FRUITY CHOCOLATE
Jl. Bakti
Kel. Kebon Bawang Kec. Tanjung Priok
Jakarta Utara 14320
email; heyfebsss@gmail.com
BUSINESS PLAN “FRUITY CHOCOLATE”
Sejak beberapa bulan belakangan ini,
jajanan atau cemilan ketika zaman tahun 1990an kembali di gandrungi oleh para
anak-anak remaja di Jakarta. Yakni “Fruity Chocolate” yang artinya beberapa
jenis buah-buahan yang di celupkan coklat cair. Namun, berbeda dengan tahun
1990an pada era sekarang justru lebih kreatif lagi, dimana buah yang sudah
dicelupkan coklat tidak langsung begitu saja di sajikan. Melainkan ditambahkan
kembali topping-topping yang sudah disediakan.
Maraknya jajanan yang beragam dan
banyak digandrungi oleh anak muda. Maka, membuat penulis menjadi ingin mencoba
usaha ini dengan bermodalkan niat dan tekad. Pada usaha ini penulis berfokus
untuk menjual fruity chocolate saja, namun tidak semua jenis buah penulis jual
hanya beberapa saja. Misalnya pisang, papaya, melon, kiwi, dan mangga.
KONSUMEN
Pada usaha dibidang ini, penulis
memfokuskan kepada anak-anak dan juga remaja namun tidak menutup kemungkinan
juga ditawarkan kepada orang tua. Penulis sengaja menargetkan konsumennya
anak-anak juga remaja karna anak-anak seusia 6 tahun – 20 tahun sedang
senang-senangnya mencari jajanan yang beda dan jarang ditemui. Oleh karena itu
penulis menargetkan mereka dengan jajan fruity chocolate yang beda dengan yang
lain.
MEMULAI BISNIS
Ketika kita ingin memulai bisnis di bidang apapun kita harus
memiliki beberapa syarat, misal:
·
Skill
dan Pengetahuan, dimana ini sangat penting jika kita ingin membuka peluang
bisnis. Kita harus memiliki skill dalam membuat barang yang kita jual menarik,
beda. Serta memiliki pengetahuan yang luas, misalnya tentang target pasar,
tentang barang yang akan dijual, strategi pasar dan sebagainya.
·
Memiliki
jaringan luas dan kerja sama, jadi di usaha ini penulis membutuhkan buah setiap
harinya dan akan membelinya dalam jumlah banyak. Jika kita sudah memiliki
jaringan atau kerja sama yang baik maka akan lebih mudah, misal biayanya bisa
lebih murah karna sudah berlangganan atau bisa diantar barangnya tanpa perlu
kita yang ke toko buah.
·
Kualitas,
dimana setiap pengusaha harus memikirkan kualitas bagi barang barang yang dijualnya,
agar memuaskan pembeli.
KEUNTUNGAN BISNIS
Keuntungan yang didapat dari usaha
ini ialah mempromosikan jajanan atau cemilan zaman dulu menjadi digandrungi
kembali dengan lebih modern dan inovatif. Serta memotivasi para anak muda untuk
membuka usaha dengan sekreatif mungkin.
KENDALA BISNIS
Kendala bisnis yang kemungkinan
terjadi, bersaing dengan jajanan yang lebih menarik lagi. Misal kue cubit,
seblak, atau pancong. Serta pemasok buah yang mungkin adanya tergantung musim.
STRATEGI BISNIS
Dalam hal ini strategi bisnis yang
dilakukan oleh penulis yakni dengan menggunakan social media. Dimana social
media lebih memberikan peluang yang cukup banyak dibandingkan membuka kedai. Pertama,
dalam memasarkan produk penulis akan memasarkan melalui social media yakni Instagram,
Facebook, dan Web Blog. Kedua, melalui teman ke teman dan lingkungan sekitar
rumah saja. Kenapa demikian? Karna untuk langsung membuka kedai itu terlalu
cepat, jajanan kecil seperti ini akan lama untuk beradaptasi kepada orang
sekitar jadi peluang untuk laku terlalu sedikit jika langsung membuka kedai.
KUNCI SUKSES
Kunci sukses dalam menjalani sebuah
usaha atau bisnis yakni jujur dan harus ditekuni, memiliki kesabaran dalam
menghadapi naik turunnya usaha, serta ikhlas. Yang artinya, berjualan sesuai
hobi dengan hati yang senang tanpa terlalu memikirkan keuntungan yang banyak.
BIAYA KEUANGAN
A.
Biaya
bahan baku
No
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Coklat Batangan
|
Rp 60.000
|
2
|
Nyam Nyam
|
Rp 5.000
|
3
|
Choco Crunch
|
Rp 5.000
|
4
|
Oreo
|
Rp 105.000
|
5
|
Ceres
|
Rp 5.000
|
6
|
Susu
|
Rp 20.000
|
7
|
Buah-buahan
|
Rp 200.000
|
Total
|
Rp 400.000
|
B.
Biaya
peralatan
No
|
Alat
|
Harga
|
1
|
Gelas Plastik
|
Rp 8.500/pak
|
2
|
Plastik
|
Rp 15.000/pak
|
3
|
Stick Ice Cream
|
Rp 3.000/pak
|
Total
|
Rp 26.500
|
DAFTAR HARGA
KESIMPULAN
Seperti yang sudah saya jelaskan
diatas bahwa usaha dalam bidang kuliner khususnya jajanan atau cemilan sangat
memiliki peluang yang cukup besar. Dimana dengan harga yang terjangkau mereka
sudah bisa menikmati perpaduan rasa yang beraneka ragam. Dengan proposal ini,
saya yakin banyak konsumen yang tertarik dan penasaran bagaimana rasa cemilan
yang satu ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar