MANAJEMEN FUNGSIONAL
Rizky AP (@L08-Rizky)
M. Aldy Firdausi N. (@L11-Aldy)
M. Arief Afifuddin (@L12-Arief)
@Startup-L04, @Proyek-L08
ABSTRAK
Artikel
ini ditulis untuk membantu seorang pengusaha baru yang ingin mengetahui
faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha baru dalam
membangun usahanya yang salah satu faktornya adalah harus adanya sebuah
manajemen yang baik dan benar untuk mengaturnya.
KATA KUNCI
Manajemen,
manajemen fungsional, perusahaan, wirausaha, pengusaha, wiraswasta, manajer,
sukses, organisasi
PENDAHULUAN
Manajemen
fungsional adalah sebuah bentuk supaya kontribusi pada suatu departemen dapat
bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Manajemen
Fungsional (Manajer Fungsional) = Aktivitas Manajer Madya agar tujuan
organisasi bisa tercapai.
Tujuan
manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada
tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
PEMBAHASAN
Sebuah
sumber daya manusia menjadi tidak berharga lagi bila mana manajemen sumber daya
manusia mempunyai sebuah kriteria yang lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh
perusahaan. Kedengarannya hal itu kejam, akan tetapi dalam sebuah perusahaan
hal itu sangatlah dipegang teguh.
Adapun
aktivitas dari manajemen fungsional tersendiri terdiri dari manajemen sumber
daya manusia (MSDM), manajemen operasional (MOP), manajemen pemasaran (MP), dan
manajemen keuangan.
1. MSDM
·
Mary
Parker Follett
ManajemenSumberDayaManusiaadalahsuatuseni
untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain
untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain
tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
·
Edwin
B. Flippo
Manajemen Sumber Daya Manusia
adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi,
pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai
berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat.
2. MOP
·
Produksi
adalah penciptaan atau penambahan faedah, bentuk, waktu dan tempat atas
faktor-faktor produksi sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan
manusia.
·
Produk
adalah hasil dari kegiatan produksi yang berwujud barang dan jasa.
·
Produsen
adalah orang atau badan ataupun lembaga lain yang menghasilkan produk.
·
Produktivitas
adalah suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang sesungguhnya dengan hasil
kegiatan yang seharusnya.
·
Pelaksanaan
kegiatan–kegiatan manajerial dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan,
pengoperasian, dan pengawasan sistem produktif.
3. MP
·
Serangkaian
kebijaksanaan dalam penyediaan barang dan jasa yang tepat kepada orang yang
tepat, pada waktu yang tepat,harga yang tepat, dengan komunikasi yang tepat.
·
Keputusan2
yg diambil dalam MP dikenal dgn Marketing Mix (bauran pemasaran) atau 4P,
yaitu:
1.
Produk
2.
Price
3.
Place
(distribution)
4.
Promotion
4. MK
Aktivitas menyediakan segala
kebutuhan finansial yang berhubungan dengan operasional perusahaan atau
organisasi.
Dari
pendekatan fungsional maka kita dapat menyederhanakan hal tersebut menjadi beberapa
kategori. Berikut ini kategorinya:
1.
PERENCANAAN (PLANNING)
Dalam
hal ini kita perlu mendefinisikan tujuan, penetapan strategi agar dapat
mencapai tujuan tersebut, serta mengembangkan sebuah rencana agar dapat
mengintegrasikan serta menkoordinasikan aktivitas dari perusahaan.
2.
PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
Pada
tahap ini kita peru untuk menyusun (menata) kerja yang mana dibutuhkan oleh
perusahaan agar mencapai target (tujuan) dari perusahaan.
3.
MEMIMPIN (LEADING)
Untuk
yang terakhir kita juga perlu untuk dapat bekerja sama serta dapat memanfaatkan
orang-orang agar dapat mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Ketiga
hal tersebut perlu kita perhatikan betul-betul karena ketiganya merupakan
syarat yang cukup penting dalam manajemen fungsional.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar