BISNIS PLAN USAHA
COKLAT
PENDAHULUAN
Pertumbuhan usaha kecil dan
menengah (UKM) di Indonesia semakin hari semakin pesat. UKM ini tentunya sangat
berdampak positif bagi perekonomian Indonesia dan membantu memberikan lapangan
pekerjaan, yang tentunya dapat mengurangi kemiskinan di Negara kita.
UKM merupakan salah satu kegiatan
industry yang tak terpengaruh dengan
krisis global di dunia. Sehingga ini merupkan salah satu motivasi dimana
banyaknya masyarakat yang memilih untuk membuka UKM.
LATAR BELAKANG USAHA
Chocolate Ball adalah usaha kuliner yang bahan bakunya
cokelat, karena cokelat dapat membuat releks pada otak dan tubuh, Menurut
ilmuan, apabila cokelat di konsumsi secara teratur dengan jumlah yang normal
dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat mengandung alkaloid – alkaloid seperti
teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk
tubuh. Kandungan – kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin
dalam otak. Cokelat yang paling disarankan untuk kesehatan adalah “Dark
Chocolate” , cokelat jenis ini dapat menangkal pembentukan radikal bebas yang
ada di dalam tubuh, karena Dark Chocolate memiliki kandungan anti oksidan. Saya
memilih usaha ini karena coklat merupakan salah satu yang sangat di gemari dari
semua kalanga.
Chocolate Ball ini menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman :
Meal :
·
Bola coklat
·
Cake choco
·
Choco corn
·
Choco Sticky
·
Pudding
Drink :
·
Hot Choco
·
Cold Choco
·
Choco bland
Farian rasa dari cokelat ini juga banyak, seperti :
·
Dark choco
·
Choco Milk
·
Choco mint
·
Choco berry
·
etc
Visi:
- Untuk memvariasikan
makanan unik
- Ingin memperdalam ilmu
bisnis kuliner
- Menjadikan pemuda untuk
lebih kreatif dalam berwirausaha
Misi:
- Menghasilkan usaha
yang berinovasi
- Menciptakan keuntungan
yang baik
- Menyediakan pelayanan yang
optimal
- Selalu memberikan
kenyamanan dan keamanan untuk pelanggan.
TARGET PEMASARAN
Target dari
usaha ini adalah dari semua kalangan anak – anak ataupun dewasa, karena harga
yang di tawarkan dari usaha ini sangat terjangkau, dan kemasan yang di sajiikan
juga sangat menarik, serta selalu ada inovasi baru untuk membuat pelanggan
tidak bosan dengan menu – menu yang ada.
MEMULAI BISNIS
-
Skill dan pengetahuan, untuk memulainya tentu
dibutuhkan adanya skill dalam membuat olahan coklat ini dengan menarik serta
pengetahuan tentang coklat yang akan di sajikan seperti apa
-
Membuat kerjasama, adanya kerjasama dengan orang
lain, seperti pemasok bahan baku dapat memberikan biaya bahan baku yang lebih
murah tanpa mengesampingkan kualitas yang ada.
-
Tenaga kerja, apabila usaha sudah cukup besar
maka dapat memulai untuk mencari tenaga kerja yang kompeten.
-
Control system, selalu melakukan control terhadap
semua divisi, agar dapat meminimalisir kesalahan – kesalahan yang ada.
-
Inovasi, berikan inovasi – inovasi dalam bisnis
ini, agar dapat bersaing dengan para pesaing yang ada, dan tidak mengalami
kerugian yang besar.
KEUNTUNGAN BISNIS COKLAT
Keuntungan dari
bisnis ini, dapat memberikan laba yang sangat baik, karena sampai kapanpun,
coklat akan terus diminati, coklat ini dapat diolah untuk berbagai macam jenis
makanan, dan coklat pun bisa menjadi menu andalan untuk acara party.
KENDALA BISNIS COKLAT
Setiap bisnis
pasti memiliki kendala – kendala, kendala utama bisnis coklat yang dapat
ditimbulkan dalam pengembangan usaha ini adalah :
-
Modal yang tidak mencukupi, karena seiring
berjalannya waktu dalam memngembangkan usaha.
-
Peralatan usaha yang kurang lengkap, jika usaha
sudah memulai ketahap ke lebih besar lagi.
-
Pemasaran dalam promosikan bisnis yang kurang
meluas, apabila ingin membuat usaha tersebut lebih besar.
-
Permintaan dalam pesanan coklat lebih banyak di
event – event tertentu (hari ulangtahun, valentine, dll).
Untuk itu,
dalam memecahkan masalah tersebut dapat dilakukan seperti :
-
Menambah modal, seperti meminjam kepada bank,
atau membuat kerjasama untuk meringankan modal yang lebih besar.
-
Apabila usaha sudah lebih besar, maka perlatan
usaha harus di tambah atau di upgrade kapasitas dari peralatan – peralatan tersebut.
-
Agar usaha yang dijalankan, promosi juga harus
lebih luas lagi, seperi memasang iklan di media TV/radio, social media, atau
papan reklame.
-
Mengehindari dari pesanan yang hanya di hari –
hari tertentu, jadi harus lebih bisa menarik pelanggan dengan cara membuat menu
yang dapat disajikan setiap harinya seperti snack coklat, atau minuman coklat,
dan strategi pemasaran yang lebih kreatif.
STRATEGI PEMASARAN
Untuk meambah
minat pembeli, tentunya ada strategi yang harus di terapkan,diantaranya :
-
Promosikan produk di media social yang ada,
membuat pamvlet/brosur
-
Mengikuti kegiatan seperti pameran UKM atau
bazzar kuliner
-
Mendistribusikan tester ke tempat lain
-
Memberikan harga – harga promosi, untuk menarik
perhatian pelanggan untuk datang.
KUNCI SUKSES
Kunci sukses
dalam berbisnis apapun bidang usahanya adalah :
1.
Memiliki keberanian dalam memulai
2.
Komit terhadap bisnis yan telah di mulai.
BIAYA OPRASIONAL
Biaya Oprasional dan Bahan
Baku
|
Rp
|
Coklat ( 3kg x 30.000)
|
90.0000
|
Bahan pelengkap
|
250.000
|
Peralatan pembuat kue
|
150.000
|
Kemasan produk
|
200.000
|
Biaya tak terduga
|
500.000
|
TOTAL
|
1.190.000
|
Omzet
penjualan
|
Rp
|
Harga pernjualan coklat
|
15.000
|
Pendapatan dalam sebulan
(15.000 x 25 hari)
|
375.000
|
Di atas adalah
merupakan perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk pemula bisnis coklat, dengan
bahan bahan yang mudah di dapat, dan peralatan yang tentunya ada dirumah.
Apabila bisnis sudah mulai berkembang, maka peralatan serta bahan – bahan pembuat
coklat harus lebih lengkap dan di upgrade kapasitasnya.
PENUTUP
harapan saya, semoga bisnis ini adalah awal dimana saya bisa mencapai kesuksesan, Untuk itu saya mulai mengumpulkan modal untuk memulai bisnis tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar