@E10-Pazrin
Dibuat Oleh: Pazrin Salsabila
Pengelolaan Keuangan dan Perancangan
Pemasaran.
Dari segi Pengelolaan Keuangan sendiri, secara umum bisnis yang masih UKM ini mempunyai cara yang terbilang wajib dilakukan, yaitu :
1. Memisahkan Uang Sendiri dan Uang
Perusahaan
Pisahkan uang fisik dari milik pribadi dan usaha. Mulai dari media
penyimpanan, seperti bank, kartu ATM dan bahkan buku pencatatannya. Sulit
memang mengatur 2 jenis uang sekaligus. Sedangkan tidak jarang godaan akan
muncul dan membuat kita menggunakan uang itu secara bersamaan. Hanya disiplin
dan komitmenlah yang bisa membuat kedua uang kita bisa terus berkembang tanpa
saling mengganggu.
2. Membuat Perencanaan Tentang Pemakaian
Uang
Seringkali kita lalai dan lupa dengan tujuan awal, apalagi saat memiliki
uang atau modal yang cukup besar saat membuka bisnis. Ada saja yang ingin kita
beli dengan alasan untuk melengkapi kebutuhan bisnis kita. Tundalah rencana
untuk membeli sesuatu yang tidak begitu mendesak, apalagi saat itu mengganggu
modal utama kita. Lakukanlah analisa tentang “Cost dan Benefit” untuk
meyakinkan bahwa pengunaan uang kita tidak akan sia-sia.
3. Membuat Buku Pencatatan Keuangan
Dalam berbisnis, buku Pencatatan keuangan sangatlah diharuskan, minimal
mempunyai Buku Kas Masuk dan Buku Kas keluar, artinya setiap apapun dalam segi
keuangan yang masuk harus dicatat dan begitupun sebaliknya dengan apapun yang
kita keluarkan harus dicatat. Ini berguna agar kita bisa mengontrol dalam
melakukan tindakan dalam berbisnis.
4. Menghitung Keuntungan dengn baik dan
benar
Tujuan menjadi seorang pembisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan,
dengan kata lain kita harus bisa menghitung secara benar keuntungan bersih yang
kita dapatkan. Penting bagi setiap pemilik bisnis kecil atau UKM untuk terus
menghitung dan mengawasi keuntungan dengan tepat. Serta menghitung biaya-biaya
yang harus dikeluarkan dan yang sudah terpakai adalah perhitungan yang paling
kritikal.
5. Menjadi Pengatur Arus Kas yang Pintar
Kamu harus tahu bahwa bisnis bukan hanya tentang seberapa uang yang kamu
hasilkan sebagai sebuah keuntungan. Manajemen keuangan juga meliputi bagaimana
kita mengelola hutang, piutang dan persediaan. Tidak sedikit UKM yang mengalami
kesulitan kas meski memiliki catatan akuntasi yang baik. Kamu juga harus tahu
bagaimana bisnis kamu memutar kas.
6. Pintar Dalam Pengawasan Harta, Hutang
dan Modal
Salah satu hal yang paling penting dalam memanagemen keuangan adalah
secara berkala melakukan pemeriksaan terhadap persediaan di gudang dan
memastikan semuanya dalam keadaan baik dan lengkap. Sehingga tidak ada
kekhawatiran bagaimana bisnis ini tetap berjalan kedepannya.
7. Menyisihkan Keuntungan Untuk
Pengembangan Usaha
Yang terakhir ini adalah yang terpenting, jika ingin membuat usaha terus
berdiri dan berkembang, maka sisihkanlah sebagian keuntungan untuk membuat
usaha menjadi berkembang. Contohnya di ENDLESS
NAMELESS sendiri yang tadinya hanya menjual jaket denim dan sekarang
berkembang menjual T-Shirt hingga aksesoris lainnya karean adanya sisihan keuntungan
agar usaha terus berajalan dengan inovasi yang berkembang.
Poin kedua
yaitu Strategi Pemasaran. Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh ENDLESS NAMELESS ini secara umum dibagi
menjadi 3 strategi yakni:
1. Pengenalan Pasar
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan
sifat sebuah pasar. ENDLESS NAMELESS
sendiri mempunyai sebuah pangsa pasar sendiri, dengan karakteristik brand yang
menggolongkan pada aliran streetwear dan musik tentu pasarnya yang utama adalah
anak muda. Dan memang saat ini Pangsa Pasar dari anak muda sendiri sangatlah
menjanjikan terutama anak muda yang mempunyai kebiasaan “konsumtif”.
2. Menentukan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita
membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan
pasar target atau selera konsumen yang dituju. ENDLESS NAMELESS menyongsosong 3 startegi yakni:
-
Pemanfataan
Lifestyle
Tidak dapat dipungkiri
bahwa bisnis clothing adalah pemanfaatan kebiasaat anak muda dalam bergaya
hidup yang cenderung konsumtif apalagi di daerah perkotaan.
-
Membuat
event Music
Dengan membangun atau
membuat Event Music secara berkelanjutan maka branding akan meningkat dan
tentunya ini sangatlah bagus dalam “mengahrumkan” nama merk ENDLESS NAMELESS.
-
Keterlibatan
Dalam Event Anak Muda
Terlibat dalam event anak
muda adalah suatu kewajiban agar brand ini tetap survive dan semakin dieknal
luas oleh orang, dan secara langsung akan menambah daya beli jika sering
terlibat dalam event-event tersebut.
3. Menentukan Alat Pemasaran
Alat pemasaran atau bauran pemasaran yang dimaksud bukan hanya sekedar
yang kita kenal dengan 4P yaitu product (produk), price (harga), place
(lokasi), dan promotion (promosi), namun ditambah dengan distribusi, pelayanan,
dan kekuasaan (power). Alat Pemsaran secara langsung dalam ENDLESS NAMELESS dibagi menjadi Offline Store dan Online Store yang
kian hari kian menjanjikan. Produk dengan kualitas dan harga yang seimbang juga
menentukan dan branding dari Nama Kota sebagai Lokasi Offline Store tentu
berpengaruh dalam Pemasaran. Promosi yang dilakukan pun beragam selain dengan
apa yang disebutkan dalam Strategi Pemasaran yaitu dengan promo special edition
yang tentunya akan memikat konsumen yang ingin mempunyai suatu kekhususan dari ENDLESS NAMELESS.
Daftar
Pustaka:
Anonim. 2015. Mari Intip Bagaimana Strategi Keuangan Untuk UKM. http://mebiso.com/mari-intip-bagaimana-strategi-managemen-keuangan-untuk-ukm/. Diakses tanggal 19 Agustus 2017.
Anonim. 2015. Startegi & Inovasi Bisnis Clothing Ria Sarwono. http://www.glitzmedia.co/post/strategi-inovasi-bisnis-clothing-ria-sarwono. Diakes tanggal 19 Agustus 2017.
Fadillah, Hariss. 2012. Pengembangan Usaha. https://harrisfadilah.wordpress.com/2012/04/17/pengembangan-usaha/. Diakses tanggal 19 Agustus 2017.
Yusmiati,
Ika. 2012. Merancang Strategi Pemasaran. http://komvis10ikha.blogspot.co.id/2012/05/bab-9-merancang-strategi-pemasaran.html. Diakses tanggal 19 Agustus 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar