@J01-Yuli, @J02-Endra, @J03-Oky, @Startup-J01, @Proyek-J04
ABSTRAK
Artikel ini
bertujuan untuk menunjukan bahwa dalam memulai sebuah usaha diperlukan model
usaha yang cocok dengan konsep usaha yang kita inginkan karena tidak semua
model usaha dapat menyalurkan ide-ide yang ingin kita terapkan dalam berwirausaha.
PENDAHULUAN
Banyak pengusaha
rintisan yang hanya karena melihat kesuksesan pelaku usaha lain dalam
menjalankan sebuah model usaha lantas meniru model usaha yang mereka lihat
dapat menghasilkan keuntungan tanpa membandingkan dengan model usaha lainnya,
sehingga mereka seringkali tidak dapat mengatasi berbagai permasalahan saat
mengembangkan usahanya karena kurang mendalami model usaha yang mereka
jalankan.
Artikel ini
berupaya untuk memberikan gambaran bagi para pebisnis pemula agar tidak salah
dalam memilih sebuah model bisnis.
PEMBAHASAN
Bisnis konvensional
Seperti namanya bisnis
konvensional adalah bisnis yang dilakukan secara konvensional, kegiatan dalam
bisnis ini dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan
pembeli.
Keuntungan dari
bisnis konvensional:
1. Pembeli dapat melihat secara langsung dan
memilih produk yang akan dibeli sehingga pembeli tidak ragu dengan barang yang
sudah dia beli.
2. Minimnya penipuan karena pembeli dapat bertemu
dengan penjual secara langsung.
3. Umumnya bisnis konvensional memiliki banyak
stok barang sehingga resiko pembeli kekurangan stok barang sangat minim.
Kekurangan dari
bisnis konvensional:
1. Jika ingin memperluas pemasaran harus membuka
kios atau toko yang baru.
2. Untuk membuka kios atau toko membutuhkan modal
yang besar.
3. Memerlukan modal yang cukup besar untuk mencukupi stok barang yang akan dijual.
Bisnis waralaba
bisnis waralaba
adalah bisnis dimana pemilik merek memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk
melaksanakan bisnis (franchise) dengan merek, nama, sistem, prosedur dan
cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu.
Keuntungan dari
bisnis waralaba:
1. Tidak perlu merancang model manajemen bisnis
karena manajemen bisnis telah terbangun.
2. Kerjasama bisnis telah terbangun.
3. Sudah memiliki manajemen finansial.
4. Sudah dikenal masyarakat.
Kekurangan dari
bisnis waralaba:
1. Terikat dengan supplier.
2. Pemotongan keuntungan.
3. Reputasi antar waralaba saling memengaruhi.
4. Tidak dapat bebas mengaplikasikan ide-ide
karena terikat dengan kontrak
Bisnis E-commerce
E-commerce adalah
bisnis yang dijalankan sama seperti bisnis pada umumnya hanya saja dilakukan melalui media internet.
Keuntungan dari bisnis E-commerce:
1. Untuk memperluas pemasaran tidak perlu membuka
toko baru.
2. Dapat melakukan perdagangan tanpa batasan
daerah dan waktu.
3. Tidak memerlukan modal yang besar.
4. Tidak memerlukan banyak stok barang.
Kekurangan dari bisnis E-commerce:
1. Pembeli tidak dapat melihat produk secara
langsung saat hendak membeli.
2. Proses pengantaran barang membutuhkan waktu.
KESIMPULAN
Untuk memulai
sebuah usaha diperlukan model bisnis yang harus disesuaikan dengan keinginan
maupun modal dari perintis usaha, karena dengan mengetahui karakteristik model
usaha yang dijalankan, pelaku usaha akan dapat meminimalisir permasalahan yang
muncul dalam proses mengembangan usahanya.
DAFTAR PUSTAKA
(Di Unduh 26 Maret 2018)
(Di Unduh 26 Maret 2018)
(Di Unduh 26 Maret 2018)
(Di Unduh 26 Maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar