Banyak kita temui sekarang bahwa masyarakat sudah sibuk dengan kegiatan yang dihadapi setiap harinya, bahkan untuk memperhatikan orang-orang tersayang disekitarnya sangat kurang. Karena kesibukan tersebut didapati bahwa hari-hari berharga seperti hari ulang tahun, hari jadi pernikahan sering terlupakan karena kesibukan masyarakat yang tidak bisa menyiapkan segala sesuatu untuk hari penting dengan istimewa dana maksimal.
Party Planner yang bernama BMT ini bergerak dalam bidang jasa untuk merencanakan pesta seperti
acara anniversary, surprise party, romantic dinner, dan lain-lain. Selain itu BMT
juga memiliki keunggulan di bandingankan party planner lainnya , bisa dilihat
dari paket harga yang disediakan oleh BMT sangat bersaing dengan kompetitor.
Selain itu kami memiliki keunggulan yaitu dengan dapat menyesuaikan pesanan
dengan harga yang di butuhkan oleh konsumen untuk setiap perencanaan pesta,
akan tetapi kita memiliki batas minimal untuk setiap pesanan. Sesuai dengan
Konsumen
Dalam party planenr ini tentunya kita
menargetkan anak-anak hingga orang dewasa, serta instansi – instansi yang ingin
membuat atau menyelenggarakan pesta ulangtahun atau perayaan lainnya. Hal ini
tentunya sangat membantu konsumen yang tidak ingin direpotkan dalam
mempersiapkan acara special mereka, sehingga dibutuhkan planner – planner yang
kreatif yang dapat mewujudkan keinginan konsumen dalam meyeenggarakan acara
mereka.
Memulai Party Planner
Dalam memulai sebuah bisnis party planner
tentunya ada beberapa hal yang sangat penting diluar modal usaha, yaitu :
1. Modal utama adalah skill dan kreatifitas,
karena dalam bisnis ini kita dituntut untuk dapat mengerti apa yang
konsumen/klient inginkan, sehingga apa yang mereka inginkan dan bayangkan
sesuai dengan konsep yang kita buat.
2. Menjalin kerja sama dengan suplier,
tentunya sangat diperlukan, sehingga kita dapat mendapatkan harga yang lebih
murah serta kita dapat lebih mudah dalam mencari barang – barang yang ingin
kita beli untuk dekorasi pada saat acara. Seperti: kue, balloon, tempat
percetakan undangan, serta tempat percetakan backdrop, dsb.
3. Mencari tenaga kerja, party planner
merupakan bisnis jasa, maka dari itu pastiah kita membutuhkan tenaga kerja yang
kreatif dan juga kuat, yang senang berimajinasi, teliti dan juga rajin. Karena itu
semua merupakan landasan daripada seorang planner.
4. Mengikuti tren anak muda, dalam
menjalankan party planner tentunya kita harus tahu tren yang saat ini sedang
Keuntungan Party Planner
Menggunakan jasa Party Planner merupakan cara
yang bagus untuk menghemat biaya dan memastikan detil yang penting sudah
diurus. Party Planner yang profesional
tahu apa yang mereka kerjakan. Tak hanya itu, menyewa jasa Party Planner dapat
menjadi aset yang sangat berharga untuk kelancaran sebuah event Anda.
Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari menggunakan
jasa EO profesional yang harus Anda simak:
-
Anggaran
Terkendali, Party Planner dapat membantu Anda
melacak harga secara keseluruhan dan juga menyarankan Anda cara-cara agar
anggaran dapat terkendali.
-
Mencangkup
Detail
-
Skill
Manajemen dan Negosiasi
-
Tema
dan Tempat
-
Fleksibilitas
-
Mengurangi
Stress
-
Menghemat
Waktu
-
Saran
Event
-
Marketing
Event
Kendala Party Planner
Kendala yang dihadapi dalam membuat Party
Planner yaitu bahwa tawaran dalam membuat event terus menerus ada, dan setiap
orang mempunyai tema serta konsep yang berbeda ditiap acara, sehingga membutuhkan
perlengkapan dan dekorasi yang berbeda di setiap acaranya.
Strategi Pemasaran
Dalam memasarkan Jasa PartyPlanner ini
pertama – tama dapat dengan cara menyebarkan kartu nama serta kita dapat
menggunakan new media seperti media social untuk memasarkan jasa party planner
ini, selain itu perusahaan jasa ini juga sangat mengandalkan word of mouth dari
klient sehingga mereka dapat memberi tahu orang lain tentang kesan mereka yg
telah menggunakan Jasa Party Planner BMT ini, jadi orang – orang akan semakin
banyak yang tahu dan ingin menggunakan jasa Party Planner BMT ini.
Kunci Sukses
Dalam setiap usaha tentunya kita memiliki
kunci sukses, dalam usaha jasa Party Planner ini kunci sukses yaitu teliti dan
juga kreatif dalam menjalankan event sesuai dengan keinginan klient. Sehingga mereka
orang – orang yang menggunakan party planner BMT ini akan senang dan berimbas
baik pada event – event selanjutnya.
Tahap Pelaksanaan
1)
Konsep
dan tema
Konsep dan tema
kegiatan wirausaha kami adalah adalah seperti keluarga dengan konsep saling
menolong. Sebab dalam usaha ini kami dapat mempersiapkan segala sesuatunya
dengan istimewa sesuai dengan budget yang dimiliki oleh konsumen. Akan tetapi
kami juga memiliki patokan dengan memberikan beberapa paket harga untuk setiap
event yang dapat menjadi option konsumen.
2)
Penentuan
waktu dan tempat pelaksanaan
Waktu dan tempat
dari usaha kami secara online kami siap menerima pesanan 24 jam. Akan tetapi
untuk admin BMT Party Planner memiliki jam aktif untuk merespon pesanan. Mulai
dari jam 10.00-20.00
3)
Perencanaan
anggaran dan biaya
Anggaran
direncanakan sesuai dengan pelengkapan dan peralatan yang akan digunakan dalam
psetiap event yang akan dijalankan oleh BMT Party Planner.
Jadwa Kegiatan
a. Awal
Kegiatan
Pada awal
kegiatan kami bertemu dengan konsumen untuk membicarakan tentang konsep acara
dan harga yang disetujui. Ketika sudah mencapai kata deal kami mempersiapkan
peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan . Hal yang paling penting dalam
usaha ini adalah mempromosikan usaha kami lewat media sosial atau word of
mouth.
b. Proses
Produksi
Pada proses
produksi kami lakukan ketika membuat setting table (dekorasi) pesta sesuai
dengan pesanan konsumen. Sebelum kami melakukan proses produksi, kami mencari
bahan-bahan untuk mendekor table yang diinginkan.
c. Akhir
Kegiatan
Di akhir kegiatan
kami melalukan kegiatan survey kepuasan pelanggan dengan follow up customer
yang sudah menggunakan jasa party planner. Selain itu kami juga memberikan
kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa
kami.
d. Evaluasi
Menghitung
jumlah pendapatan dan biaya yang dikeluarkan, kemudian berbagi solusi atas
kendala kendala yang dihadapi pada hari tersebut. Serta mengambil keputusan
untuk memperbaiki kekurangan yang masih terjadi selama proses produksi
Modal
Dalam
menjalankan Party Planner tentunya kami menerima uang muka (dp) dari klient
terleih dahulu, sehingga kami dapat memulai persiapan tanpa modal yang keluar
dari kantong kita masing – masing untuk memberli segala perlengkapan serta alat
decorasi lainnya. Berikut peralatan serta anggaran biayanya :
1. Rencana
Anggaran Biaya
1. Stand
Banner Rp. 150.000
2. Gunting
(2) Rp. 10.000
3. Tempat
lilin (2) Rp. 20.000
4. Vas
bunga + Bunga Hias Rp. 20,000
5. Aksesoris
(Manik-manik dan Hiasan nama) Rp. 20.000
6. Table
cloth 2meter Rp. 34.000
7. Data
Kuota 50.000/bulan Rp. 50.000
8. Pepper
flowers Rp.
50.000
9. Kertas
Asturo (4) Rp.
15.000
10. Pita
Hias Warna (1 gulung) Rp.
5.000
11. Solasi Rp. 2.000
12. Lem Rp. 1.000
13. Double
tip Rp. 8.000
14. Tali/benang Rp. 10.000
15. Lilin
Cina (2) Rp. 15.000
16. Lilin
Roti Ulang Tahun Rp. 5.000
TOTAL PERALATAN Rp. 405.000
Adapun
Perlengkapan yang digunakan adalah:
1. Cetak
Brosur 300 lembar/bulan @500 Rp 150.000
2. Greeting
flag (Bunting flag) Rp.
25.000
3. Cake
Brownies Rp.
27.000
4. Ballon
Hellium (3) Rp.
15.000
5. Ballon
foil (2) Rp.
10.000
6. Transportasi
Rp.
50.000
7. Bunga
Bucket Rp.
20.000
TOTAL PERLENGKAPAN Rp. 115.000
JUMLAH MODAL AWAL Rp.
520.000
Laba bersih per bulan
Laba yang dapat diperoleh dari usaha
Party Planner ini yaitu sekitar 30-40% di setiap eventnya, karena mengingat
setiap event tentunya dapat berbeda keuntungan serta modalnya, karena kami
menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
jika
satu event sekitar Rp. 10.000.000 x 30 % = Rp. 3.000.000
perbulan,
kami dapat menerima 4-6 event, sehingga laba bersih yang diterima perbulannya
yaitu sekitar :
Rp.
3.000.000 x 4 event = 12.000.0000/bulan
Mengingat
usaha ini dijalankan oleh 5 orang, maka seorang kami dapat menerima sekitar Rp.
2.500.000,-. Tentunya sebagai salah satu usaha tanpa modal, usaha party planner
ini cukup menjanjikan.
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Sewa AC Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.