JUDUL
MOO JAJAN
KONSUMEN
Target pasar yang bisa bidik adalah kalangan anak-anak,
remaja, dewasa, instansi-instansi yang membutuhkan makanan untuk sehar-hari atau pada acara tertentu. Karna semua
orang pasti membutuhkan makanan dan minuman.
BAGAIMANA MEMULAI
BISNIS
Hal penting yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis ini adalah:
1.
Modal utama dalam bisnis ini adalah skill dan
pengatahuan mengenai produk makanan, minuman, dan snack apa yang sedang trend
atau laris dikalangan masyarakat. Hal ini dapat dicari melalui media cetak
maupun media elektronik.
2.
Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku
yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan
kualitas bahan yang digunakan.
3.
Melalukan pengontrolan pada setiap produk yang
akan dipasarkan.
KEUNTUNGAN
Seperti yang diketahui bahwa
makanan dan minuman adalah kebutuhan primer masyarakat, sehingga bisnis
usaha ini akan terus berkembang dengan mementingkan kualitas dari produk dan
terus berinovasi dalam menciptakan menu baru agar masyarakat tidak jenuh.
KENDALA
Kendala pada usaha ini adalah mengenai harga bahan makanan yang
tidak pasti dan banyaknya pesaing yang memiliki usaha sejenis.
STRATEGI
PEMASARAN
Pada usaha ini dapat dipasarkan pada instansi-instansi tertentu
atau membuka tempat usaha disekitar instansi-instansi. Mengikuti kegiatan bazar
yang mampu memperluas usaha, menitipkannya pada toko makanan atau minuman, dan
menggunakan media elektronik maupun media cetak sebagai media promosi.
KUNCI
SUKSES
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses
yang perlu diterapkan. Pertama, pupuklah mental juara dalam diri dan jadilah
pemenang dalam setiap tantangan yang ada. Jangan pernah takut dengan persaingan
yang ada di depan, karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa di
manfaatkan. Kedua, teruslah kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran
persaingan pasar kuliner yang semakin pesat. Bila kualitas produk yang
dihasilkan tetap terjaga, maka para competitor pun akan kesulitan dalam
menduplikasi produk.
ANALISIS
EKONOMI
Asumsi
- Produksi makanan dan minuman dalam bentuk
paketan box sebanyak 100 buah
-
Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa
menyewa rempat usaha dan alat produkasi
Modal awal
-
Beras (@ Rp 9.000 x 20 liter) Rp
180.000
-
Ayam
(@Rp 35,000 x 8 ekor) Rp
280.000
-
Bihun (@
Rp 12.000 x 2kg) Rp
24.000
-
Sayuran (Rp 10.000) Rp
10.000
-
Kerupul (@ Rp 30.000 x 2 kg) Rp
60.000
-
Air mineral (@ Rp 500 x 100) Rp
50.000
-
Box (@ Rp 1.000 x 100 buah) Rp
100.000
-
Buah pisang (@ Rp 2.000 x 100) Rp
200.000
-
Kentang (@ Rp 12.000 x 10 kg) Rp
120.000
-
Bahan lain-lain Rp.
250.000 +
Total Rp
1.274.000
Biaya
produksi per 100 box
Rp 1.274.000 : 100 = Rp12.740/box
Omset per
minggu
Penjualan makanan @ Rp 15.000 x 100 = Rp 1.500.000
Laba
bersih per minggu
Rp 1.500.000 – Rp 1.274.000 = Rp 226.000
Return of
Investment (ROI)
(modal awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan ± 2 bulan
PENUTUP
Semakin banyak pesanan dapat mengurangi harga bahan produksi, dan
usaha ini dapat dimulai dari rumah sendiri dan peralatan sendiri tanpa
membutuhkan modal yang besar, hanya dibutuhkan tempat atau target pasaran maka
usaha ini mampu berjalan dengan pesat dan tetap menjaga kualitas dan harga
produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar