BUSSINESS PLAN NKRI KOPI
(NYERUPUT KOPI RASA
INDONESIA)
LATAR BELAKANG
Saya akan membuat sebuah kedai kopi, dengan seperti itu saya
dapat menghasilkan biji kopi yang saya tanam sendiri, menghasilkan kopi
original yang beda dengan yang lain. Dan saya juga dapat memanfaatkan
masyarakat yang masih belum mendapatkan pekerjaan agar dapat mengurangi tingkat
pengangguran.
Pada
saat ini banyak orang yang menginginkan sebuah
tempat nongkrong / hangout yang cozy dan sesuai dengan selera mereka, terutama
kalangan pelajar atau mahasiswa. Maka dari itu saya akan membuat kedai kopi dengan pembuatan
yang berbeda agar orang yang menyukai minuman ini tidak merasa bosan karena
banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai minuman ini, maka saya akan
berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah
bagi semua kalangan masyarakat.
Analisis
Pasar dan Pemasaran
Suatu tantangan bagi manajemen
pemasaran untuk selalu tanggap terhadap perubahan lingkungan pemasaran
perussahaan adalah pergeseran selera konsumen, persaingan dan situasi
perekonomian. Perusahaan dituntut untuk menilai perubahan lingkungan tersebut
sehingga mampu merumuskan strategi pemasaran perusahaan dalam pencapaian tujuan
perusahaan itu sendiri.
Analisis
Produksi
Kopi merupakan hasil
bumi yang sangat melimpah di Indonesia dan memiliki banyak khasiat bagi mereka
yang mengkonsumsinya. Beberapa khasiat kopi adalah mencegah penyakit diabetes
hingga 50% dan kopi juga mengandung zat asam klorogenik dan trigonelin yang
dapat meningkatkan insulin dan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh. Dan
yang biasa orang ketahui adalah kopi dapat menyegarkan tubuh dan tidak mudah
mengantuk karena memiliki zat kafein. Oleh karena itu banyak orang yang
mengkonsumsi kopi ini, maka dari itu dapat kita manfaatkan selera masyarakat
ini untuk menjadi sebuh peluang bisnis yang menguntungkan.
Rencana Pengembangan
Usaha
Semua proses
produksi telah dilakukan, mulai dari pemilihan biji kopi yg baik dan
berkualitas sampai cara pengolahannya, dan sekarang saya akan mencari target
pasar. Yang harus diketahui dalam memulai usaha adalah peluang pasar dimana
produk ini dapat diterima. Ini adalah kunci penting agar usaha kita dapat
berjalan dengan lancer.
Saya harus menganalisa
keunggulan dan kelemahan pesaing dan mengetahui sejauh mana
kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu sisi
harga, pelayanan dan kualitas. Saya akan mensurvei dan meniliti pesaing-pesaing
saya agar dapat menghasilkan sebuah kopi yang berbeda dengan lainnya, bukan
saja berbeda, namun juga lebih enak dan sesuai dengan selera masyarkat. Dan
saya akan membangun sebuah kedai kopi ditempat yang cukup ramai dan dilalui
banyak orang. Contohnya sekitar kampus atau perkantoran, dengan seperti itu
kedai kopi saya akan cepat dikenal banyak lapisan masyarkat.
Pemanfaatan
Teknologi dan Informasi
Dalam
bisnis kami, pemanfaatan teknologi dan informasi cukup penting, karena itu bisa
membantu perkembangan perusahaan kami baik dari segi promosi maupun produksi.
Dari segi promosi TI berperan penting contohnya di dalam dunia internet.
Seperti promosi online melalui social media agar mudah menyebar luas.
Analisis keuangan
Rata– rata omset / Outlet / bln : Rp 100.000.000
Bahan Baku ( 40%
) :
Rp 40.000.000
Laba
Kotor : Rp
60.000.000
Biaya Operasional, outlet, Gaji
Pegawai : Rp 9.250.000
Overhead ( listrik, telp, pam ) : Rp 3.000.000
Sewa Tempat :
Rp 2.500.000
Langganan
Internet
: Rp 750.000
Operasional IT
: Rp 3.500.000
Biaya Penyusutan
Alat : Rp 2.500.000
diambil rata-rataOperasional Lain –
Lain :
Rp 5.000.000
TOTAL
: Rp 26.000.000
Laba Bersih / outlet : Rp 34.000.000
BEP / Balik Modal = 5,8 bulan
/ 6 bulan
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas
bahwa Coffee shop harus memiliki keunggulan produk baik, seperti :
·
Seperti citra
rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, keberhasilan
·
Cara penyajian
yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik
·
Fasilitas ruang café
yang begitu nyaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar