Abstrak
Manajemen meliputi beberapa hal, yaitu menentukan target
pemasaran, menyusun rencana pemasaran, dan juga melakukan evaluasi atas
pemasaran yang dilakukan.
Kata Kunci
Manajemen pemasaran, produksi, konsumen, harga
Pendahuluan
Manajemen Pemasaran : Pemasaran harus dilakukan secara benar
agar mampu memberikan hasil yang positif bagi usaha itu sendiri. Dengan kata
lain, pemasaran memerlukan sebuah manajemen. Secara harfiah Pengertian
manajemen pemasaran adalah upaya menerapkan strategi penjualan produk sesuai
dengan target yang telah ditentukan. Sementara pengertian manajemen pemasaran
menurut para ahli merupakan strategi bagi perusahaan untuk memperoleh
keuntungan atas produksinya, sehingga hal itu juga mampu menjaga eksistensinya
di pasaran.
Permasalahan
1.
Apa pengertian dari manajemen pemasaran ?
2.
Apa sajakah fungsi manajemen pemasaran ?
3.
Bagaimana dengan konsep manajemen pemasaran ?
4.
Bagaimana strategi pemasaran?
Pembahasan
Pengertian
manajemen pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh
laba.
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli :
·
Manajemen pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
·
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan
pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba (Dharmmesta & Handoko,
1982).
·
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
Fungsi
Manajemen Pemasaran :
1.
Fungsi Jual-Beli
Fungsi pertama dari manajemen pemasaran adalah dalam urusan jual-beli. Pada dasarnya jual-beli merupakan aktivitas yang bersifat timbal-balik antar produsen dengan konsumen. Proses ini dalam pemasaran dikenal dengan istilah pertukaran.
Fungsi pertama dari manajemen pemasaran adalah dalam urusan jual-beli. Pada dasarnya jual-beli merupakan aktivitas yang bersifat timbal-balik antar produsen dengan konsumen. Proses ini dalam pemasaran dikenal dengan istilah pertukaran.
2.
Fungsi Pemrosesan Produk
Fungsi berikutnya dari manajemen ini adalah sebagai upaya untuk menerapkan pengelolaan produk yang baik dan benar. Pengelolaan produk yang dimaksud dimulai dari fase proses produksi, pengangkutannya, hingga aspek penyimpanannya.
Fungsi berikutnya dari manajemen ini adalah sebagai upaya untuk menerapkan pengelolaan produk yang baik dan benar. Pengelolaan produk yang dimaksud dimulai dari fase proses produksi, pengangkutannya, hingga aspek penyimpanannya.
3.
Fungsi Pengelolaan Pasar
Fungsi lainnya dari manajemen pemasaran adalah sebagai upaya pengelolaan pasar. Melalui manajemen ini seseorang mampu mengelola pasar yang akan dituju untuk menjual produknya. Kegiatan pengelolaan tersebut meliputi penentuan target pasar, pendataan konsumen, penentuan harga, serta penetapan target penjualan. Sehingga dengan menerapkan hal ini, Ia dapat memperoleh hasil penjualan yang maksimal.
Fungsi lainnya dari manajemen pemasaran adalah sebagai upaya pengelolaan pasar. Melalui manajemen ini seseorang mampu mengelola pasar yang akan dituju untuk menjual produknya. Kegiatan pengelolaan tersebut meliputi penentuan target pasar, pendataan konsumen, penentuan harga, serta penetapan target penjualan. Sehingga dengan menerapkan hal ini, Ia dapat memperoleh hasil penjualan yang maksimal.
Konsep
Manajemen Pemasaran
1.
Konsep Produksi
Perusahaan yang mengadopsi konsep ini,
berfikir bahwa barang maupun jasa yang dihasilkan haruslah murah, sehingga bisa
dibuat kapan saja dan di mana saja agar tidak terjadi masalah dalam penjualan.
Secara tidak langsung, perusahaan ini mencoba manajemen pemasaran melalui
upaya penurunan biaya produksi dan penguatan sistem distribusi.
2.
Konsep Produk
Perusahaan yang menggunakan konsep ini
memercayai bahwa kualitas barang maupun jasa yang dihasilkan perusahaan
haruslah bagus, sehingga mudah menarik konsumen. Konsep manajemen pemasaran
ini, mungkin bisa diterima oleh sebagian konsumen, namun kita tidak boleh lupa,
kualitas yang bagus pasti memengaruhi harga, sedangkan bagi sebagian konsumen,
harga yang murah masih menjadi tujuan utama untuk membeli barang.
3.
Konsep Penjualan
Perusahaan yang menggunakan konsep ini
berpikir bahwa pelanggan tidak boleh dibiarkan sendirian. Perusahaan harus
mengarahkan konsumen dengan sebuah teknik penjualan yang harus dipikirkan,
karena barang tidak dibeli tetapi barang harus dijual. Dalam konsep manajemen
pemasaran ini, perusahaan harus memikirkan usaha penjualan untuk memengaruhi
konsumen membeli produknya.
4.
Konsep Pemasaran
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran
adalah, penjualan lebih menekankan pada produk yang dijual, sedangkan pemasaran
lebih tertuju kepada keinginan dan kebutuhan konsumen. Perusahaan yang
menggunakan konsep pemasaran menganggap bahwa kepuasan konsumen adalah
segalanya, sehingga barang atau jasa yang dihasilkan harus sesuai kebutuhan
mereka.
5.
Konsep Pemasaran Umum
Konsep ini menekankan tidak hanya pada
kepuasan konsumen tapi juga memerhatikan manfaat bagi orang lain. Sebagai
contoh, jika suatu perusahaan menghasilkan mobil yang rendah bahan bakar tapi
menyebabkan polusi. Hal ini hanya membuat konsumennya puas, tapi masyarakat
tidak menerima manfaatnya.
Perencanaan
Strategi Pemasaran
Strategi
Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar
dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
1.
Target Market; adalah sekelompok pelanggan
homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
2.
Bauran
Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh
perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix
adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari
sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi
dan sistem saluran distribusi.
Strategi
Pemasaran
1.
Penentuan pasar
2.
Perencanaan Produk
3.
Penenuan Harga
4.
Distribusi
5.
Komunikasi dan promosi produk
Kesimpulan
manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan,
dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan
dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang
tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran
dapat tercapai.
Daftar Pustaka
Admin, 2018. Manajemen Pemasaran 2. Rocketmanajemen.com.
dalam http://rocketmanajemen.com/manajemen-pemasaran-2/.
Diunduh 25 Juni 2018
Ciku, 2009. Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Ciku.tyepad.com. dalam http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html.
Diunduh 25 Juni 2018
Heriyana, 2018. Manajemen Pemasaran. Mindmeister.com. dalam https://www.mindmeister.com/462915236/manajemen-pemasaran.
Diunduh 25 Juni 2018
Rahmani, 2017. Konsep Penting dalam Manajemen Pemasaran.
Jurnal.id. dalam https://www.jurnal.id/en/blog/2017/5-konsep-penting-dalam-manajemen-pemasaran.
Diunduh 25 Juni 2018
Rinaldi, Ferry 2015. Manajemen Pemasaran Konsep Orientasi. Kembar.pro.
Dalam https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html.
Diunduh 25 Juni 2018
Erice Prastya
BalasHapus41915110011
Manajemen pemasaran sangat diperlukan dalam keberlangsungan sebuah perusahaan. Artikel ini memberi wawasan bagaimana memanajemen pemasaran.
Ali Arridho
BalasHapus41817110003
Pasar terdiri dari semua pelanggan potencial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Anang Suryana
BalasHapus41217110077
Cukup lengkap dan semoga bermanfaat kepada para pembaca..
Akan lebih baik lagi apabila disertakan pula contoh bagaimana strategi pemasaran yang tepat dalam memulai sebuah bisnis..