Berikut merupakan
hasil seminar kewirausahaan yang dilakukan pada rabu 11 april 2018 di ruang
pertemuan masjid Manarul Amal.
PT. Sato Teknik
Indonesia, adalah perusahaan yang bergerak di bidang Natural Gas
Services, yang didirikan oleh engineer-engineer yang telah berpengalaman
puluhan tahun di dunia EPC di Indonesia. Dengan pengalaman yang dimiliki oleh
masing-masing pendirinya, kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik
bagi customer kami. Komitmen ini akan selalu membuat kami menjadi perusahaan
yang terpercaya.
2@@B. How to Find Wonderful
Bussiness Idea ?
Pembicara
Seminar : Aditytianto , CEO PT.Sato Teknik Indonesia
“Entrepreneur
bukan bisnis tapi soul”
I.
Proses :
1. INKUBATOR
:merupakan wadah belahjar bisnis
Contoh : seminar,pelatihan dan acara
pengerahan lainnya
2. MODAL
: mengumpulak modal dari menabung
dan bekerja
3. NETWORK
: kita harus beradaptasi denga dunia
bisnis yang sekarang ini sudah serba internet, memperluas pergaulan juga dapat
dilakukan dengan cara ini. Pergaulan yang luas dapat membantu bisnis juga
4. PENGALAMAN :pengalaman bekerja, menjadi pekerja di
usaha orang juga dapat menjadi modal untuk membuka usaha sendiri, kuncinya
bekerja dengan sungguh-sungguh samil belajar.
II.
Mimpi dan cita-cita
Mimpi
Mengharapkan
sesuatu namun kita tidak terbayang cara menggapainya
Cita-cita
Mengharapkan
sesuatu dan kita tahu cara menggapainya.
Mimpi
dan cita-cita dapat digambarkan dengan analogi naga,
seseorang ingin mencapai kepala naga yang sangat tinggi
dan sulit utuk dicapai
pemimpi : ia hanya melihat naga itu dan
menginginkan berada dikepala naga tanpa tahu harus berbuat apa (tidak dijalan)
orang yang bercita-cita : ia berusaha
untuk menaiki naga itu walau hanya diujung ekor naga,ia sudah mendapat jalan
untuk kepuncak meski masih berada dititik terendah (sehingga ia dapat
merencanakan jalannya)
III.
Lebih Baik Produk Bagus atau Produk yang diinginkan Pasar ?
·
Sebagai wirausaha
tentulah kita bangga apa bila dapat meghasilkan produk yang bagus, namun apa
yang terjadi apa bila produk bagus ini tidak diminati pasar ?
·
Menjual apa yang di
inginkan pasar,dan laku namun tidak dapat menunjukan karyanya ?
Kedua kondisi ini tentu tidak nyaman.
Lalu kondisi mana yang anda pilih ?
“Jika anda memang memiliki produk yang bagus ,namun
tidak memiliki pasar. Ciptakan pasar anda sendiri”
Pembicara bapak Aditytianto tidak
mengjelaskan cara menciptakan pasar sendiri ini. Namun menurut salah satu
penulis artikel ini yang sedang kuliah di jurusan Public Relations. Menciptakan
pasar sendiri ini dapat dilakukan dengan cara mengedukasi pasar tentang produk
kita,dan memberi pemahaman bahwa produk kita dibutuhkan. Contohnya dengan cara
membuat advertorial yang berujung memperkenalkan produk.
Contoh :
Ditemukan inovasi bantal anti sakit
leher. yang public butuhkan hanya bantal biasa yang empuk agar dapat ditiduri.
Pengusaha membuat advertorial yang berisikan pengetahuan bahaya sakit leher dan
cara mengatasinya,kemudian melakukan smooth
marketing di akhir iklan.
Selain membuat pasar sendiri pembicara
juga merekomendasikan untuk mendengar masukan-masukan yang mendukung.
IV.
LAINNYA
à
Melihat
bisnis serupa yang lebih dulu sukses sebagai refrensi
Kita
harus memiliki target sebesar apa usaha yang kita inginkan akan berkembang. misal
kita membuka rumah makan dan targetnya ingin besar seperti ES TELER 77. Datang
ke sana ,amati apa yang mereka sajikan,bagai mana cara menyajikannya,bagaimana
kerja karyawan disana. Dan tiru kualitas yang mereka terapkan.
Setalah itu kemungkinan anda juga akan menemukan cara anda sendiri.
à
Personalitas
dalam Bisnis
Saat anda mengajukan proposal
bisnis,mungk proposal anda hanya akan dibaca selama beberapa menit,namun anda
dan performa saat presetasi dinilai sebanyak 80% . merka melihat attitude dan
semangat anda. Maka dari itu personalitas perlulah dibangun untuk menjalani
relasi berbisnis.
(Rabu 11 april 2018 seminar KWU)
(Rabu 11 april 2018 seminar KWU)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar