DASAR MANAJEMEN DALAM BERBISNIS
@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, @Proyek-L07,
@Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed
ABSTRAK
Didalam
artikel ini akan dibahas mengenai apa itu dasar-dasar manajemen dalam
berbisnis. Banyak masyarakat awam atau pebisnis pemula yang masih belum
mengetahui dasar manajemen dalam berbisnis, mereka kerap kali gagal dalam
membangun bisnis di awal. Nah diharapkan kepada masyarakat awam ataupun
pebisnis pemula agar membaca artikel ini, agar mereka bisa membangun bisnis dan
menatanya bisnisnya lebih baik lagi kedepannya.
KATA
KUNCI : Manajemen, Bisnis, Dasar
PENDAHULUAN
Manajemen secara umum merupakan suatu proses dari
serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian/pengawasan
dengan maksud untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Dalam hal ini, dasar-dasar manajemen sangat penting dipahami bagi seseorang
yang sedang mengembangkan bisnis.
Tujuannya
agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan pengelolaan yang sudah direncanakan.
Dasar-dasar manajemen dalam bisnis mencakup beberapa hal yang harus dipahami, antara
lain manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran,
manajemen keuangan dan informasi.
PERMASALAHAN
1.
Apa definisi dari dasar manajemen
bisnis ?
2.
Apa pentingnya tujuan dari
manajemen ?
3.
Apa manfaat dari ilmu dasar
manajemen bisnis ?
PEMBAHASAN
1. Definisi
Ada beberapa definisi mengenai manajemen yang
diberikan oleh para ahli. Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan manajemen
adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar
diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain. 2 kata penting yang
saling terkait di sini adalah pengkoordinasian orang lain dan efektif efisien.
Pengkoordinasian orang lain artinya melibatkan orang lain, sedangkan efektif
dan efisien untuk menunjukkan berdaya guna dan berhasil guna. Pengkoordinasian
orang lain tidak berarti kegiatan tidak dapat dilakukan sendiri, hanya saja
dalam pertimbangan efektifitas dan efisiensi, perlu pelibatan orang lain. Lalu
untuk dapat tercapai secara optimal pelibatan tersebut, perlu dikelola atau ada
proses atau upaya pengkoordinasian yang disebut manajemen.
Sedangkan ahli lainnya yaitu Jhon D. Millett, ia
mendefinisikan manajemen menjadi ”management is the proceess of directing and
facilitating the work of people organized in formal groups to achive a desired
goal (adalah suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang
yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan”.
2. Pentingnya tujuan dari manajemen
Setiap kegiatan yang dilakukan manusia diharapkan
dapat mencapai tujuan yang diinginkan seperti kita ketahui tujuan dalam
managment sangat penting karena tujuan tersebut dapat :
1.
Terwujudnya suasana kerja yang aktif,
inofatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna bagi para karyawan atau
anggota.
2.
Terciptanya karyawan atau anggota
yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara.
3.
Tercapainya tujuan yang lebih efektif
dan efisien dalam sebuah organisasi.
4.
Terbekalinya tenaga profesional
dengan teori tentang proses dan tugas administrasi kepemimpinan
(tertunjangnya profesi sebagai manajer atau konsultan manajemen).
3.
Manfaat
Manfaat yang bisa di dapat dari ilmu dasar manajemen
bisnis ini adalah sebagai berikut :
1.
Membantu
manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih
sistematis, rasional, dan efektif.
2.
Mendapatkan
hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya
harus dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.
3.
Membantu
proses alokasi sumber daya yang efektif.
4.
Mendorong
tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan
kepercayaan untuk melaksanakan tugas.
KESIMPULAN
Dari artikel ini maka dapat
disimpulkan bahwa pengertian manajemen secara umum merupakan
suatu proses dari serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan,
pengorganisasian dan pengendalian/pengawasan dengan maksud untuk
mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, dasar-dasar
manajemen sangat penting dipahami bagi seseorang yang sedang mengembangkan
bisnis. Maka dari itu bagi masyarakat awam atau pebisnis pemula harus
mempelajari dan memahami definisi atau konsep dari dasar-dasar ilmu manajemen
dalam berbisnis, agar bisnis yang kita bangun bisa bertahan lama dan memiliki
prospek yang cerah.
DAFTAR PUSTAKA
-
Michael Putra.Pengertian manajemen.
Dalam https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/#Manfaat_Manajemen
-
Same Mansur.2012.Makalah konsep
dasar manajemen. Dalam https://samoeji.blogspot.co.id/2012/03/makalah-konsep-dasar-manajemen.html
-
Guru mengajar.2015.Makalah konsep
dasar manajemen. Dalam https://iqrabelajar.wordpress.com/2015/02/20/makalah-konsep-dasar-manajemen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar