A.
PENDAHULUAN
1.
Latar
belakang
Penciptaan suatu ide bisnis merupakan salah
satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis. Dengan telah adanya berbagai
macam bisnis, para wirausaha muda harus mampu bersaing dengan bisnis barunya. Hal
ini tidaklah mudah bagi para lulusan universitas sebagai calon wirausaha muda
karena mereka harus mengembangkan kreativitas yang dimiliki.
Ide dalam konteks kewirausahaan di sini adalah gagasan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Putri 2012). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penciptaan
Ide dalam konteks kewirausahaan di sini adalah gagasan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Putri 2012). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penciptaan
Ide bisnis merupakan penciptaan gagasan yang
menciptakan suatu bisnis yang baru dan berbeda. Ide dapat menambah nilai suatu
barang dan jasa melalui inovasi. Keberhasilan dapat dicapai apabila wirausaha
menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggali
perubahan.
Ketangguhan kewirausahaan sebagai penggerak
perekonomian terletak pada kreasi baru untuk menciptakan nilai secara terus-menerus.
Wirausaha dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua tantangan menjadi
peluang melalui ide-ide dan akhirnya menjadi pengendali usaha. Semua tantangan
bisa menjadi peluang apabila terdapat inovasi.
2.
Abstrak
Saat
kita ingin memulai sebuah bisnis kita harus memiliki ide yang sekreatif mungkin
agar kita bisa mendapatkan sebuah usaha yang bisa menarik perhatian banyak
orang. Jika kita ingin memiliki bisnis yang mudah dikenal oleh banyak orang,
bisnis tersebut haruslah menarik agar mudah di ingat banyak orang. Kalau kita
bisa mengeluarkan kreatifitas yang baik maka kita akan memiliki ide usaha yang
luar biasa dan dapat memiliki perhatian dari banyak masyarakat. Intinya jika
kita ingin memiliki sebuah usaha yang baik kita harus memiliki ide yang luar
bisa dan kreatif untuk bisa memujudkan sebuah usaha yang luar biasa.
Abstract
When we want to
start a business we have to have as creative an idea as possible so we can get
a business that can attract the attention of many people. If we want to have a
business that is easy to recognize by many people, the business must be
interesting to keep in mind many people. If we can bring out good creativity
then we will have a great business idea and can have the attention of many
people. The point is if we want to have a good business we must have an idea
that can be creative and creative to be able to realize an extraordinary
effort.
3.Kajian teori
a.
Pengertian
Ide usaha
Segala
konsep, pikiran dan pengetahuan, sebuah mental, pandangan, keyakinan atau
rencana dari kegiatan-kegiatan usaha
b.
Pengertian
Berpikir kreatif
Keinginan
untuk menemukan dan mencari penyelesaian yang berbeda dari suatu masalah untuk
mencapai tujuan yang sama
c.
Pengertian
Inovasi
Menurut
Rosenfeld dalam 12 Sutarno (2012:132), inovasi adalah transformasi pengetahuan
kepada produk, proses dan jasa baru, tindakan menggunakan sesuatu yang baru.
d.
Pengertian
bisnis
Menurut Kasmir dan
Jakfar (2012,p7), bisnis adalah usaha yang dijalankan yang tujuan utamanya
adalah keuntungan.
Cara Menemukan Ide Kreatif
Konsep Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang
penopang utamanya adalah informasi dan kreativititas dimana ide dan stock of
knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor produksi utama dalam
kegiatan ekonomi.
Kreativitas dalam bisnis adalah bagimana cara menerapkan kreativitas
dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan agar dapat memunculkan produk,
prosedur dan struktur baru sekaligus meningkatkan cara kerja kita kearah yang
lebih baik. Apa yang dibutuhkan oleh bisnis adalah penerapan proses kreatif
pada masalah, isu, kesempatan dan peluang yang ada pada saat ini. Sementara
produk kreatif, Rangkaian Kolom Kluster I, 2012 adalah kemampuan untuk
melahirkan sesuatu benda atau hal yang sebelumnya sama sekali belum ada untuk
dipergunakan.
Seorang wirausahawan adalah seseorang yang memiliki jiwa dan kemampuan
tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia adalah seseorang yang memiliki kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and
different) atau kemampuan kreatif dan inovatif. Kemampuan kreatif dan inovatif
tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai
berbisnis (start-up), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative),
kemauan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunities), kemampuan dan
keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk
mengembangkan ide dan meramu sumber daya yang tersedia. Kemauan dan kemampuan
tersebut diperlukan terutama untuk:
1. Melakukan proses/teknik baru (the new
technique)
2. Menghasilkan produk atau jasa baru (the new
product or new service)
3.
Menghasilkan nilai tambah baru (the new value added)
4. Merintis usaha baru ( the new business)
yang mengacu pada pasar
5.
Mengembangkan organisasi baru (the new organization).
Strategi Mencari Peluang Bisnis
Peluang
bisnis dapat diartikan sebagai kesempatan pasti yang bisa didapatkan seseorang
atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada serta memanfaatkan
berbagai kesempatan (Putri 2012). Strategi pencarian peluang dapat diartikan
sebagai perilaku pengusaha yang bertujuan untuk menciptakan sebuah konsep
bisnis yang strategis. Salah satu strategi dalam mencari peluang bisnis adalah
knowledge acquisition. Yang dimaksud dengan knowledge acquisition adalah
pengumpulan informasi tentang pelanggan, teknologi, produk, keuangan dan
penelitian, dan menggabungkan serta mengintreprestasi informasi tersebut menjadi
sebuah pengetahun bisnis (Puhakka 2007).
Seorang
wirausaha mengidentifikasi peluang bisnis untuk menciptakan dan memberikan
nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dalam sebuah prospektif usaha.
Investigasi yang diteliti dan kepekaan terhadap kebutuhan pasar, serta
kemampuan untuk melihat penyebaran sumber daya dapat membantu seorang wirausaha
untuk mulai mengembangkan peluang bisnis. Perkembangan pencarian peluang bisnis
yang berhasil, diikuti oleh penciptaan bisnis yang berhasil (Ardichvili et.al.
2003). Seorang wirausaha harus mengamati peluang yang berkaitan dengan
mengantisipasi pesaing
Prinsip dan Sumber Menggali
Ide
A. Prinsip Melahirkan Ide:
·
Selalu Membuka Pikiran, Berpikir bahwa ide adalah yang terbaik,
karena kondisi tersebut akan membimbing menghasilkan ide-ide yang baik.
Perenungan, introspeksi dan umpan balik membantu memperoleh ide-ide terbaik.
·
Selalu Membuka Mata, Melihat
keberhasilan dari tindakan-tindakan yang telah dilakukan orang atau perusahaan
lain adalah cara terbaik dan lebih efisien.
B. Sumber Menggali lde
·
Mencari kebutuhan konsumen
·
Mengamati mata rantai saluran
distribusi perusahaan
·
Kebijakan Pemerintah
·
Penelitian dan Pengembangan
·
Hobby
·
Kecendrungan prilaku konsumen
·
Kegunaan lain dari barang yang
sudah ada (menambah Utility)
·
Peristiwa di suatu wilayah
·
Moment kegiatan atau hari-hari
besar
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar