I.
Pendahuluan
Laju
pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini memang
cukup pesat. Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi
perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa
keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di
negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus
pengangguran di Indonesia.
Meskipun
sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala
usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain
sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang
tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu
lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti
inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka
memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk
mendatangkan untung besar setiap bulannya.
II.
Konsumen
Target pasar yang dibidik
adalah kalangan remaja sampai dewasa. Terutama untuk kalangan remaja apalagi
mahasiswi khususnya yang memakai kerudung. Pakaian yang dijual ini dari bahan
katun yang nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan banyaknya
kegiatan yang dilakukan, dengan pakaian yang nyaman di tubuh dan menyerap
keringat akan bagus untuk pemakainya.
III.
Bagaimana
Memulai Bisnis
Untuk menjalankan
peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih
dahulu, antara lain sebagai berikut :
3.1. Skill Dan Pengetahuan
Modal
utama untuk memulai bisnis adalah skill dan pengetahuan tentang bisnis apa yang
akan dijalankan. Perkembangan fashion pakaian muslim yang saat ini laris manis
di pasaran dapat membuka peluang untuk usaha. Untuk itu sangat diperlukan kejelian
dalam melihat perubahan minat konsumen
melalui majalah, internet, maupun mengamati langsung pakaian yang sedang
digemari masyarakat luas.
3.2.Kerjasama
Menjalin
kerjasama dengan supplier pakaian muslim yang memberikan penawaran harga lebih
murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan pakaian yang di gunakan.
3.3 Tenaga Kerja
Untuk
Tenaga kerja harus memiliki skill bagus dalam berjualan serta dapat melayani
pembeli dengan baik. Karena tenaga kerja merupakan factor pendukung berjalannya
suatu usaha agar kedepannya lebih baik. Bila perlu lakukan seleksi ketat
sebelum akhirnya menentukan tenaga kerja yang akan dipekerjakan.
3.4 Kualitas
Selalu
melakukan pengontrolan (quality control) pada produk yang telah diproduksi, hal
ini penting agar kualitas produk tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan
produk pakaian lainnya yang ada di pasaran. Kualitas dari suatu produk sangat
menentukan ketertarikan pembeli.
3.5
Trending Topic
Memperhatikan
perkembangan trend pakaian sangat penting agar produk-produk yang di ciptakan
tidak ketinggalan jaman dan laris manis diserbu konsumen. Trend fashion setiap
saat dapat berubah agar tidak kalah bersaing, jadi perlu di amati dengan baik. Pada
saat ini trend yang sedang digemari oleh kalangan remaja adalah pakaian dengan
warna yang soft, terlihat simple, pakaian yang di beri ombre/ pom-pom kecil,
dan lain-lain.
IV.
Keuntungan
Bisnis Boneka
Tak bisa dipungkiri
bahwa sampai kapanpun pakaian akan masih terus digandrungi para konsumen dari
berbagai kalangan walau mereka sudah banyak memiliki pakaian. Bahkan tidak
sedikit dari mereka yang rela menyisihkan uangnya hanya untuk mengoleksi berbagai
macam pakaian yang mereka sukai. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian
besar pelaku usaha sehingga mereka bisa meraup untung besar setiap bulannya
melalui penjualaan pakaian muslim yang memiliki nilai jual cukup tinggi.
Selain minat konsumen
perorangan yang masih sangat tinggi, saat ini banyak instansi yang mulai
memanfaatkan peluang ini untuk berwirausaha. Kondisi ini tentunya menjadi
peluang besar bagi para produsen pakaian, sebab permintaan konsumen tidak hanya
dari perorangan saja namun juga bisa melayani pesanan masal dari instansi
tertentu.
V.
Kendala
Bisnis
Beberapa kendala yang
sering dihadapi para pelaku usaha pakaian yaitu banyaknya pesaing yang
berjualan pakaian juga dan kebanyakan sudah memiliki pelanggan tetap. Dimana
semakin hari semakin kreatif dan inovatif dalam membuat suatu pakaian yang
digandrungi oleh para remaja. Disamping itu, para pelaku bisnis banyak yang
mulai memanfaatkan social media sangat pintar untuk menarik perhatian pembeli.
Maka dari itu kami harus memikirkan bagaimana agar pembeli nya tetap stabil.
Dan sebisa mungkin jalin kerjasama dengan supplier pakaian yang terpercaya dan
harga jual yang ditawarkan tidak kalah bersaing.
VI. Strategi Pemasaran
Untuk
memperluas jaringan pemasaran produk pakaian. Dapat melakukannya dengan
mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi
pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut, Anda bisa mengenalkan
produk produk unggulan kepada masyarakat luas, menambah jaringan bisnis, dan
memperbesar peluang pasar yang dimiliki.
Selanjutnya untuk
memperluas jangkauan pasar, bisa memanfaatkan media massa seperti memanfaatkan
internet marketing sebagai solusi tepat pemasaran UKM. Banyaknya para pengguna
social media membuat pemasaran akan lebih mudah dan menghemat biaya.
VII. Kunci Sukses
Sebagai
pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu di terapkan. Pertama, pupuklah
mental juara dalam diri sendiri dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan
yang ada. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada di depan, karena dalam
setiap tantangan ada peluang baru yang bisa di manfaatkan. Kedua, teruslah
kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran persaingan pasar yang semakin
pesat. Bila kualitas produk yang dihasilkan tetap terjaga, maka para competitor
pun akan kesulitan dalam menduplikasi produk.
VIII.
Analisa
Ekonomi
8.1 Asumsi
Modal awal
Untuk modal awal
tergantung ada berapa banyak pesanan baju, karena penjualan tergantung ada atau
tidaknya pesanan. Saya sebagai pihak reseller yang mengambil barang pada
supplier.
Laba bersih per bulan
Untuk laba bersih yang
di dapat sekitar Rp 240.000
IX.
PENUTUP
Persaingan
pasar di dunia usaha semakin pesat dan begitu banyaknya orang-orang yang sudah
mulai membuka suatu usaha. Usaha yang ada pun dibuat lebih menarik dan inovatif
agar tidak kalah bersaing dengan produk lain. Dengan demikian, kita harus dapat
membuat sebuah usaha yang menarik perhatian orang lain. Untuk bisnis yang
sekarang saya jalani semoga kedepannya dapat membuka usaha sendiri, menjalankan
usaha dengan baik dan tidak kalah dalam persaingan yang semakin meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar