I.
PENDAHULUAN
I.1 Latar
Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari begitu
banyak momen indah yang sering kita lewati, tak jarang banyak yang menginginkan
momen ini menjadi tidak terlupakan. Dari sisi itulah peluang bisnis tercipta,
begitu banyak orang yang mencari cara untuk memeriahkan momen-momen indahnya
dengan berbagai kreatifitas mulai dari dekorasi, buah tangan dan lain
sebagainya.
Dengan mengandalkan kreatifitas tanpa
batas, serta keterampilan yang dipunyai terciptalah buket bunga yang siap
bersaing dipasaran, dengan keunggulan yang tidak kalah dengan produk sejenis
dipasaran. Gn Flower memberanikan diri untuk terjun langsung menarik perhatian
konsumen hingga pelanggannya.
Gn Flower adalah
nama brand dari jenis usaha yang dikembangkan dari keterampilan dalam
bentuk kerajinan tangan, dimana saat ini sangat laris manis dipasar.Usaha ini
menghasilkan produk buket bunga dengan bahan kain flanel, yang dapat dijual dan
dipasarkan secara luas.
Selain bahan yang mudah didapatkan,
kualitas, dan keindahannya tidak kalah dengan buket bunga pada umumnya. Hal
inilah yang menjadi keunggulan buket Gn Flower.Yang lebih menarik lagi buket
bungan di Gn Flower menambahkan aksen boneka pada setiap buket bunga yang
dipesan, agar lebih terlihat menarik, lucu dan menggemaskan.
Gn Flower ini tidak hanya di khususkan untuk para
kalangan mahasiswa yang ingin memeriahkan sidang ataupun wisuda sebagai buah
tangan, tetapi untuk acara ulang tahun, pernikahan sampai peringatan hari-hari
penting bagi pelanggan, dapat dibuat sesuai dengan keinginan pelanggan atau
pemesan.
Dengan harga yang sangat masuk di
kantong Mahasiswa, Target konsumen yang direncanakanpun beragam, karena usaha
ini dapat masuk ke semua kalangan dengan harganya yang cukup terjangkau dan
memiliki banyak pilihan design yang memuaskan.
I.2 Visi:
Menciptakan Buket Bunga yang Menarik,
Inovatif, dan Terkemuka
I.3 Misi:
-Dapat diandalkan dalam pembuatan design
yang menarik
-Mengutamakan kualitas produk
-Pemanfaatan waktu yang singkat dalam
pembuatan.
II. TARGET
PEMASARAN
Gn Flower dapat diterima disemua
kalangan mulai dari menengah kebawah hingga menengah keatas tapi lebih khusus membidik
pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
memberatkan.
Tapi Pada prinsipnya Untuk
memberikan kesan tebaik terhadap momen pelanggan kami senantiasa memberikan
pelayanan terbaik dan design yang memuaskan, untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan
senantiasa kembali ke tempat kami.
III. MEMULAI BISNIS
III.1 Skill dan pengetahuan
Kemampuan dalam memilih bahan terbaik dan kemampuan
bernegoisasi dengan distributor maupun konsumen menjadi keunggulan dari kami
dan pengetahuan mengenai manajemen bisnis dan mengembangkan bisnis usaha kami
untuk terus maju dan berkembang.
III.2 Kerjasama / jaringan
Sampai saat
ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun
untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan buket bunga ini, maksudnya jaringan
yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya masihn memasarkan ini secara
langsung dengan teman dan promosi melalui internet .
III.3 Tenaga Kerja
Saya belum menggunakan tenaga kerja
.Mungkin nanti jika usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya
akan mengambil tenaga kerja agar tidak kesusahan.
III.4 Kualitas
Gn Flower menjual beraneka macam buket
bunga yang berkualitas serta sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan kualitas
yang terbaik dan harga yang murah meriah, Pelanggan dapat memberikan kesan yang
tidak terlupakan dalam momen terindah.
III.5 Trending Topik
·
Menghasut orang
lain,
·
Eksis di
internet,
·
Hobi yang
menghasilkan,
·
Bisnis
kreatif.
IV. KEUNTUNGAN BISNIS
Buket bunga dengan kualitas dan design terbaik
berbahan kain flanel saat ini masih cukup terbatas, sehingga membuka peluang
bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan memuaskan keinginan pelanggan dari model
hingga warna yang dapat dipilih langsung pelanggan membuat Gn Flowe lebih
diminati. Selain itu keuntungan lainnya adalah:
·
Pengalaman
·
Kepercayaan
·
Finansial
·
Networking semakin luas
·
Melatih kepekaan
V. KENDALA BISNIS
Kendala bisnis yang akan dihadapi adalah waktu, dengan
berprofesi sebagai seorang mahasiswi membuat saya membutuhkan waktu untuk
menyesuaikan kegiatan saya dengan bisnis yang saya jalani, selain itu modal dan
promosi yang masih sekedarnya. Membuat usaha saya mungkin saja akan sedikit
lambat berjalan, selain itu terdapat beberapa kendala lainnya:
-
Tidak terjadimya penjualan
-
Keuntungan yang tidak mencukupi
-
Pemasok yang berbiaya tinggi
VI. STRATEGI PEMASARAN
VI.1Riset Pasar
Sebelum melakukan usaha baik produksi ataupun kegiatan
lain, terlebih dahulu melakukan pengamatan pasar. Pengamatan ini bertujuan
untuk mengetahui keadaan pasar yang berkaitan dengan produk, harga produk, dan
pesaing disekitar lingkungan.
VI.2Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan yang dilakukan
ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang
dapat menghambat kelancaran usaha ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan
sangat mendukung kemajuan usaha ini.
VI.3Survei Bahan Baku
Bahan baku sangat penting dalam pembuatan buket ini,
karena produk ini sangat mengutamakan kualitas selain design, bahan baku yang
dapat tahan lama juga penting, maka dari itu kami membagi tugas untuk survei pasar maupun minimarket yang menjual bahan
baku tersebut.
VI.4Lokasi Pelaksanaan
Pelaksanaan lokasi kami pertama kali adalah mahasiwa
universitas Mercu Buana, dan dikembangkan di sekitar rumah yaitu Kota Tangerang
VI.5Pemasaran
-
Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan disebar kepada target konsumen.
-
Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum
-
Memasarkan produk kami lewat radio
-
Mengikuti
berbagai macam event yang dikunjungi banyak orang juga bisa sebagai ajang
promosi buket bunga yang efektif untuk mengenalkan produk
VII.
BIAYA DAN PELAKSANA KEGIATAN
Adapun perincian langkah-langkah
pengembangan distributor Buket Bunga adalah sebagai berikut :
-
Membuat desain buket bunga yang menarik dan berbeda beda sesuai target
pasar
-
Menjalin hubungan dengan pelanggan
-
Memasarkan kepada teman-teman terdekat agar dapat dipromosikan
-
Merubah main set bahwa buket bunga tidak bertahan lama
-
Memuaskan pelanggan dengan keindahan yang dihasilkan serta kualitas buket
bunga yang tahan lama
A. Anggaran Biaya
Biaya operasional perbulan
|
Nilai
|
Kain Flanel
(Rp 22.000/meter x 3 meter)
|
Rp 66.000
|
Kain Pembungkus
(Rp 40.000+Rp 20.000)
|
Rp 60.000
|
Lem Tembak
(Rp 3000 x 5)
|
Rp 15.000
|
Steples + isi
|
Rp 20.000
|
Busa
|
Rp 20.000
|
Biaya tak terduga
|
Rp 50.000
|
Total
|
Rp 231.000
|
Omset perbulan
|
Nilai
|
Harga jual Buket bunga
|
Rp 75.000
|
Penjualan rata rata dalam satu bulan
(Rp 75.000 x 5)
|
Rp 375.000
|
Laba Bersih perbulan
(Rp 375.000 – Rp 231.000)
|
Rp 144.000
|
B. Jadwal Kegiatan
Berikut timeline pelaksanaan
kegiatan :
NO
|
Tahapan Kegiatan
|
Bulan Ke-
|
|||||||
1
|
2
|
||||||||
1
|
Riset
Pasar
|
||||||||
2
|
Menyiapkan
Bahan Baku
|
||||||||
3
|
Produksi,
pemasaran & penjualan
|
||||||||
4
|
Evaluasi
|
VIII.
KUNCI SUKSES
1.selalu Inovasi dan kreatif
2. Menciptakan loyalitas kepada
pelanggan
3. berpikir yang luas
4. menjaga kualitas
IX. PENUTUP
Semoga bisnis plan ini bisa benar-benar menjadi bisnis
yang bagus buat saya sebagai usaha rumahan. Karena bisnis ini menghasilkan
keuntungan yang cukup besar buat saya. Untuk bisa menjalankan bisnis ini maka
dari sekarang saya akan menabung untuk mengumpulkan modal guna mendirikan usaha
lain yang lebih besar dengan sungguh-sungguh.
CEK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar