Pada
zaman sekarang, dalam persaingan dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM)
di indonesia belakangan ini cukup pesat. Tentunya sangat memberikan dampak yang
positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya.
Kenyataannya keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Kenyataannya keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Meskipun
sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala
usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain
sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang
tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu
lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti
inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka
memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk
mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Target
Konsumen
Pasar yang kami bidik adalah
kalangan anak-anak, remaja, sampai dewasa maupun instansi-instansi yang
menyukai makanan khas palembang ini sebagai hidangan ynag akan di sajikan bagi
perusahaan mereka. Biasanya para produsen pempek skala rumah tangga lebih
senang menerima pesanan dalam jemlah banyak untuk beberapa model pempek. Hal
ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi dan mempercepat proses pengerjaan.
Permulaan
Pempek Berkah
Untuk
menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang saya siapkan
terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.
Modal
utama saya adalah pemahaman akan skill dan pengetahuan saya tentang
perkembangan yang pas pada trend mode pempek yang saat ini laris manis di
pasaran. Untuk itu saya harus jeli melihat peluang dan perubahan minat dari
konsumen melalui media koran, majalah, internet, maupun mengamati perkembangan
film kartun yang sedang digemari masyarakat luas.
2.
Menjalin
kerjasama dengan supplier bahan baku ikan yang memberikan penawaran harga lebih
murah tanpa harus mengesampingkan kualitas produksi yang saya gunakan.
3.
Lebih
mementingkan tenaga kerja yang jujur, kreatif, dan memiliki komitmen dalam hal berkerja.
4.
Kualitas
rasa yang ditawarkan membutuhkan pengontrolan pada produk pempek yang telah di
produksi, hal ini penting untuk penunjang kualitas cita rasa produk agar tetap
terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk pempek lainnya yang ada di
pasaran.
Keuntungan
bisnis Pempek
Makanan adalah kebutuhan
pokok manusia. maka dari itu, sampai kapanpun makanan masih terus diminati para
konsumen dan instansi dari berbagai kalangan. Bahkan tidak sedikit dari mereka
yang rela menyisihkan uangnya hanya untuk makan makanan yang mereka sukai.
Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku wirausaha.
Kendala
Bisnis Pempek
Kendala
yang sering dihadapi para pelaku wirausaha boneka yaitu keterbatasan dan
ketersediaan bahan baku yang sering terlambat. Ketika permintaan pempek sedang
melonjak naik, persediaan bahan baku pun cenderung sulit ditemukan sehingga
mengakibatkan adanya kenaikan harga pada bahan dasar pempek yaitu ikan
tenggiri.
Strategi
Pemasaran
Untuk
permulaan dari pempek berkah ini, pemasaran masih melalui penitipan produk ke
toko-toko makanan, dan supermarket terdekat. Wirausaha kami melakukan promosi
produk di media massa seperti iklan di media sosial masih dilakukan guna
menunjang terjualnya produk pempek berkah.
Analisa
Ekonomi
Asumsi
- Produksi pempek sebanyak 300 buah
- Proses produksi dilakukan di rumah,
tanpa menyewa tempat usaha
Modal Awal
Mesin blender (@ Rp 450.000,00 x 2 buah) Rp
900.000,00
Etalase Rp 1.000.000,00
Peralatan
produksi (gunting, pisau, panci, dll) Rp 1.500.000,00+
Total Rp 3.400.000,00
Biaya produksi per bulan
Bahan
baku (ikan tenggiri, tepung sagu, minyak goreng) Rp 3.000.000,00
Gaji
tenaga borongan (Rp 150.000,00 x 3 orang) Rp
350.000,00
Biaya
listrik dan telepon Rp
200.000,00
Biaya
promosi Rp
200.000,00+
Total Rp 3.750.000,00
Omset per bulan
Penjualan
pempek : @ Rp 12.000,00 x 1.000 buah = Rp 12.000.000,00
Laba bersih per bulan
Rp
12.000.000,00 - Rp 3.750.000,00 = Rp
8.250.000,00
Return of Investment (ROI)
(modal
awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan ± 2 bulan
Kunci
Sukses
Komitmen, Fokus, dan Konsistensi pada
kualitas cita rasa pempek berkah, ingin terus berinovasi terhadap UKM jenis
makanan khas palembang ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar