersebut telah berhasil
membuat para wirausaha memasarkan usaha mereka dalam bentuk digital marketing.
Perusahaan mereka sendiri adalah
perusahaan yang memberikan peluang bagi para wirausaha pemula untuk memasarkan
usaha mereka dengan mudah. Para wirausaha dapat memberikan detail mengenai
usaha yang mereka lakukan agar para konsumen mengetahui deskripsi barang
tersebut.
Menurut (Timmons & Spinneli,
2004:31) wirausaha adalah salah satu tindakan berpikir dan menalaah peluang
bisnis yang ada. Dalam hal ini tugas pengusaha juga membuat rencana dalam
memasarkan usaha mereka. Salah satunya dengan menggunakan digital marketing.
Berikut beberapa nilai yang harus
dimiliki oleh para wirausaha menurut Rintan Saragih modal intelektual, modal
sosial dan moral serta modal mental. Ketiga hal tersebut penting dalam
membangun wirausaha.
Modal intelektual adalah kombinasi
dari sumberdaya-sumber daya intangible dan kegiatan-kegiatan yang membolehkan
organisasi mentransformasi sebuah bundelan material, keuangan dan sumberdaya
manusia dalam sebuah kecakapan sistem untuk menciptakan stakeholder value.
Modal sosial dan moral adalah suatu
integritas merupakan suatu hal penting yang membentuk sebuah citra terhadap
kepribadian Anda sebagai seorang wirausaha. Modal mental adalah modal yang
paling penting untuk membangun usaha. Modal mental adalah kesiapan sejak dini
kemudian diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi risiko dan
tantangan.
Selain dari ketiga hal tersebut
adanya inovasi dari pengusaha dapat membuat usaha mereka terus berkembang
mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan digital marketing memudahkan mereka
untuk membuat inovasi dalam mengembangkan usaha.
Menurut
Hellstrom (2004), inovasi mempertimbangkan adanya proses penciptaan produk yang
incremental dan radical. Dengan menciptakan usaha yang berbeda dengan yang lain
dapat membuat pengusaha memiliki pasar yang sesuai.
Sebagai
contoh dari Tokopedia William Tanuwijaya sebagai pendiri memberikan skema
bisnis yang dapat membantu para pengusaha dalam hal digital marketing. Skema
bisnis tokopedia memudahkan para pengusaha untuk menjual dan membeli barang
dengan mudah. Berikut skema dari bisnis tokopedia : JUAL > KIRIM > TERIMA UANG
Dengan
skema bisnis yang diberikan oleh tokopedia memberikan gambaran mengenai
perjalanan usaha yang akan dilakukan oleh pengusaha. Dengan memberikan skema
bisnis para wirausaha dapat mengembangkan pasaran usaha mereka ke dalam bentuk
digital marketing.
Dengan melihat mind mapping diatas kita dapat
melakukan perencanaan untuk merancang strategi pemasaran. Salah satu faktor
yang menyatakan alat pemasaran adalah salah satu alasan mengapa digital
marketing sangat diperlukan untuk para pengusaha karena dapat mereka untuk
memasarkan usaha mereka dengan mudah.
Menurut Alma (2010:2) wirausaha memiliki
dorongan untuk memulai usahanya. Ada dua hal yang membuat pengusaha memiliki
dorongan untuk memulai usaha yang pertama adalah personal attributes dan
personal environment hal tersebut adalah dorongan dari dalam diri pengusaha dan
lingkungan yang membuat usaha wirausaha dapat berkembang.
Setelah para wirausaha mendapatkan pasar yang
dinginkan langkah yang harus dilakukan adalah pemberdayaan dari usaha. Menurut (Suharto
2005:10) pemberdayaan adalah sebuah proses orang menjadi cukup kuat untuk
berpartisipasi dalam berbagi pengontrolan.
PENUTUP
Wirausaha adalah kegiatan yang membuat para
konsumen memiliki kesempatan untuk memiliki barang atau jasa dari pengusaha.
Hal tersebut dilakukan untuk tercapainya atau kesuksesan kebutuhan ekonomi bagi
kedua belah pihak.
Dalam
hal ini digital marketing sangat berguna untuk memasarkan usaha para wirausaha.
Para wirausaha memiliki beberapa nilai, motivasi dan cara untuk memasarkan
kegiatan mereka dalam berwirausaha.
Oleh karena itu pengembangan digital
marketing dalam wirausaha sangat berguna bagi pengembangan bisnis agar para wirausaha
selalu mengembangkan dan mensukseskan pemberdayaan bagi usaha mereka.
Daftar
Pustaka
Alma,
Buchari. (2010). Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta
Helltrom,
T, 2004, Innovation as Social Action., Denmark: Copenhagen Bussiness School
Kottler
Philip, Gary Amstrong, 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi12 Jakarta
Saragih
Intan,2017.Membangun Usaha Kreatif,Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan
Kewirausahaan Sosial. https://media.neliti.com/media/publications/223703-membangun-usaha-kreatif-inovatif-dan-ber.pdf
Suharto.
2005. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Rafika Aditama.
Nama: Devi Widya Winata
BalasHapusNIM : 43217120173
Pengembangan digital marketing dalam wirausaha sangat berguna bagi pengembangan bisnis agar para wirausaha selalu mengembangkan dan mensukseskan pemberdayaan bagi usaha mereka. Terima kasih