Bisnis Plan FUJIJU Healthy Juice
BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
FUJIJU Healthy Juice merupakan salah satu
produk minuman sehat yang merupakan kombinasi antara buah-buahan dan sayuran,
sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi
harian kita.
FUJIJU dapat menjadi solusi untuk
kebutuhan nutrisi buah dan sayur sehari-hari, terutama yang memiliki aktifitas
yang padat. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mngkonsumsi sayur dan buah.
1.2 Tujuan
- Membuat produk yang sehat dan mudah di
dapat
- Mendukung pola hidup sehat
1.3 Manfaat
Agar masyarakat dapat menyeimbangkan
padatnya aktifitas dengan nutrisi yang di dapat dari luar. Selain itu juga
mendukung salah satu program pemerintah yaitu Indonesia sehat 2020.
BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar atau konsumen yang ingin
diincar yaitu seluruh masyarakat umum, baik dari kalangan anak-anak, remaja,
dewasa dan manula sekalipun. Karena tidak ada batasan usia untuk mengkonsumsi
buah dan sayur.
BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini
dikarenakan saya tidak terlalu suka mengkonsumsi sayuran. Pada akhirnya ibu
saya membuat satu jus yaitu campuran antara bayam, strawberry, yogurth dan
madu. Setelah saya mengkonsumsi jus tersebut saya tidak berfikir bahwa jus
tersebut merupakan campuran bayam. Akhirnya saya memutuskan untuk menjadikan
jus tersebut sebagai bisnis. Selain menghasilkan keuntungan, saya juga bisa
berbagi manfaat dengan orang lain.
3.2 Kerjasama atau jaringan
Sampai saat ini saya belum mencoba
untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama
dalam memasarkan FUJIJU ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya luas dan
besar. Saya hanya memasarkan FUJIJU ini secara langsung maupun d internet dan
ada teman saya yang membantu memasarkannya atau dapat disebut dia itu reseller,
tapi untuk jaringan khususnya saya belum mencoba untuk saat ini, mungkin nanti
saya akan mencoba agar bisnis ini dapat berkembang dengan cepat.
3.3 Tenaga Kerja
Saya tidak menggunakan tenaga kerja, saya
membuat jus ini sendiri dan terkadang dibantu ibu saya. Mungkin nanti jika
usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya akan mengambil tenaga
kerja.
3.4 Kualitas
Kualitas FUJIJU Healthy Juice ini selain
sehat juga menyegarkan karena FUJIJU Healthy Juice ini dibuat dengan
bahan-bahan yang segar dan alami. FUJIJU Healthy Juice ini sama sekali tidak
menggunakan pengawet, pewarna dan bahan kimia lainnya, sehingga kualitasnya
sudah tidak diragukan lagi
3.5 Trending Topic
Produk jus ini belum menjadi trending topik yang besar karena produk ini
baru dipasarkan dari mulut ke mulut saja, sehingga belum heboh di sosial media.
BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan dari bisnis ialah saya bisa membeli keperluan pribadi saya
dengan uang hasil kerja sendiri dan juga dapat berbagi manfaat dengan orang
lain.
BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang didapat dalam usaha ini
mungkin lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang
luas sehingga pesanan untuk jusini pun masih standar dan belum sangat banyak.
Dan juga kendalanya kalau yang membeli menggunakan via online itu terkadang
membuat khawatir dalam perjalanan menuju konsumen tersebut karena tidak dapat
bertahan lama.
BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran FUJIJU Healthy Juice yaitu
yang pertama menggunakan packaging yang menarik, supaya orang yang baru melihat
bentuknya atau kemasannya sudah ingin membeli karena packagingnya yang bagus.
Kemudian menawarkan harga yang standar tetapi rasanya sangat berkualitas dengan
harga yang tidak semahal lainnya.
BAB VII
Kunci Sukses
Kunci sukses yang selalu terapkan itu
ialah pantang menyerah walaupun terkadang bisnis yang dijalankan sedang sepi
atau tidak ada yang memesan, dan selalu melihat atau mencontoh orang-orang yang
sukses usahanya dibidang kuliner untuk menjadi acuan atau motivasi saya agar
bisa seperti mereka. Dan yang terpenting selalu berdoa dan mau berusaha unuk
bangkit jika usaha yang digeluti terpuruk atau jatuh
BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi
No
|
Kegunaan
|
Rincian
|
|
Modal awal
|
Rp100.000
|
||
Biaya penyusutan
|
|||
Biaya produksi perbulan
|
Biaya produksi ini tergantung berapa pesanan yang dibutuhkan.
|
||
Omset perbulan
|
1 bulan bisa 10 sampai 15 botol
|
||
Laba bersih perbulan
|
jika 15 botol,
15 x 25.000 = 375.000
|
BAB IX
Penutup
Jadi FUJIJU Healthy Juice ini merupakan
salah satu solusi hidup sehat, selain sehat juga menyegarkan karna mengandung
yogurt, buah buahan segar dan sayuran. Dan juga produk ini bebas bahan pengawet
dan pewarna sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, juga tidak
menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dengan harga Rp 25.000 saja, kita
dapat mengkonsumni banyak vitamin dan nutrisi yang lengkap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar