BUSINESS
PLAN
Pie-Neapple
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang
Sekarang
ini banyak sekali hidangan kue yang beraneka ragam di Indonesia. Berberapa
jenis diantaranya berasal dari luar negeri yang masuk melalui era globalisasi,
namun ada juga kreasi yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Saat
ini orang-orang di Indonesia sangat pintar berkreasi, dan biasanya kreasi
tersebut datang dari pikiran masyarakat Indonesia sendiri, maupun yang
menggabungkan konsep awal dengan ide baru dan dikombinasikan unsur lokal.
Kita
ambil contoh, Kue Cubit, jenis kue asli indonesia ini pada awalnya hanyalah
kudapan pinggiran jalan, yang biasa ditemukan disekolah-sekolah, tapi
belakangan ini menjadi tenar dikarenakan ada kreasi unik dari kue tersebut. Kue
cubit yang hanya memiliki satu rasa disulap menjadi berbagi macam rasa seperti
rasa Green Tea (teh hijau) yang belakangan ini sangat populer dikalangan
remaja, lalu Buble Gum (permen karet), Red Velvet, Taro, dan lain-lain.
Di
sini kita akan membahas tentang kue pie, apa itu pie? Pie atau Pastei adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan
isi yang beraneka ragam. Isi dari kue pie dapat berupa buah, daging, ikan,
sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain sesuai selera. Pie yang
berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau
dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit painya, begitu juga
kue pie yang berisi daging (ikan atau daging sapi/ayam) hanya saja rasanya
lebih gurih.
Di Indonesia sebenarnya sudah ada jenis makanan ini, yaitu
Pie Susu yang berasal dari Bali dan sejauh yang kita tahu pada saat kemunculan
pertamanya kue pie ini sempat heboh dipemberitaan media, namun seiring
berjalannya waktu pie ini sudah redup, meskipun begitu kita masih bisa
menemukanya ditoko-toko kue biasa.
Maka dari itu kami mepunyai ide untuk membuka usaha pie yaitu
Pie-Neapple. Nama itu diambil dari Pie Pineapple, dimana pie tersebut berisikan
selai nanas. Kami berkeinginan untuk bisa menciptakan kreasi kue Pie
sendiri berbeda dari yang lainnya dan juga berharap nama tersebut bisa dengan
mudah diingat oleh para konsumen dikedepannya.
B.
Visi dan Misi Usaha
·
Visi
Masyarakat dapat
menikmati jajanan kuliner yang berasal dari luar negeri yang mudah didapatkan.
·
Misi
1. Mengkreasikan kue pie dengan cara yang modern.
2. Membuat kesan rasa yang enak dan tidak monoton.
3. Mengutamakan kepuasan pelanggan.
C.
Tujuan
1. Menerapkan ilmu kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari
2. Mencari keuntungan
3. Membuka peluang kerja
BAB II
Profil Badan Usaha
A.
Manajemen
Nama Usaha :
Pie-Neapple
Nama Pemilik :
·
Arrival Abi Rafdi
·
Alnis Gustin
·
Citra Trianing
Bidang Usaha : Kuliner
B.
Analisis Pemasaran
·
Produk yang ditawarkan
Pendiri menawarkan pie yang berisikan selai
nanas dengan berbagai topping yaitu bisa dari potongan buah, choco chips, keju,
whipped cream, dan choco crunch.
·
Sasaran Konsumen
Pendiri tidak menargetkan siapa saja yang
bisa menikmati produk ini, kami berharap dari berbagai kalangan dapet
menikmatinya. Karena masyarakat Indonesia menyukai kue kering yang identic
dengan rasa manis.
·
Target pasar
Untuk memulai usaha, pendiri
telah memilih lokasi pertama untuk berpromosi produk yaitu di Jakarta. Dilihat
dari situasi sekarang Jakarta menjadi tempat yang strategis untuk berniaga, dan
letak kota Jakarta juga lumayan dekat dengan kota-kota besar lainya. Potensi
ekonomi di Kota Jakarta juga sangat menjanjikan dilihat dari banyaknya pencinta
kuliner yang berasal dari kaum muda-mudi.
·
Pesaing
Pesaing usaha ini adalah para penjual makanan
unik yang sudah lebih lama membuka usaha dan sudah diakui cita rasanya. Namun pendiri percaya bahwa antar sesama pebisnis dan
pebisnis lainnya bisa menciptakan persaingan sehat didalam usahanya,
menciptakan silahturahmi agar terciptanya kekeluargaan antara pebisnis. Dan
tidak lupa menghormati hukum-hukum serta peraturan yang berlaku didalam dunia
perbisnisan.
·
Strategi
Pemasaran
(a)
Media
Internet
Pendiri akan mempromosikan Pie-Neapple via
media social seperti twitter, facebook, Instagram karena lebih cepat dan
efisien. Pendiri juga berencana ingin membuat website khusus untuk Pie-Neapple
supaya konsumen bisa melihat perkembangan terbaru dari Pie-Neapple.
(b)
Face to
Face
Promosi ini terbilang sangat
mudah penyebarannya, tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk berpromosi
cukup bercerita kepada orang-orang terdekat, teman atau keluarga sehingga
secara tidak langsung masyarakat akan merasa penasaran dan akan mencari tahu.
C. Laporan Keuangan
a. Harga
Adapun
harga yang kami tawarkan memiliki harga yang sama dari rasa yang diinginkan
oleh konsumen.berikut adalah daftar harga yang telah kami tetapkan,
Produk
|
Harga/pcs
|
Pie-Neapple topping choco chips
|
Rp. 5000
|
Pie-Neapple topping keju
|
Rp. 5000
|
Pie-Neapple topping buah
|
Rp. 7000
|
Pie-Neapple topping whipped cream
|
Rp. 8000
|
Pie-Neapple topping choco crunch
|
Rp. 8000
|
b. Modal Awal
Bagi pelaku
usaha penting bagi kita untuk memperhitungkan modal awal yang akan kita gunakan
untuk memulai kegiatan bisnis atau usaha yang akan kita jalankan, karena modal
adalah salah satu aspek penting dalam memulai bisnis atau usaha yang akan kita
jalankan. Adapun modal awal sebagai berikut :
Digunakan
dalam jangka panjang
No
|
Nama Barang
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Cetakan Pie
|
Rp. 12.000
|
20
|
2
|
Oven Listrik
|
Rp. 320.000
|
1
|
3
|
Mixer
|
Rp. 137.000
|
1
|
Total
|
Rp. 469.000
|
Digunakan dalam
jangka pendek
No
|
Nama Barang
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Plastik Bening Fancy
|
Rp.10.000/20pcs
|
60
|
2
|
Kertas Kue
|
Rp. 2.000/pcs
|
60
|
3
|
Nanas
|
Rp. 15.000/buah
|
3
|
4
|
Gula Pasir
|
Rp. 12.000/kg
|
1 kg
|
5
|
Kayu Manis Bubuk
|
Rp. 24.000/jar
|
1 jar
|
6
|
Garam Dapur
|
Rp. 2.000/bks
|
1 bks
|
7
|
Butter
|
Rp. 71.000/200gr
|
200 gr
|
8
|
Tepung Maizena
|
Rp. 9000/kg
|
1 kg
|
9
|
Tepung Protein
|
Rp. 10.000/kg
|
3 kg
|
10
|
Margarin
|
Rp. 10.000/bks
|
3 bks
|
11
|
Telur
|
Rp. 20.000/kg
|
1 kg
|
12
|
Gula Halus
|
Rp. 7.000/250 gr
|
250 gr
|
13
|
Air
|
Rp. 17.000/gallon
|
1 gallon
|
14
|
Keju
|
Rp. 21.000/bks
|
1 bks
|
15
|
Choco Chips
|
Rp. 12.500/250 gr
|
250 gr
|
16
|
Choco Crunch
|
Rp. 19.500/box
|
1 box
|
17
|
Whipped Cream
|
Rp. 46.000/liter
|
1 liter
|
18
|
Aneka Buah
|
Rp. 30.000
|
-
|
Total
|
Rp. 546.000
|
Jadi, total untuk modal awal kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek
adalah =
Rp. 469.000 + Rp. 417.000 = Rp. 1.015.000
Adapun rencana pendapatan yang akan kami lakukan sebagai berikut
Untuk target penjualan Pie 60 pcs/hari ( asumsi )
Penjualan :
Pie-Neapple : Rp.8.000 x 60 = Rp. 480.000
Total Penjualan/Hari = Rp. 480.000
Rencana Pendapatan :
(Penjualan/hari x 7 hari) - Rp. 546.000
= (Rp. 480.000 x 7) – Rp. 546.000
= Rp. 3.360.000 – Rp. 546.000
= Rp. 2.814.000
Keuntungan dalam sebulan :
= Rp. 2.814.000 x 4
= Rp. 11.256.000
Jadi pendapatan bersih per bulan adalah sebesar Rp. 11.256.000
D. Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus
mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis
SWOT.
·
Strength
(Kekuatan)
¨
Memiliki SDM dengan
etos kerja yang baik.
¨
Produk higenis dan
harga ekonomis.
¨
Inovasi rasa yang
berbeda dan beraneka ragam.
·
Weakness (kelemahan)
¨
produknya mudah ditiru, Pelanggan yang tidak
tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti.
¨
Harga bahan baku yang tidak stabil
¨ Munculnya saingan sajian makanan yang
lebih popular dan baru.
·
Opportunity
(kesempatan)
¨ Mitra kerja yang banyak.
¨
Meningkatnya
aktifitas masyarakat yang membuat mereka tidak bisa membuat kue untuk kebutuhan
pribadi atau event.
¨
Kebutuhan
kue kering sehat dan bergizi dengan harga terjangkau yang meningkat.
·
Threat
(hambatan)
¨ Kompetitor yang bergerak di bidang usaha
yang sama.
¨ Banyaknya
Saingan yang namanya sudah lebih melambung.
¨ Perubahan
selera konsumen.
BAB III
Penutup
A.
Kesimpulan
Usaha Pie-Neapple bisa
dibilang usaha yang cukup menjanjikan karena mempunyai peluang yang sangat
besar dan bisa memperoleh keuntungan yang mempunyai cita rasa khas dan bisa
disesuaikan dengan selera konsumen. Pendiri berharap peluang usaha ini bisa
terus berkembang mengikuti jaman.
B.
Saran
Agar tidak menimbulkan
kegagalan usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan
memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha bisa berkembang
dengan cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para
konsumen membeli produk tersebut.
Refensi : http://blogristiyuliana.blogspot.co.id/2014/06/proposal-kewirausahaan-business-plan_7.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar