@C16-Citra
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang
strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena selain berperan dalam
pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam
pendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya
Dalam krisis ekonomi yang terjadi di negara kita sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya
Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang
besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih
kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan perlu
diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM. Pemerintah perlu
meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan
usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil,
dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya.
Bagi Anda yang tertarik menekuni usaha kecil dan
menengah, berikut kami informasikan salah satu ide bisnis yang kami rencanakan
yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu membangun sebuah fashion
hijab dengan konsep bahan yang kita miliki lebih adem dan banyak model-model
hijab dan baju-baju yang kekinian dan memproduksi dari keluarga fazha, karena
itu kemudian diberi nama “Fazha Hijab Fashion”
v Konsumen
Target konsumen yang dituju dari “FAZHA HIJAB
FASHION” adalah keluarga, kalngan mahasiswa dan lain-lainnya. Biasanya
cenderung ke anak remaja yang ditargetkan menjadi konsumen kami karena pada
umur tersebutlah mereka gemar mencari fashion-fashion yang menurut mereka unik
untuk dicoba dan dilihat. Terlepas dari poin tersebut, Fazha Hijab Fashion
dibuat untuk semua kalangan mulai dari kelas mengah dan kelas atas.
v Permulaan usaha “FAZHA HIJAB FASHION”
Untuk
menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang saya siapkan
terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1. Modal utama saya adalah pemahaman akan
skill dan pengetahuan saya tentang perkembangan yang pas pada trend jenis model
dan bahan apa saja yang saat ini laris manis di pasaran. Terlebih segala jenis bahan
dan warna untuk dikombinasikan agar menjadi suatu yang menarik dan terlihat
elegant saat dipakai. Untuk itu saya
harus jeli melihat peluang dan perubahan minat dari konsumen melalui media
koran, majalah, internet, untuk mengamati sejauh manakah perkembangan minat
mereka dalam hal Fashion.
2. Menjalin kerjasama dengan supplier yang
berkembang di fashion yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus
mengesampingkan kualitas produksi yang saya gunakan.
3. Lebih mementingkan tenaga kerja yang
kreatif dan memiliki skill mantap dalam hal mengolah fashion-fashion yang bervariasi.
4. Kualitas bahan yang ditawarkan membutuhkan
pengontrolan pada seluruh varian makanan yang telah di produksi, hal ini
penting untuk penunjang kualitas cita rasa produk agar tetap terjaga dan tidak
kalah bersaing .
v Kendala Bisnis usaha “FAZHA
HIJAB FASHION”
Beberapa
kendala yang mungkin akan saya dihadapi sebagai para pelaku wirausaha fashion “
FAZHA HIJAB FASHION” yaitu sulitnya mendapatkan beberapa jenis bahan yang
mungkin tidak mudah kami dapatkan di Indonesia. Sehubungan dengan bahan-bahan
yang kita beli diimport langsung dari luar negeri, sehingga bisa saja terjadi
keterlambatan pengiriman. Ketika permintaan bahan yang sedang melonjak naik, dan
kurs mata uang sedang naik pula, persediaan bahan pun cenderung sulit ditemukan
sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga.
Strategi paling kuat untuk memasarkan produk kami
adalah mempromosikannya lewat Sosisal Media. Sebagai era Globalisasi, media
sosial bagaikan makanan pokok yang tidak bisa terlepas dari manusia. Hal itu
akan menjadi efektif bila kita memasarkan produk kami lewat sosial media,
misalnya beberapa foto hijab atau pakaian dari andalan kami di upload di
Instagram supaya followers tertarik melihatnya, pelayanan pengantaran pastinya
dengan melalui JNE dan JT Express dan bisa juga melulai jasa ojek online. Namun
kami juga tetap memasarkan produk ini melalui flyer yang disebarkan sebagai
bentuk promosi lain selain melalui sosial media.
v Kunci Sukses
Kunci sukses saya, selalu berdoa kepada Allah SWT dan
meminta Rida nyya orang tua agar selalu diberkahai bisnis yang saya jalankan,
dan pantang menyerah dalam mencari bahan yang berkualitas dari usaha yang saya
jalanin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar