@Startup G05 -
Zalora
Indonesia
Zalora Indonesia
merupakan bagian dari Zalora Group yang didirikan oleh Rocket Internet. Rocket
Internet adalah incubator startup online terbesar di dunia, beberapa usaha
lainnya yang hadir di Indonesia meliputi Wimdu, Foodpanda, Princepanda,
Lampudi, dan Carmudi.
Zalora Indonesia mencakup online fashion terbesar yang menjadi destinasi diberbagai Negara, terutama di Asia Tenggara yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia & Brunei, Filipina, Thailand Vietnam, Hongkong dan Taiwan. Zalora didirikan pada awal tahun 2012.
Zalora Indonesia mencakup online fashion terbesar yang menjadi destinasi diberbagai Negara, terutama di Asia Tenggara yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia & Brunei, Filipina, Thailand Vietnam, Hongkong dan Taiwan. Zalora didirikan pada awal tahun 2012.
Zalora memiliki koleksi
lebih dari 500 merk local, internasional dan designer, pelanggan mereka dapat
berbelanja online dengan pilihan produk fashion pria dan wanita mulai dari
pakaian sepatu aksesoris dan produk kecantikan.
Bagi kalian pelanggan
Zalora, kalian dapat menikmati kemudahan 30 hari gratis pengiriman. Pengiriman
tercepat selama 1-3 hari kerja dan beberapa metode pembayaran termasuk COD
(Cash On Delivery).
Situs Zalora Indonesia
mempunyai navigasi yang sederhana dan intuitif sehingga mempercepat dan
mempermudah proses belanja bagi pelanggan. Setelah produk yang kalian inginkan
ditempatkan ke tas belanja, kalian dapat memilih beberapa metode pembayaran. Setelah
pemesanan berhasil, Zalora akan segera memberikan laporan tentang status
pemesanan pembeli. Semua pembeli akan menerima nomor pelacak produk yang
memudahkan pembeli untuk melacak produk mereka hingga barang sampai ke tangan
pembeli.
Zalora Indonesia belum
memaksimalkan kanal pemasaran. Ketika banyak pemain e-commerce dan online
marketplace berrtanding untuk menjadi yang paling popular dan diminati, melalui
berbagai saluran periklanan termasuk televise, fashion marketplace Zalora
jarang atau hampir tidak pernah terlihat melakukan strategi yang sama. Potensi
konsumen online di Indonesia tak melulu kalangan digital native. Bagi Zalora membangun
awareness menjadi penting untuk memenangkan pasar tersebut, terlebih jika
diiringi dengan strategi yang hampir dilakukan semua layanan saat ini, yakni
penawaran diskon. Karena konsumen cenderung lebih fleksibel memanfaatkan ragam
penawaran yang selalu baru dari beragam layanan belanja online yang dapat
menjamin kepuasan dengan produk dan juga selalu diproritaskan semua layanan.
Zalora Indonesia memiliki
banyak kelebihan salah satunya, menyediakan berbagai produk yang dijamin
lengkap, tersusun rapih dan jelas di websitenya. Zalora menyediakan beragam
produk fashion dengan harga yang terjangkau, dan juga proses untuk berbelanja
di zalora sangatlah mudah. Dan zalora Indonesia menyediakan berbagai diskon
yang menarik. Selain kelebihannya zalora juga memiliki kekurangan yaitu
konfirmasi permbayaran yang terkadang cukup lama dan fasilitas yang masih belum
bisa dilakukakan dibanyak kota.
Apa itu BLIBLI.COM?
BLIBLI.COM adalah salah satu perusahaan
E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep
tersebut yang mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall
bias menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun
dan kapanpun. Blibli sendiri adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang
merupakan anaka perusahaaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun
2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistic,
banking patner serta merchant patner dengan standar tertentu untuk menciptakan
system back-end yang bias memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Saat ini Djarum
Group melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk incubator
start-up local berbasis komunitas dan memberikanbantuan modal bagi star-up
local yang inovatif. Kantor pusat blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan
biaya infrastuktur seperti server dan jaringan hamper mencapai Rp 100 milyar.
Presiden Direktur blibli yaitu Kusumo Martanto
juga gencar ekspansi. Ia menuturkan sejak Juli 2011 telah mengeluarkan dana
investasi hingga Rp 50 miliyar. Investasi tersebuit digunakan untuk
pengembangan desain dan layanan situsnya. “yaitu membuat kategori untuk barang
atau produk baru” begitulah ungkapnya.
Toko blibli sendiri it sendiri berupa :
- home pada web toko online ini blibli merupakan situs mengenai penjualan berbagai macam produk secara online. Ada 11 kategori prosuk yang bias dipilih sesuai kebutuhan seperti handponde & tablet, fashion pria dan wanita, kamera, computer &laptop, kecantikan dan kesehatan,hobi dan olahraga, ibu dan anak, otomotif dan kuliner.
- Desain web blibli.com cukup simple. Pembeli dapat mencari barang yang diinginkan sesuai kategori yang disediakan. Selain itu pebeli juga dapat dengan mudah mencari barang yang mereka cari dengan menulisnya di kotak pencarian yang tersedia.warna biru dan putih mendominasi tampilan web. Komponen yang ada disitus web ini juga cukup lengkap dan tata letaknya rapi, walaupun terdapat beberapa komponen yang ukurannya cukup kecil yang menyebabkan tidak begitu jelas dilihat oleh pengunjung.
- Berdasarkan analisa koneksi internet, blibli.com adalah sebuah situs web yang dapat dibuka disegala platform baik media computer maupun smartphone.
- Berdasarkan kelengkapan fitur, fitur yang disediakan blibli.com cukup banyak.
Berdasarkan analisa pemasaran, pemasaran blibli.com melalui twitter,
facebook, goggle+, instagram, dan youtube. Blibli.com menggunakan media
tersebut untuk mempromosikan produk dan promo. Berdasarkan analisa transaksi
blibli.combisa dengan internet banking, kartu debit/kredit, transfer virtual
account, maupun uang elektronik, tetapi saat ini blibli.com belum menerima
pembayaran cash on delivery (COD). Pembayaran dapat dilakukan dalam kurun waktu
1x24 jam, lebih dari itu makan transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
Apa itu GO-JEK?
GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi
berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di
berbagai sektor informal di Indonesia. GO-JEK merupakan perusahaan dibidang
jasa yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Kegiatan GO-JEK
bertumpu pada tiga nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial.
Di
awali dengan memberitahu kepada semua orang bahwa GO-JEK adalah startup asli
Indonesia dengan misi sosial. GO-JEK ingin meningkatkan kesejahteraan sosial
dengan menciptakan efisiensi pasar. Melalui teknologi kami berusaha menyebarkan
dampak sosial yaitu kehidupan yang lebih baik untuk driver dan keluarganya
dengan meningkatkan jumlah penghasilan mereka. Layanan utama GO-JEK sangat
penting bagi kota dengan tingkat lalu lintas yang padat seperti Jakarta dan kota
lainnya di mana kami beroperasi. GO-JEK menawarkan manfaat besar baik untuk
para pelanggan dan penyedia jasa.
GO-JEK
merupakan hasil karya anak bangsa yang bernama Nadiem Makarim. Nadiem adalah sosok di balik revolusi industri
transportasi khas Indonesia, ojek. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi
mobile, Nadiem sukses membangun Gojek, sebuah layanan jasa ojek berbasis
aplikasi online menjadi sebuah perusahaan layanan transportasi alternatif yang
digemari masyarakat.
Saat ini, aplikasi GO-JEK sudah diunduh lebih dari
13 juta orang di berbagai daerah. Kini, tak kurang dari 210 ribu orang
pengemudi atau biasa dipanggil driver Gojek telah meroda di jalanan. GO-JEK telah
beroperasi di 50 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali,
Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo,
Manado, Samarinda, Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar
Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo,
Pekalongan, Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang,
Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan,
Tegal,Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar,
dan Madura serta pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.
Saat
ini GO-JEK mempunyai layanan yaitu, GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD, GO-MART, GO-SEND,
GO-BOX, GO-TIK, GO-MED, GO-PAY, GO-PULSA, GO-POINTS, GO-MASSAGE, GO-CLEAN,
GO-AUTO, GO-CLAM.
Manfaat dari GO-JEK berikut ini adalah keefesienan waktu yang
diberikan. Di kota besar yang serba padat merayap terkadang membuat sebagian
orang merasa malas keluar rumah karena hampir sebagian waktu di gunakan untuk
tertebak macet di jalanan. Nah saat kebutuhan mengharuskan anda keluar rumah
tapi anda tidak bisa maka anda bisa menggunakan jasa GO-JEK ini agar membantu
anda secepatnya jadi sambil menunggu gojek menyelesaikan pekerjaannya anda juga
bisa melakukan aktivitas lain dari dalam rumah. Dengan ini waktu anda menjadi
sangat efesien sekali.
TRAVELOKA
Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket
pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.
Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Para pendiri
Traveloka
adalah para praktisi teknologi informasi yang kembali dari Amerika Serikat ke Indonesia antara
lain:
- Derianto Kusuma, lulusan Universitas Stanford, sebelumnya bekerja sebagai software engineer senior LinkedIn di Silicon Valley
- Ferry Unardi, lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang sebelumnya bekerja untuk Microsoft.
Pada awal 2015,
dilaporkan tim Traveloka terdiri dari lebih dari 50 orang. Penggagas KawalPemilu.org, Ainun Najib juga
bergabung.
Strategi Pemasaran Traveloka
- Price
Traveloka adalah
online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan
mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem
online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat
menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan
sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
- Product
Traveloka adalah layanan
jual beli tiket pesawat. Dalam laman resminya yakni http://www.traveloka.com.
Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi
dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang
sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan
pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka bekerjasama
dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk
menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/ . hal ini memungkinkan
konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang
di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai yang
bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah :
Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll. Traveloka juga
menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang
sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga
atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.
- Promotion
Cara promosi yang
dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv
dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah
facebook, twiiter, dan website. Iklannya sendiri pun sudah banyak kita lihat di
tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk beriklan di televisi sangatlah mahal.
Mungkin karena visi dari Traveloka yang sangat yakin kalau langkah yang
diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang nanti didapatkan. Apabila beriklan
di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak orang. Dengan dilihat oleh banyak
orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.
Dalam dunia marketing
modern, mengeluarkan budget untuk iklan adalah hal yang biasa bagi yang punya
modal. Prinsip marketing, mengeluarkan biaya memang diperlukan — guna
memperoleh pendapatan yang lebih besar. Istilahnya adalah input harus lebih
besar daripada output.
- Place
Berhubung Traveloka
adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online. Maka tempat
berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan
Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan diberbagai media
social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan pemesanan dilakukan
melalui internet.
Traveloka sangat
menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C), dimana rata-rata
transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan saham atau
menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan mudah
terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia
Tenggara
- People
Ferry Unardi, pendiri
sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran
pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Awalnya, Ferry hanya dibantu dua
rekannya yang pernah bekerja di Microsoft. Modalnya diperoleh dari East
Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha
baru. Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers
yang memiliki jaringan startup Rocket Internet. Dalam waktu enam bulan,
karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya
terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran
di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi
30 orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka punya 120 pegawai.
- Proses
Proses pemesanan tiket pesawat di
Traveloka :
- Cukup masukan kota asal, kota tujuan, tanggal berangkat, dan jumlah penumpang lalu klik tombol cari tiket.
- Setelah itu kita akan dibawa ke halaman hasil pencarian. Di halaman ini akan memperlihatkan seluruh penerbangan yang tersedia dan diurutkan dari harga yang paling murah. Pilih penerbangan yang diinginkan dengan cara mengklik tombol pesan yang ada di sebelah kanan.
- Isi data diri kita lalu bayar. Tidak lama setelah melakukan pembayaran, e-tiket pun akan dikirimkan melalui email. Metode Pembayaran Yang Ada di Traveloka : Transfer bank, Kartu kredit, Mandiri clickpay, BCA klikpay, ATM, CIMB clicks, Mandiri ecash, Mandiri debit, BNI debit.
- Physical Environment
Physical Environment yang
ditunjukkan oleh Traveloka sangat baik, hal itu dapat disimpulkan bahwa
sebanyak 250.000 kunjungan ke website dilakukan perharinya. Sehingga, selama
sebulan website Traveloka telah dikunjungi oleh 7,5 juta pengunjung. Baik itu
dari desktop maupun smartphone. Ini menunjukkan bahwa Traveloka telah menjadi
suatu icon dari agen pemesanan tiket pesawat dan hotel yang besar dan
terpercaya. Hal tersebut tidak luput karena pengembangan teknologi, bisnis,
serta design interface website yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Dan
begitulah seharusnya. Apapun itu, pasti memerlukan modal. Meskipun tak selalu
berbentuk uang. Bisa saja modal berupa tenaga, waktu, pikiran, skill dan lain
sebagainya.
ALODOKTER
Alodokter adalah
situs kesehatan nomor 1 di Indonesia dengan lebih dari 3 juta pengunjung setiap
bulan. Alodokter memungkinkan Anda memiliki dokter gratis di dalam saku. Tanpa
perlu membuat janji terlebih dahulu dan tanpa perlu menunggu lama, Anda dapat berbincang
dengan salah satu dokter umum Alodokter secara gratis guna mendapatkan nasihat
yang Anda perlukan. Alodokter menyediakan laman tanya-jawab secara online
dengan dokter-dokter Indonesia. Di Alodokter Anda bisa bertanya soal penyakit,
obat-obatan, suatu gejala, pencegahan, masalah keluarga dan masalah kesejahteraan.
Seluruh konten dan
artikel yang terdapat di Alodokter berdasarkan pada riset ilmiah dan telah
melewati proses editing ketat dari
tim jurnalis editorial dan tim dokter sebelum akhirnya tayang di website. Situs Alodokter dapat dipercaya
100% bagi penggunanya. Bagaimana bisa? Agar pasien yakin dengan dokter di situs
tersebut, Alodokter memberikan informasi pada masing-masing dokternya. Seperti,
nomor STR, IDI Membership, tempat praktek dokter, pendidikan dan juga tahun
lulus.
Alodokter berusaha
sebaik mungkin untuk memberikan informasi kedokteran atau nasihat melalui penyampaian kata-kata yang
mudah dipahami guna membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik terkait
kesehatan. Tujuan Alodokter adalah menyediakan indormasi kesehatan berkualitas
tinggi yang dapat diandalkan demi membantu pasien Indonesia dalam mengambil
keputusan yang lebih baik terkait kesehatan mereka. Alodokter yakin bahwa
pasien yang berpengetahuan akan mampu merawat diri sendiri dan keluarganya
dengan lebih baik. Harapan Alodokter adalah membuat Indonesia menjadi lebih
sehat.
- Penyakit A-Z. Pada kategori ini menyajikan informasi mengenai penyakit berdasarkan alfabet. Informasi yang diberikan mulai dari penyebab penyakit tersebut, cara diagnosis hingga pengobatannya.
- Obat A-Z. Pada kategori ini menyajikan informasi mengenai obat berdasarkan alfabet. Informasi yang diberikan mulai dari tentang obat tersebut, peringatan, dosis, aturan mengonsumsi dan efek samping obat tersebut.
- Hidup Sehat. Berisi informasi megenai tips-tips dalam menjalani hidup sehat.
- Keluarga. Pada kategori ini menyajikan informasi mengenai kesehatan keluarga, terutama ibu dan anak.
- Cari Rumah Sakit. Pada kategori ini menyajikan daftar pencarian rumah sakit berdasarkan tindakan medis dan kota yang ingin dituju.
- Tanya Dokter. Pada halaman ini, pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi mengenai keluhan penyakitnya yang nantinya akan dijawab oleh dokter yang telah bergabung di Alodokter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar