Berwirausaha
merupakan salah satu alternative bagi menaikan laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berwirausaha dapat
menyerap banyak tenaga kerja, mengurangi angka pengangguran dan dapat menekan angka
kriminalitas.
Hal ini sangat mendukung Indonesia yang sampai saat ini masih
menjadi negara berkembang utuk semakin mengembangkan agar menjadi negara dengan
ekonomi yang baik.
Dalam
menjalankan usaha (berwirausaha) seringkali usahawan mengalami banyak kendala
seperti modal awal yang sulit didapat, biaya promosi dengan biaya yang relative
cukup besar, dan pesaing yang sudah seperti raksasa. Namun pada dasarnya
seorang wirausaha harus memiliki sikap pantang menyerah untuk mensukseskan
bisnisnya tersebut.
Kekayaan Indonesia sangat melimpah
dan beragam, hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kekayaan
tersebut seperti sumber daya alam yang melimpah ruah, keanekaragaman suku,
agama, ras, dan budaya. Dengan kekayaan tersebut seharusnya dapat dijadikan
acuan dalam berinovasi untuk berwirausaha.
Konsumen
Target pasar usaha
ini adalah anak anak, remaja, hingga orang dewasa baik perempuan dan laki laki.
Jenis usaha minuman sehat dan kripik ini dapat dikonsumsi terkecuali bagi anak
anak dibawah umur 3 tahun. Bidikan konsumen juga tidak terlepas dari strata
dengan penghasilan yang tinggi, karena produk ini dijual dengan harga yang
cukup murah sehingga berbagai kalangan dapat menjadi sasaran konsumen.
Memulai Bisnis The
Rosellia dan Kripik Kong Kang
Dalam menjalankan
peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting akan saya siapkan terlebih dahulu,
antara lain sebagai berikut :
1. Seiring dengan
perkembagan zaman dan konsumen semakin cerdik dalam memilih makanan, minuman,
hingga obat maka saya perlu mengetahui perkembangan mengenai jenis makanan
ringan (kripik) apa yang sedang diminati saat ini. Selain itu saya juga harus
mampu melihat peluang jenis tanaman obat yang dapat disajikan menjadi minuman
sehat agar dapat mengganti obat karena saat ini konsumen lebih memilih
obat-obatan herbal dibanding dengan mengkonsumsi obat. Hal tersebut saya dapat
ketahui dengan membuka web dari intenet, baca buku dan lain sebagainya.
2. Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan
penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan baku yag
digunakan.
3. Mencari tenaga kerja yang dapat menerima upah dengan nominal yang
cukup rendah, karena dalam memproduksi minuman sehat Teh Rosella dan Kripik
Singkong, Pisang dan kentang (Kong Kang) cukup mudah dan tidak perlu pendidikan
lebih lanjut.
4. Menjaga kualitas produk guna menjaga kepercayaan konsumen dan agar
produk tetap tidak dikalahkan oleh pesaing. Melakukan beragam inovasi seperti
penambahan varian rasa dan selalu mempromosikan produk agar produk semakin
dikenal luas oleh konsumen yang belum mengetahui produk tersebut.
Keuntungan
Bisnis
Minuman sehat
seperti The Rosella kemungkinan besar sangat diminati oleh konsumen karena saat
ini pola pikir konsumen yang semakin cerdik karena lebih memilih minuman herbal
sebagai pengganti obat.
Makanan ringan
seperti kripik Singkong, Pisang dan Kentang adalah beberapa jenis makanan
ringan yang paling diminati oleh berbagai kalangan tanpa melihat umur (dibawah
2 tahun), jenis kelamin, dan jenis pekerjaan,
lingkungan tempat tinggal (pegunungan dan pantai).
Bahan baku yang
digunakan dalam membuat minuman teh rosella dan kripik Konkang (Singkong,
Pisang dan Kentang) dapat didapat dengan cukup mudah, karena banyak dijual
dibanyak pasar dan supermarket.
Kendala Bisnis
Kendala
yang dialami dalam memulai bisnis dengan produk ini modal, perlu beberapa
investor untuk membantu berjalannya operasional atau dalam berjalannya produksi
produk ini. Selain itu, dengan sudah adanya perusahaan raksasa yang memproduksi
jenis makanan ringan seperti Indofood akan mempersulit berkembangnya bisnis
yang akan kami jalani karena label atau merk dagang lebih familiar dikenal oleh
konsumen dan beberapa jenis produk yang dikeluarkan oleh beberapa perusahaan
raksasa lebih memiliki banyak varian rasa yang lebih beragam.
Strategi
Pemasaran
Dalam
memasarkan produk kongkang dan the Rosalia ini adalah dengan menggunakan iklan
di berbagai social media seperti facebook, twitter, instagram, watsapp dan
lalin sebagainya. Social media dipilih karena biaya yang relative lebih murah
dari iklan di televise ataupun dari mencetak brosur. Informasi yang disampaikan
melalui social media sangat cepat sampai ke calon konsumen, dan mudah
digunakan.
Kunci Sukses
Kunci sukses dalam
berwirausaha adalah seorang usahawan harus memiliki sikap ulet, tidak mudah
menyerah, memiliki banyak ide untuk berinovasi, tidak mudah patah semangat jika
gagal.
Analisa Ekonomi
Asumsi
- Produksi boneka
sebanyak 500 bungkus Kripik Singkong, 500 bungkus Kripik Pisang dan 500 bungkus
Kripik Kentang
- Proses produksi
dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
Biaya produksi
per bulan
Bahan baku
Singkong
|
Pisang
|
Kentang
|
|||
Qty
|
Satuan
|
||||
Bahan Baku
|
25
|
Kg
|
125,000
|
175,000
|
150,000
|
Perisa Makanan
|
9
|
botol
|
135,000
|
135,000
|
135,000
|
Minyak Goreng
|
8
|
Liter
|
184,000
|
184,000
|
184,000
|
Biaya pekerja
|
1000
|
Pcs
|
500,000
|
500,000
|
500,000
|
Plastik Clip
|
300
|
Pcs
|
150,000
|
150,000
|
150,000
|
Sticker
|
400
|
Pcs
|
200,000
|
200,000
|
200,000
|
Air
|
15
|
botol
|
75,000
|
75,000
|
75,000
|
biaya listrik
|
1
|
bulan
|
100,000
|
100,000
|
100,000
|
Biaya iklan
|
1
|
bulan
|
100,000
|
100,000
|
100,000
|
biaya transpotasi
|
1
|
Kali
|
30,000
|
30,000
|
30,000
|
Total Biaya 1
kali produksi
|
1,599,000
|
1,649,000
|
1,624,000
|
||
Harga Pokok
Penjualan
|
3,198
|
3,298
|
3,248
|
||
Harga Jual Satuan
|
8,000
|
8,000
|
8,000
|
||
Laba Per Bungkus
|
4,802
|
4,702
|
4,752
|
||
Penjualan bulan
ke 2 dst sampai dengan 1 tahun
|
4,000,000
|
4,000,000
|
4,000,000
|
||
Laba produksi
bulan ke 2
|
2,401,000
|
2,351,000
|
2,376,000
|
||
Penjualan 1 tahun
|
44,000,000
|
44,000,000
|
44,000,000
|
||
Laba Pertahun
|
26,411,000
|
25,861,000
|
26,136,000
|
||
Catatan
|
|||||
1 bulan dapat memproduksi sebanyak 1 kali
|
|||||
1 bulan dapat memproduksi sebanyak 500 bungkus Kripik Singkong
|
|||||
1 bulan dapat memproduksi sebanyak 500 bungkus Kripik Pisang
|
|||||
1 bulan dapat memproduksi sebanyak 500 bungkus Kripik Kentang
|
Omset per bulan
Penjualan kripik
kongkang : @ Rp 8.000,00 x 500 buah = Rp.4.000.000
Laba bersih per
bulan
Rp 8.000 – Rp 3298
* 500 pcs = Rp 2.351.000
Bahan-Bahan
|
Quantity
|
satuan
|
harga
|
Biaya 1 kali produksi
|
biaya produksi 1 bulan
|
||
Bunga Rosella
|
500
|
gr
|
25,000
|
25,000
|
100,000
|
||
Madu
|
200
|
gr
|
70,000
|
70,000
|
280,000
|
||
Air
|
10
|
liter
|
6,000
|
60,000
|
240,000
|
||
Jelly
|
1
|
kg
|
30,000
|
30,000
|
120,000
|
||
Selasih
|
1
|
kg
|
30,000
|
30,000
|
30,000
|
||
Perlengkapan
|
|||||||
Gelas Plasik
|
200
|
pcs
|
800
|
160,000
|
160,000
|
||
Plastik Sealer
|
1
|
roll
|
50,000
|
50,000
|
50,000
|
||
Cup Sealer
|
1
|
buah
|
600,000
|
||||
Biaya iklan
|
|||||||
Biaya iklan
|
1
|
bulan
|
50,000
|
200,000
|
|||
Penyusutan
|
|||||||
Cup Sealer
|
2301
|
9,863.00
|
|||||
Total Biaya
|
477,301
|
1,189,863
|
|||||
Harga pokok
Penjualan
|
2387
|
1,487
|
|||||
Harga Jual
|
8000
|
8000
|
|||||
Penjualan
|
1,600,000
|
6,400,000
|
|||||
Laba
|
1,122,699
|
5,210,137
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar