@Startup-13, @Proyek-L10
Devi Yanti Naibaho
Daffa Aziz Tandjung
Lestari Febrina Tanjung
Naqi Min Gil
ABSTRAK
Pemasaran
pada dasarnya merupakan suatu proses perpindahan barang atau jasa dari tangan
produsen ke tangan konsumen. Secara ideal perlu didukungan oleh semua pihak,
baik secara langsung maupun tidak langsung, berjasa dalam meraih keuntungan
bisnis secara layak hal ini muncul dengan alasan bahwa keuntungan yang
diperoleh bisnis, secara logis disebabkan karena jasa pihak lain terkait dengan
kata lain, pencapaian tujuan bisnis terwujud karena telah didukung oleh sumber
daya manusia.
KATA KUNCI
Manajemen pemasaran, dan organisasi
bisnis
1.
PENDAHULUAN
Definisi
umum dari organisasi bisnis adalah suatu identitas ekonomi yang diselenggarakan
dengan tujuan bersifat ekonomis dan sosial.Tercapainya tujuan ekonomi dan
sosial dari kegiatan bisnis. keuntungan yang diperoleh dari aktivitas
berorganisasi dalam bisnis selayaknya dipergunakan sebagai instrumen untuk
mencapai tujuan dan maksud yang lebih luas dan komperhensif bagi kseluruhan
pihak yang terkait, baik yang bersifat ekonomi maupun sosial. Baik yang terkait
dengan sang pencipta sebagai pemilik sumber daya maupun kepada
pihak-pihak yang memanfaatkan hasil bisnis.
2.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian,
ruanglingkup Organisasi Pemasaran?
2. Mengapa organisasi pemasaran perlu dalam suatu perusahaan?
3. Bagaimana Organisasi Pemasaran, bisnis, dan kerjasama Menurut pandangan Islam?
2. Mengapa organisasi pemasaran perlu dalam suatu perusahaan?
3. Bagaimana Organisasi Pemasaran, bisnis, dan kerjasama Menurut pandangan Islam?
3.
PEMBAHASAN
A. Aspek Organisasi
Pemasaran
1. Pengertian Organisasi
1. Pengertian Organisasi
Menurut
Stephen P. Robbins (1993), organisasi adalah unit sosial yang terdiri dari dua
orang atau lebih yang dikoordinasikan untuk mencapai sejumlah tujuan.
Menurut James D. Money (1977), organisasi merupakan setiap kerja sama manusia untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut Dwight Waldo (1953), organisai adalah struktur antarhubungan pribadi yang berdasarkan atas wewenang format dan kebiasaan-kebiasaan di dalam suatu sistem administrasi.
2. Pengertian Organisasi Pemasaran
Menurut James D. Money (1977), organisasi merupakan setiap kerja sama manusia untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut Dwight Waldo (1953), organisai adalah struktur antarhubungan pribadi yang berdasarkan atas wewenang format dan kebiasaan-kebiasaan di dalam suatu sistem administrasi.
2. Pengertian Organisasi Pemasaran
Untuk
mengetahui apa itu organisasi pemasaran, kita perlu meninjau aspek organisasi
pemasaran. Dengan mengetahui aspek organisasi pemasaran kita dapat memahami apa
organisasi pemasaran itu sebenarnya.
Organisasi pemasaran adalah pola hubungan kerja antara dua orang atau lebih dalam susunan hierarki dan pertanggungjawaban untuk mencapai tujuan di bidang pemasaran.
Organisasi pemasaran adalah pola hubungan kerja antara dua orang atau lebih dalam susunan hierarki dan pertanggungjawaban untuk mencapai tujuan di bidang pemasaran.
Menurut
Peter Drucker mendefinisikan organisasi pemasaran adalah organisai yang
memahami kebutuhan dan keinginan para pembeli, dan secara efektif mampu
mengkombinasikan serta mengarahkan keterampilan dan sumber daya ke semua bagian
organisasi dalam rangka memberikan kepuasan maksimal kepada konsumennya.
B. Mengapa
Organisasi Pemasaran Perlu dalam Suatu Perusahaan?
Ada empat alasan utama perlunya suatu
perusahaan menyusun organisasi pemasaran, yaitu:
·
Untuk membedakan
tugas dengan tugas lainnya di bidang pemasaran, sehingga dapat meningkatkan
efisiensi dari individu yang ada menspesialisasi usaha-usaha atau dirinya.
Kegiatan yang dapat dispesialisasikan di dalam bidang pemasaran adalah kegiatan
promosi dan advertensi, kegiatan operasi penjualan, dan kegiatan penelitian dan
pengembangan pemasaran.
·
Untuk memberikan kemungkinan dilakukannya
koordinasi atas tugas-tugas atau usaha-usaha dan tenaga-tenaga yang ada
sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat efektif.
·
Untuk menentukan atau memberikan batasan
tanggung jawab dan wewenang yang dibutuhkan oleh tenaga-tenaga yang ada dalam
melaksanakan tugas-tugasnya. Deskripsi yang lengkap dari suatu jabatan mencakup
pernyataan mengenai tanggung jawab dari seorang manajer yang mempunyai tanggung
jawab untuk itu.
·
Sebagai sarana atau alat untuk menyokong dan
mencerminkan pelaksanaan strategi pemasaran yang menyeluruh. Sebenarnya
organisasi pemasaran dapat berupa pendorong maupun pembatas bagi penentuan
strategi pemasaran dari suatu perusahaan.
C. Peranan
Organisasi Pemasaran dalam pencapaian Tujuan Pemasaran
Pimpinan
di bidang pemasaran sering gagal menilai atau kurang menghargai sepenuhnya akan
pentingnya peranan organisasi yang baik. Hal ini terutama karena telah
sedemikian lamanya penjabat atau pimpinan tersebut berkecimpung dalam
pelaksanaan kegiatan atau operasi pemasaran. Akibatnya beberapa pimpinan hanya
menekankan pada pelaksanaan operasi kegiatan pencapaian target di bidang
pemasaran dengan sarana organisasi yang asal ada dan umumnya kurang efisien.
Walaupun demikian, tidak berarti tidak ada pimpinan di bidang pemasaran yang
telah bekerja secara efektif dan efisien dengan menggunakan sarana organisasi pemasaran
yang baik atau sehat.
Di
samping itu, perlu pula disadari bahwa usaha pelaksanaan kegiatan pemasaran
tidak mungkin hanya dilakukan sendiri oleh satu orang. Oleh karena itu, usaha
pelaksanaan kegiatan pemasaran dilakukan oleh sekelompok orang harus
diorganisasi dan dikoordinasi sehingga dapat diharapkan tercapainya tujuan dan
sasaran dalam bidang pemasaran. Sedangkan tujuan pemasaran dalam suatu
perusahaan tidak terlepas dari tujuan perusahaan secara keseluruhan. Adapun
tujuan perusahaan secara umum adalah agar perusahaan dapat hidup, berkembang,
dan bersaing. Hal ini pula yang menjadi landasan bagi tujuan di bidang
pemasaran dari perusahaan tersebut. Dengan demikian organisasi pemasaran
sebenarnya ditujukan untuk menunjang pencapaian tujuan perusahaan.
KESIMPULAN
Suatu
organisasi pemasaran adalah wadah kegiatan dibidang pemasaran dan merupakan
alat untuk mencapai tujuan dan alat untuk melaksanakan strategi pemasaran.
Organisasi pemasaran mempunyai peranan yang penting dalam pencapaian tujuan di
bidang pemasaran dan tidak terlepas dari tujuan perusahaan. Oleh karena itu,
perlu adanya organisasi pemasaran yang baik atau sehat agar tetap dapat
menunjang pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan perusahaan yang sekaligus
tujuan bidang pemasaran.
Sesuai
dengan apa yang kita bahas, selain organisasi pemasaran dalam paradigma modern,
perlu juga mengkaji organisasi/kerjasama dalam pandangan Islam yang telah
diuraikan sebelumnya. Pemakalah mempunyai pendapat mengenai kedua steatment
tersebut, sesungguhnya prinsip organisasi, bisnis, kerjasama/musyarokah itu
dibenarkan dan dibolehkan dalam Islam sebagaimana telah kita uraikan
sebelumnya, asalkan tidak adanya kecurangan serta penipuan yang akan dapat
menyebabkan salah satu pihak menanggung kerugian, oleh karena itu marilah kita
bersama-sama beroganisasi, bekerja dengan menanamkan prinsip aqidah, akal yang
bersih dan sehat dan berpedoman kepada al-Quran dan al- Hadist.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2011. Manajemen pemasaran.
Wordpress.com. dalam
Diakses, 12 Februari 2011
Ashter. Suwito 2012. Organisasi
pemasaran. Blogspot.com. dalam
Diakses, 4 Januari 2012
Rohman. Irfandy 2014. Makalh manajemen
pemasaran, blogspot.com. dalam
Diakses, 29 Januari 2014
Anitasari. Nuraini 2018. Peran penting
manajemen pemasaran. Zahiraaccounting.com. dalam
Diakses, 12 Januari 2018
Anonim. 2014. Manajemen pemasaran.
Wordpress.com. dalam
Diakses, 14 November 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar