Latar belakang
Fashion berasal
dari kata bahasa inggris yang berarti cara, gaya, model dan kebiasaan.
Sebenarnya pengertian fashion itu sendiri berbeda-beda bagi setiap orang.
Ada yang berpendapat fashion adalah busana atau pakaian yang menentukan penampilan seseorang dalam suatu acara tertentu, sehingga terlihat berbeda dari sebelumnya. Lalu, ada juga yang berpendapat fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, alas kaki, aksesoris, make up, body piercing, atau furnitur serta gaya rambut.
Ada yang berpendapat fashion adalah busana atau pakaian yang menentukan penampilan seseorang dalam suatu acara tertentu, sehingga terlihat berbeda dari sebelumnya. Lalu, ada juga yang berpendapat fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, alas kaki, aksesoris, make up, body piercing, atau furnitur serta gaya rambut.
Perkembangan dunia fashion yang disebut
mode ini telah mengalami kemajuan yang pesat di Indonesia. Trend atau Mode
adalah gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya. Menurut kamus besar
Bahasa Indonesia : Trend atau mode merupakan bentuk nomina yang
bermakna ragam cara atau bentuk terbaru pada suatu waktu tertentu.
Fashion merupakan salah satu yang membawa
pengaruh besar dalam globalisasi. Di era globalisasi dunia fashion selalu
berubah-ubah dari model yang satu ke model yang lain. Oleh karena itu,
perkembangan fashion selalu menarik sehingga banyak orang yang selalu ingin
mengikuti trend, khususnya kaum remaja. Informasi mengenai perekembangan fashion
di era globalisasi akan dapat membantu dalam pemanfaatan lebih lanjutnya.
Perkembangan fashion, model busana, rancangan
pakaian, gaya kostum dan lain-lain di Indonesia sudah sampai dititik yang
mengesankan. Ini bisa dilihat dengan begitu maraknya yang menjual dan
mengiklankan macam-macam gaya fashion. Tak ketinggalan juga di sepanjang jalan
pun banyak sekali toko-toko yang memajang display gaya-gaya fashion yang begitu
variatif.
Saat ini Indonesia juga tidak mau kalah oleh
acara tahunan di keempat kota tersebut, hingga Indonesia juga mempunyai acara
yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali yaitu Indonesia Fashion Week.
Dalam pagelaran busana Indonesia Fashion Week ini dan Jakarta Fashion Week,
diramaiakan oleh para desainer Indonesia yang memamerkan hasil karyanya yang
elegan seperti songket, batik dan kebaya sehingga tidak kalah hebatnya dengan
para desainer dari luar negeri. Dengan disentuh nuansa tradisional ini juga
memiliki standar yang internasional. Dengan dua acara fashion show tahunan yang
diselenggarakan di Indonesia ini, membuat dunia untuk melihat bahwa Indonesia
layak menjadi negara yang akan dapat menjadi kiblat fashion di Asia.
Di zaman sekarang ini semakin susah untuk mencari
pekerjaan. Maka dari itu sejak dini kita harus berpikir bagaimana agar kita
menjadi sukses. Kita tidak boleh hanya berkeinginan untuk menjadi karyawan.
Kita harus mulai berpikir bagaimana cara untuk membuat usaha sendiri. Kita juga
harus berusahan memulai sedini mungkin agar lebih cepat sukses. Meskipun masih
menjadi seorang pelajar maupun mahasiswa sebenarnya kita sudah bisa untuk
membuat usaha sendiri. Sehingga nantinya kita tidak akan merasa susah jika
tidak diterima di sebuah perusahaan.
Maka
dari itu, kami sangat tertarik membuat usaha dalam bidang fashion, mengetahui
banyaknya orang yang akan membutuhkan dan tertarik dengan bidang fashion yang
semakin diminati. Dan kami ingin menjadi wirausahawan muda yang sukses dan
mandiri, Serta untuk mengurangi pengangguran yang semakin bertambah. Kami
sebagai mahasiswa ingin memiliki jiwa wirausaha agar kelak setelah lulus, kami
bisa menciptakan peluang pekerjaan, bukan hanya menjadi karyawan.
Tujuan
Tujuan
kami dalam membuat usaha ini adalah, karena kami melihat semakin berkembangnya
fashion di Indonesia terutama di kalangan remaja. Dan untuk menambah jumlah
wirausahawan muda di Indonesia. Serta memperluas peluang pekerjaan, untuk
masyarakat Indonesia. Serta agar para mahasiswa atau remaja tetap bisa tampil
stylish dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Selain itu tujuan lain
dari kegiatan ini adalah :
·
Melatih
diri dalam berwirausaha.
·
Melatih
untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang berbeda karakter dan
keinginan.
·
Untuk mengetahui bagaimana proses produksi dan
metode penjualan yang kami lakukan
·
Untuk mengetahui metode pemasaran yang
digunakan
·
Untuk mengetahui kelayakan usaha tersebut.
Manfaat
Manfaat
dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dan melatih jiwa
wirausaha, di kalangan pelajar atau mahasiswa.
Serta untuk pengembangan sikap mental yang lebih mandiri dalam
menjalankan usaha dan dapat mengambil keputusan secara tepat dan cepat
Gambaran umum rencana usaha
Usaha
ini pada awalnya memiliki tujuan baik bagi masa depan kami. Selain ingin
mendapatkan keuntungan dan kami berharap usaha ini dapat meringankan beban
orang tua sehingga tidak perlu membiayai uang saku kami.
Kondisi umum yang menimbulkan
gagasan menciptakan usaha
Awal
kami menciptakan usaha ini dikarenakan karena kami ingin menambah jumlah
pengusaha di Indonesia serta mengembangkan bidang fashion yang semakin
berkembang terutama pada kaum wanita.
Sasaran Konsumen
Sasaran
utama konsumen dalam brand fashion “YOUR CLOTHES” yaitu para mahasiswa karena
brand fashion kami menjual pakaian yang sedang menjadi trend dikalangan remaja.
Keuntungan Bisnis
Memulai
bisnis dibidang fashion ini dapat menguntungkan para penjual karena seiring
berkembangnya zaman maka kebutuhan akan fashion seseorang juga berubah. Bisnis
ini sangat menguntungkan karena brand kita mengkombinasikan trand fashion dari
berbagai dareah bahkan dunia.
Kendala Bisnis
kendala
yang terjadi dalam bisnis ini adalah, sudah banyak yang memiliki brand fashion
yang lebih terkenal, dan lebih diminati oleh banyak orang. Serta untuk memulai
usaha kami, kami terhambat oleh modal yang cukup banyak untuk mendirikan usaha
ini. masalah yang terjadi selanjutnya adalah, untuk menentukan “jati diri” dari
brand fashion your chlotes tersebut.
System Pemasaran
a.
System
Distribusi
Brand
fashion “Your Clothes” menggunakan system distribusi tak langsung yaitu dengan
mengandalkan sosial media seperti Instagram untuk lebih memperkenalkan brand
fashion kami kepada konsumen.
b.
Sistem
Pembayaran
Sistem
pembayaran dalam brand fashion kami yaitu mengunakan sistem pembayaran non
tunai, yaitu menggunakan sistem transfer antar bank untuk lebih mempermudah
jalannya produksi.
Kunci Sukses
Kunci
sukses brand kami yaitu fleksibel dan tidak kaku. Hal ini terlihat dari brand
kami tidak hanya menjual pakaian yang menjadi trand didaerah tetapi juga
mancanegara dengan mengkombinasikan kedua pakaian tersebut.
Kesimpulan
Kemajuan
suatu peruahaan tidak dapat terlepas dari kreatifitas dan kedisiplinan para
karyawan yang terlibat tanpa adanya kreatifitas suatu perusahaan hanya akan
berjalan ditempat dan sulit untuk mengembangkan perusahannya.
Saran
Tidak ada kata sempurna dalam hidup
untuk itu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan dalam membuat proposal
ini. Kritik dan saran akan selalu saya terima untuk bertambahnya ilmu yang saya
peroleh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar