B29-Mustainah Widyaiswara
Nama
Perusahaan : Fatimah Food
House
Bidang Usaha : Produk Makanan
Jenis Produk : Puding Cokelat Jahe dan
Es Puding Santan
Alasan kami menawarkan produk ini adalah karena saat ini semakin banyak
masyarakat yang tertarik dengan puding yang memiliki rasa manis, dan terkadang
orang sedikit malas untuk membuatnya sendiri tetapi lebih senang untuk langsung
memakannya. Kami membuat puding cokelat jahe ini untuk memberikan cita rasa
yang berbeda dari sebelumnya dan es puding santan yang segar dengan rasa gurih.
Konsumen
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami
memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi
pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih
efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah
produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media sosial, seperti
facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan
dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
Memulai
Bisnis
Ø Modal
awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1
kali produksi
=
Rp 136.800 + Rp 274.300
=
Rp 411.100
Harga jual per unit Puding Cokelat Jahe Rp. 3500
dan Es Puding Santan Rp. 5000
BEP produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi :
Harga per unit
= Rp 274.300 : 6900 = 40 buah
Jadi, untuk
mencapai titik impas maka dalam 1 buah mangkuk dan gelas yang harus terjual
adalah 40 buah dengan harga per buah adalah Rp 3500 dan Rp 5000
Ø Analisis Keuntungan
Pendapatan : puding yang terjual x harga
jual = 40 x
Rp 8500
= Rp. 340.000
Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 136.800
Keuntungan = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp. 340.000 – Rp 274.300
= Rp 65700
Jadi,
keuntungan yang diperoleh dengan menjual 40 buah puding dengan harga
pudding cokelat jahe Rp. 3500 dan Es Puding Santan Rp.
5000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 135200
Ø Pengembalian
Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha =
Rp 274300 : 65700
= 5 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 5 kali produksi.
Strategi
Pemasaran
Telah banyak jenispudingt yang bisa dijumpai di berbagai pusat
perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian
banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang
real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan selera yang sesuai
dengan konsumen. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk
kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya
sebagai berikut:
a. Pengembangan
produk
Puding memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan.
Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih
unik dengan bahan-bahan yang baru. Puding ini akan menambah cita rasa baru di
dunia kuliner. Dengan adanya puding coklat jahe dan es pudding santan,
diharapkan akan menambah variasi puding baru.
b. Pengembangan
wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di sekitar daerah tempat tinggal kami.
Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang
lebih tinggi.
c. Kegiatan
promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat
mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi
produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga
promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya.
Kunci Sukses
Kami memproduksi puding coklat jahe dan es pudding santan yang belum ada
dipasaran. Kami juga memberikan pilihan bentuk pudding coklat jahe dan es
puding santan yang menarik kepada konsumen. Kami berusaha menciptakan
suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya pudding. Proses produksi kami
tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada
waktu luang.
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam
dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan
tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang
kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para masyarkat
menengah ke bawah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable
lain. Kami akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus
mengambil keuntungan semata.
Analisis
Ekonomi
1. Biaya Tetap
(Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp.100.000
|
Rp.100.000
|
2
|
Tabung gas
|
1 buah
|
Rp.150.000
|
Rp. 150.000
|
3
|
Panci
|
5 buah
|
Rp. 34.000
|
Rp. 170.000
|
5
|
Gelas
|
20 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 200.000
|
4
|
Mangkuk
|
20 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 200.000
|
TOTAL
|
Rp. 820.000
|
2. Biaya
Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Puding Cokelat
|
5 sachet
|
25000
|
Susu Coklat Kental
|
10
|
25000
|
Jahe
|
secukupnya
|
2000
|
Gula
|
secukupnya
|
4000
|
Puding Mangga
|
5 sachet
|
25000
|
Puding Leci
|
5 sachet
|
25000
|
Puding Strawberi
|
5 sachet
|
25000
|
Santan
|
secukupnya
|
6000
|
Garam
|
secukupnya
|
500
|
Jumlah Harga
|
Rp. 137.500
|
3. Biaya Total
§ Biaya
total = Variable
cost + Fixed cost
= Rp. 137.500 + Rp. 820.000
= Rp.
957.500
4. Biaya dan
Harga Per Unit
§ Biaya tetap
yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 957.500 : 7 Kali =
Rp. 136.800
§ Total biaya
produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 136.800 + Rp
137.500 = Rp 274.300
§ Biaya per
unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang
dihasilkan per bulan Rp. 274.300 : 40 buah = Rp. 6900
§ Harga jual
per buah Puding Cokelat Jahe 3500 dan Es Pudding Santan 5000
5. Modal Awal
§ Modal
awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1
kali produksi
=
Rp 136.800 + Rp 274.300
=
Rp 411.100
6. Analisis
Titik Impas (Break Even Point)
§ BEP
harga = Total biaya produksi untuk 1
kali produksi : Produksi
= 274.300 : 40 buah = Rp. 6900
§ Harga jual
per unit Puding Cokelat Jahe Rp. 3500 dan Es Puding Santan Rp. 5000
BEP produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi :
Harga per unit
= Rp 274.300 : 6900 = 40 buah
Jadi, untuk
mencapai titik impas maka dalam 1 buah mangkuk dan gelas yang harus terjual
adalah 40 buah dengan harga per buah adalah Rp 3500 dan Rp 5000
7. Analisis
Keuntungan
§ Pendapatan : puding
yang terjual x harga
jual = 40 x
Rp 8500
= Rp. 340.000
§ Total biaya
produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 136.800
§ Keuntungan =
Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp.
340.000 – Rp 274.300
= Rp 65700
Jadi,
keuntungan yang diperoleh dengan menjual 40 buah puding dengan harga
pudding cokelat jahe Rp. 3500 dan Es Puding Santan Rp.
5000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 135200
8. Pengembalian
Modal
Total biaya
Produksi : Laba usaha = Rp 274300 :
65700
= 5 kali produksi
Jadi modal
akan kembali dalam jangka waktu 5 kali produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar