1.1
Pendahuluan
Memasuki
awal tahun 2017 banyak sekali berbagai macam startup aplikasi bermunculan dan
menawarkan berbagai manfaat bagi penggunanya masing masing. Banyak aplikasi
yang memudahkan atau mungkin meringankan bagi mereka yang memanfaatkan nya.
Semakin kesini pun makin banyak startup yang berkembang pesat dari usaha
kecilnya yang bermula hanya dari ide yang menawarkan solusi bagi setiap target
pasarnya.
Melihat perkembangan industri
startup di Indonesia bahkan di dunia yang mengalami peningkatan, tentunya tidak
terlepas dari minat masyarakan yang membutuhkan solusi bagi mereka yang
membutuhkannya. Beraneka macam aplikasi lahir dengan banyak sekali manfaat yang
bisa digunakan untuk menyelesaikan solusi penggunanya, sehingga tidak heran
bisa saat ini beragam peluang bisnis di bidang startup aplikasi mulai di
kembangkan oleh semua orang sebagai alternatif besar untuk mendapatkan benefit
lainnya.
1.2
Konsumen
Target
pasar yang kami tuju adalah semua orang dan semua usia. kami menargetkan para
pecinta hewan khususnya kucing untuk menjadikan aplikasi ini sebagai solusi
bagi hewan peliharaan mereka untuk dapat berkembang biak sesuai kemauan pemilik
nya. Biasa nya para pemiliki dengan jenis atau ras kucing tertentu hanya ingin
mendapatkan keturunan kucing nya dari jenis atau ras yang sama pula. Disini
kita memberikan solusi yang pada dasarnya mengkawinkan hewan peliharan mereka
di Pet Shop harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, dan dengan aplikasi ini
mereka para pemilik hewan peliharan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya dan
hanya perlu membuat ketentuan atau perjanjian dengan pemilik pasangannya dengan
hasil yang dibagi dua.
1.3 Memulai
Bisnis
Kami
memulai bisnis ini dikarenakan susahnya orang mencari jodoh/pasangan untuk
kucingnya,makanya kami ingin membuat aplikasi cat matching ini,dengan adanya
aplikasi ini semua orang bisa mencari pasangan kucing yang dia pilih sesuai
ras/jenis yang mereka punyai.
Dan
semakin berkembangnya waktu kami membuat aplikasi cat matching ini untuk para pecinta
kucing,agar orang orang yang mempunyai kucing dapat mengembangbiakan kucignya
agar mendapatkan jodoh yang sesuai dengan sikucing dan juga dengan adanya
aplikasi ini membantu para pecinta
kucing mengembangkan kucing sebanyak
banyaknya .
1.4 Keuntungan
Binis
Dari segi Client ;
-Memasangkan iklan pada aplikasi cat matching
-mendapatkan profit ketika user mendownload
-penanaman modal(investor)
-Memasangkan iklan pada aplikasi cat matching
-mendapatkan profit ketika user mendownload
-penanaman modal(investor)
Dari segi user ;
Dengan adanya aplikasi cat matching ini pecinta kucing dapat mencari jodoh yang sesuai untuk si kucing dengan mudah dan pemilik kucing dapat menentukan jenis kucing yang cocok untuk di jodohkan.
Dengan adanya aplikasi cat matching ini pecinta kucing dapat mencari jodoh yang sesuai untuk si kucing dengan mudah dan pemilik kucing dapat menentukan jenis kucing yang cocok untuk di jodohkan.
1.5 Kendala Bisnis
Seperti yang kita ketahui, dalam membangun sebuah perusahaan digital
atau startup tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang menjadi syarat untuk
menjadikan bisnis tersebut dapat berjalan mulus selain ide kreatif dan juga
jenis layanan yang ditawarkan. Kendala yang didapatkan saat awal yaitu start up kami belum mendapatkan
kepercayaan yang cukup dari para calon pengguna layanan. Hal tersebut terjadi
karena kami merupakan start up baru yang belum begitu dikenal oleh masyarakat.
Selain itu, kendala lain yang dihadapi yaitu terbatasnya dana yang dimiliki
untuk mengembangkan start up kami pada awal berdiri. Jadi, untuk menjadi start
up yang bisa sukses setidaknya dibutuhkan beberapa tahun untuk menyosiliasikan
dan juga mendapatkan tambahan pendanaan dari investor agar start up kami dapat
berkembang. Untuk itu diperlukan sistem pemasaran yang benar agar kendala
tersebut dapat diatasi dengan baik.
1.6 Sistem Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran kami, tentu
diperlukan yang namanya strategi pemasaran yang benar dan terukur. Sebagai
start up baru yang menawarkan layanan kepada pengguna tentu kami memiliki
beberapa strategi jitu agar dapat dikenal oleh masyarakat. Karena kami
menggunakan internet sebagai media utama, tentu kami akan melakukan pemasaran
menggunakan media internet. Berikut beberapa strategi pemasaran bisnis yang
akan kami lakukan:
Membuat
konten video
Saat ini video sudah menjadi cara ampuh untuk menarik
lebih banyak pengguna, apalagi video yang dibuat unik dan berpotensi menjadi
viral di internet. Dengan konten video berkualitas diharapkan mampu untuk lebih
menarik perhatian serta meningkatkan kegiatan pemasaran.
Menjaga
repurtasi brand online
Media sosial tentu bisa menjadi cara yang mudah untuk
membesarkan sebuah brand sekaligus menjatuhkannya. Untuk itu kami akan pastikan
apa yang dimuat di akun media sosial startup kami tidak keluar dari jalur yang
telah ditetapkan. Jika adanya serangan negatif secara online, kami akan segera
lakukan antisipasi dengan bijak. Cara mudah untuk bisa mengontrol semua itu,
dengan melakukan penyetelan Google Alerts pada nama perusahaan, jika ada
mention yang bersifat negatif dalam media sosial, bisa segera diantisipasi dan
diteliti lebih jauh.
Mendekati
pelanggan secara personal
Kami juga akan melakukan kegiatan pemasaran secara
personal, mendekati pelanggan dan juga menciptakan hubungan interaktif dengan
mereka. Sehingga mereka akan lebih dekat dan mencintai start up kami. Kegiatan
itu akan kami lakukan secara rutin dan kami juga akan memastikan pelanggan
setia kami akan terus menggunakan produk secara berkelanjutan. Kegiatan
pemasaran secara personal, tentunya mampu menciptakan kedekatan dan rasa
memiliki pada pelanggan, sehingga merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan
pemasaran start up yang kami dibuat.
Melakukan
kegiatan offline
Selain dengan melakukan pemasaran online, kami juga
akan sertai pula pemasaran secara offline, karena dengan cara ini mampu
mendekatkan diri dengan pelanggan kami serta merupakan salah satu kunci
keberhasilan. Banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk kegiatan pemasaran
offline, seperti mengikuti kegiatan bazaar, meet-up dan masih banyak lagi.
Melakukan pertemuan atau interaksi langsung dengan pelanggan lama dan baru,
tentunya bisa menumbuhkan awareness dan selanjutnya tertarik serta ingin
mengetahui lebih dalam mengenai start up kami.
Membuat
konten menarik
Kami juga akan menciptakan konten pemasaran yang bisa menjangkau lebih
banyak lagi pengguna baru untuk mencoba produk startup kami. Kami membuat
konten menarik yang bukan hanya bermanfaat, namun juga sarat dengan informasi
tentang produk atau layanan yang dimiliki oleh startup. Kami juga akan
mengupayakan untuk membuat konten banyak di-share oleh pengguna di platform
media sosial yang berbeda.
1.7 Kunci
Sukses
Ada beberapa kunci sukses yang kami lihat dalam menjalankan
bisnis (StartUp) Cat Matching ini, diantaranya ;
- Kami melihat adanya peluang dari banyaknya orang yang
memelihara kucing.
Ini akan menguntungkan kami jika para pemelihara kucing ingin
memelihara kucing baru, tapi terhalang karena keterbatasan dana. Aplikasi ini
bisa menjadi solusi karena si pemelihara kucing bisa mencarikan jodoh /
pasangan untuk kucingnya agar bisa beranak dan mendapatkan kucing baru tanpa
perlu mengeluarkan biaya yang besar seperti saat membeli kucing baru.
- Bisnis ini juga berpeluang membuat kami bekerja sama dengan
produk perawatan kucing seperti makanan dan shampoo kucing.
- Produk-produk untuk perawatan kucing tersebut bisa
memasangkan iklannya pada aplikasi kami agar para pemelihara kucing membeli
produknya.
- Jenis aplikasi ini masih tergolong baru.
- Kami yakin aplikasi kami bisa menguasai pasar karena jenis
aplikasi seperti ini masih tergolong baru.
Hal diatas adalah beberapa kunci sukses yang kami lihat dari bisnis ini, dan yang
terpenting agar bisnis ini benar-benar sukses adalah dari niat dan keseriusan
kami sendiri dalam menjalankan aplikasi ini.
1.8 Analisa
Ekonomi
Asumsi Awal
• Terdapat 60
pelanggan yang ingin menjodohkan kucingnya pada 3 bulan pertama
Modal Awal
Sewa tempat 6 bulan Rp.
10.000.000,-
Komputer (2 buah) Rp.
10.000.000,-
Makanan kucing (stok 6 bulan) Rp.
300.000,-
Shampoo kucing (stok 6 bulan) Rp.
400.000,-
Kandang ukuran besar Rp. 350.000,-
Total Rp. 21.050.000,-
Biaya Penyusutan
Komputer 1/12 bulan
x Rp. 10.000.000 Rp.
83.333,-
Total Rp. 83.333,-
Biaya Operasional
Biaya sewa /bulan Rp.
166.666,-
Stok makanan /bulan Rp.
50.000,-
Stok shampoo /bulan Rp.
66.666,-
Biaya
listrik dan air /bulan Rp.
400.000,-
Total Rp. 683.332,-
Omset per Bulan
20
pelanggan x
perawatan
kucing selama dikawinkan Rp.
3.000.000,-
Total Rp. 3.000.000,-
Laba Bersih per Bulan
Rp.
3.000.000,- - Rp. 683.332,= Rp. 2.316.668,-
ROI (Return of Investment)
(modal awal
: laba bersih per bulan) Rp. 9.100.0000 Bulan
1.9
Kesimpulan
Dari segi ekonomi kami yakin Laba
akan bertambah terus menerus seiring waktu dalam pengembangan aplikasi yang
dikembangkan untuk lebih besar lagi, dan juga tentunya jika sudah berjalan
investor investor banyak yang tertarik. Dan dari segi pemasaran kami akan
selalu berusaha untuk melakukan promosi yang tidak biasa, tentunya masih
dipikirkan selain point point pemasaran
yang sudah di jelaskan diatas. Dapat disimpulkan dari point point diatas
kami sangat yakin kalo startup ini akan sukses dalam jangka panjang , karena
ini adalah salah satu inovasi baru yang sangat bermanfaat dan tentunya mempunya
calon pengguna yang banyak apalagi ini adalah hal umum bagi mereka yang
mempunyai kucing dan kesulitan untuk mencari pasangan yang mudah, aman dan
nyaman dengan platform yang menarik.
bang elu gimana ngitungnya ANALISA EKONOMI bagian Biaya penyusutan,, sama Biaya Operasional bagian biaya sewa/bulan?
BalasHapuselu kurang 1 digit angka dah..
coba dah itung pake kalkulator... :v
SALAM Mercubuana VROH..
makasih vroh koreksinya -salam nax yimyam
Hapus